Minggu, 03 September 2017

MENYIKAPI PERBEDAAN HARI RAYA DAN HUKUM SHOLAT IED DUA KALI

[28/8 20:15] Dasi Presiden Ludruk: [28/8 09.38] Dasi Majnun: *_MENU DASI_*
_*One Day Three Problems*_


Pertanyaan dari :
Keluarga Dasi : Dasi Rio
Tema :
Judul :

*Deskription :*
mukidi, tinggal di sebuah kota. sebagian warga berkeyakinan bahwa hari id jatuh pada tgl 1 September, sebagian yg lain meyakini bahwa hari id ialah tgl 2 September. Akhirnya ia pun melaksanakan 2 sholat id dan berpuasa pada tgl 1 September. karna menurut sebagian org itu puasa arofah, meski menurut yg lain itu ialah hari id.

*Pertanyaan :*
*1.* Hari apa yg seharusnya ia yakini ??
*2.* Sah kah jika ia melakukan 2 sholat id, pada tgl 1 & 2 tsb ??

*3.* Sah kah puasa yg ia kerjakan pada tgl 1 ??



*_Disajikan Pada_:*
Senin, 28 agustus 2017.
Pukul: 09:30-11:30 WIB.
*DASI*

Keterangan tambahan dr sail 🙇🏻
afwan gk bsa slalu nyimak ya, otw bandara.

*maksud nmr 1: tgl berapa yg harus ia yakini sebagai hari id, tgl 1 atw 2. karna kmren q dnger di indo id nya
tgl 1, tpi di mekkah tgl 2.*

Gus adib
 فمن صلى بدونها بان هجم وصلى لم تصح صلاته وإن وقعت في الوقت لعدم الشرط بخلاف ما لو صلى بالاجتهاد ثم تبين أن صلاته كانت قبل الوقت فإنه ان كان عليه فائتة من جنسها وقعت عنها وإلا وقعت له نفلا مطلقا

Artinya, “(Syarat kelima sembahyang adalah masuk waktu) mengetahui masuknya waktu sembahyang dengan yakin atau dengan dugaan berdasar ijtihad. Siapa saja yang bersembahyang tanpa mengetahui waktu seperti orang yang bersembahyang begitu saja, maka sembahyangnya tidak sah sekalipun sudah masuk waktu. Sembahyangnya tidak sah karena ketiadaan syarat. Lain soal kalau seseorang sembahyang dengan berijtihad dalam melihat masuknya waktu, kemudian setelah selesai ketahuan bahwa sembahyangnya dilakukan sebelum masuk waktu, maka sembahyangnya dinilai sebagai pembayar utang bila ia pernah keluputan sembahyang sejenis. tetapi ketika ia tidak memiliki utang sembahyang yang sejenis itu, maka sembahyangnya dinilai sebagai pahala sunah mutlak.

Santrimbelink👳🏾:
Bughyah shohf 110

يلزم العبد كالمرأة والفاسق العمل برؤية نفسه، كما يلزم من أخبره برؤيته أو برؤية من رآه، أو ثبوته في بلد متحد المطلع إن غلب على ظنه صدقه، وهو المراد بقولهم الاعتقاد الجازم، فإن ظن صدقه من غير غلبة جاز الصوم، وإن شك حرم، وسواء أخبر من ذكر عن دخول رمضان أو خروجه، - . وزاد ش: كما يلزمه اعتماد العلامات بدخول شوال إذا حصل اعتقاد جازم بصدقها،
ميزان الإعتدال في مسألة اختلاف المطالع ورؤية الهلال

Untuk nomer 2 tetap sah sholat ied 2x


وَلَا تُنْدَبُ إعَادَةُ النَّفْلِ الْمُؤَقَّتِ وَإِنْ نَذَرَهُ ، لَكِنْ تَصِحُّ إعَادَتُهُ

Gus Adib:
وإن شك في دخول الوقت لم يجز ولو وقعت فيه لما كان دخول الوقت شرطا في صحة الصلاة

Jika seseorang ragu tentang masuknya waktu shalat, maka tidak sah, meskipun selesai shalat, dia baru yakin telah masuk waktu. Karena masuknya waktu shalat, merupakan syarat sah shalat.
 وإن كان غير متعمد لظنه أن الوقت قد دخل، فليس بآثم، وتعتبر صلاته نفلاً، ولكن عليه الإعادة، لأن من شروط الصلاة الوقت

Jika ada orang melakukan shalat sebelum waktunya tanpa sengaja, karena mengira sudah masuk waktu, maka dia tidak berdosa dan shalatnya terhitung sebagai amal sunah. Namun dia wajib mengulangi. Karena diantara syarat sah shalat adalah dilakukan setelah masuk waktu

Santrimbelink👳🏾:
Nihayatuzzein shohf 94

Niki keterangan sholqt ied termasuk nafilul muaqqot (sholat sunah yg tdk dibatasi waktu selama dibulan tsb)

Cobi nyuwon koreksine gus

ومن النفل المؤقت الذي لا تسنّ فيه الجماعة صلاة الزوال-ومنه صلاة الأوابـين وتسمى صلاة الغفلة، ووقتها بعد صلاة المغرب إلى مغيب الشفق الأحمر، - وتفوت بخروج وقت المغرب، ويندب قضاؤها. إذا فاتت، وينوي بها سنة صلاة الأوابـين أو سنة صلاة الغفلة
(و) القسم الثاني من النفل المؤقت : وهو ما تسنّ فيه الجماعة (صلاة العيدين): الأصغر والأكبر، وهي من خصائص هذه الأمّة، وصلاة الأضحى أفضل من صلاة الفطر لثبوتها بنص القرآن، وهو قوله تعالى: {فصلّ لربك وانحر} ((108) الكوثر: الآية 2)، ومحل سنّ الجماعة في صلاة الأضحى لغير الحاج، أما هو فتسنّ له فرادى سواء كان بمنى أو غيرها ولو في طريقه إلى مكة، وصلاة العيدين سنة مؤكدة، ووقتها ما بـين طلوع الشمس يوم العيد وزوالها، ويسنّ تأخيرها عن طلوع الشمس حتى ترتفع كرمح في رأي العين، لكن لو فعلها قبل الارتفاع وبعد الطلوع صحت من غير كراهة على المعتمد

Kang Mudz:
(قَوْلُهُ : حَيْثُ بَقِيَ مِنْ الْوَقْتِ مَا يَسَعُ رَكْعَةً ) الَّذِي فِي شَرْحِ الرَّوْضِ وَيَنْبَغِي فِيمَا لَوْ بَقِيَ مِنْ وَقْتِهَا مَا يَسَعُهَا أَوْ رَكْعَةً مِنْهَا دُونَ الِاجْتِمَاعِ أَنْ يُصَلِّيَهَا وَحْدَهُ أَوْ بِمَنْ تَيَسَّرَ حُضُورُهُ لِتَقَعَ أَدَاءً ثُمَّ يُصَلِّيَهَا مَعَ النَّاسِ ثُمَّ رَأَيْت الزَّرْكَشِيَّ ذَكَرَ نَحْوَهُ عَنْ نَصِّ الشَّافِعِيِّ ا هـ وَقَدْ يَسْتَشْكِلُ بِأَنَّ صَلَاتَهَا مَعَ النَّاسِ إعَادَةً لَهَا خَارِجَ الْوَقْتِ مَعَ أَنَّ الْوَقْتَ شَرْطٌ لِلْإِعَادَةِ كَمَا تَقَدَّمَ فِي مَحَلِّهِ اللَّهُمَّ إلَّا أَنْ يُسْتَثْنَى هَذَا الْعُذْرُ مَعَ نُدْرَتِهِ ثُمَّ رَأَيْت فِي شَرْحِ مَرَّ وَلَعَلَّهُ مُسْتَثْنًى مِنْ قَوْلِهِمْ مَحَلُّ إعَادَةِ الصَّلَاةِ حَيْثُ بَقِيَ وَقْتُهَا إذْ الْعِيدُ غَيْرُ مُتَكَرِّرٍ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ فَسُومِحَ فِيهِ بِذَلِكَ ا هـ وَعَلَى هَذَا فَلَوْ صَلَّاهَا قَضَاءً فُرَادَى أَوْ جَمَاعَةً لِفَوَاتِهَا ثُمَّ رَأَى جَمَاعَةً أُخْرَى يَقْضُونَهَا فَهَلْ يُسَنُّ إعَادَةُ الْقَضَاءِ مَعَهُمْ فِيهِ نَظَرٌ . تحفة المحتاج في شرح المنهاج - (ج 10 / ص 199)

Dasi Gus Rio:
yg dimaksud iadah di sini seperti apa ya. misal sholat fardu, namanya iadah kan tetap pada waktu itu juga, belum keluar waktu..

Kang Mudz:
 ( مسألة : ش) : رأى هلال شوّال وحده لزمه الفطر ، ويسن له إخفاؤه للتهمة ، وتندب له صلاة العيد ، وهل يعدها مع الناس الأقرب ؟ نعم ، ولا يصلي معه ما لم ير الهلال ، بل لا تصح إن علم وتعمد ، وإلا وقعت نفلاً مطلقاً ، وحرم على غيره الفطر وإن وقع في قلبه صدق رائيه ، وأول شوال يكون يوم عيد الناس في جميع الأحكام ، فإن ثبت هلاله قبل الزوال فظاهر أو بعده وجب الفطر وفاتت صلاة العيد ، وندب قضاؤها بقية اليوم حيث أمكن ، وإلا فمن الغد أو بعد الغروب من قابل ثبت كون اليوم الماضي من شوال بالنسبة لغير الصلاة وتوابعها كالفطرة والتكبير فتصلى من الغد أداء اهـ. قلت : وقوله وحرم على غيره الفطر الخ تقدم في مسألة نحو العيد أنه يلزمه ومن صدقه الفطر فضلاً عن الجواز فتأمله بغية المسترشدين - (ج 1 / ص 229
Ketika meyakini tgl 1 adalah sudah hari raya maka tidak sah melakukan sholat pada tgl 2 maka haram baginya puasa pada tgl 1.
Untuk nomor 1. Ketika ada ketetapan dua hari raya spt di atas maka meyakini yang penetapannya melalui ru'yah....

Santrimbelink👳🏾:
 Ta'bir nomer 3 jika tgl 1 sdh yakin masuk waktu hari raya maka haram puasa pada hari tsb

Kifayatul akhyar shohf 170

ويحرم صيام خمسة أيام : العيدين ، وأيام التشريق الثلاثة) لا يصح صوم عيد الفطر والأضحى بالإجماع ويحرم عليه ذلك وهو آثم لأن نفس العبادة عين المعصية ، وفي الصحيحين : نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن صيام يومين يوم الفطر ويوم الأضحى ، ولا فرق بين أن يصومهما تطوعا أو عن واجب أو عن نذر ، ولو نذر صومهما لم ينعقد نذره حتى نقل الإمام عن القفال أن الأوقات المنهى عنها لابد أن يأتي فيها بمناف للصوم.

Dasi Gus Rio:
 مغني المحتاج

ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺎﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺔ اﻟﻤﻨﺬﻭﺭﺓ ﺇﺫ ﻻ ﺗﺴﻦ ﻓﻴﻬﺎ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻛﻤﺎ ﻣﺮ، ﻭﺻﻼﺓ اﻟﺠﻨﺎﺯﺓ ﺇﺫ ﻻ ﻳﺘﻨﻔﻞ ﺑﻬﺎ ﻛﻤﺎ ﺳﻴﺄﺗﻲ، ﻭاﻟﻨﺎﻓﻠﺔ اﻟﺘﻲ ﻻ ﺗﺴﻦ اﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻴﻬﺎ. ﺃﻣﺎ ﻣﺎ ﺗﺴﻦ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﺎﻟﻘﻴﺎﺱ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ اﻟﻤﻬﻤﺎﺕ ﺃﻧﻬﺎ ﻛﺎﻟﻔﺮﺽ ﻓﻲ ﺳﻦ اﻹﻋﺎﺩﺓ إلى أن قال *ﻭﻣﺤﻞ اﺳﺘﺤﺒﺎﺏ اﻹﻋﺎﺩﺓ ﺇﺫا ﻛﺎﻥ اﻟﻮﻗﺖ ﺑﺎﻗﻴﺎ ﻓﺄﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﻓﻮاﺗﻪ ﻓﻼ ﺗﺴﻦ ﻗﻄﻌﺎ.*

Santrimbelink👳🏾:
Tambahi sedikit dr alqolyubi juz 3 shohf 157

وَلَوْ فَاتَ النَّفَلُ الْمُؤَقَّتُ ) كَصَلَاتَيْ الْعِيدِ وَالضُّحَى وَرَوَاتِبِ الْفَرَائِضِ . ( نُدِبَ قَضَاؤُهُ فِي الْأَظْهَرِ ) كَمَا تَقْتَضِي الْفَرَائِضُ بِجَامِعِ التَّأْقِيتِ ، وَالثَّانِي لَا يُنْدَبُ قَضَاؤُهُ لِأَنَّ قَضِيَّةَ التَّأْقِيتِ فِي الْعِبَادَةِ اشْتِرَاطُ الْوَقْتِ فِي الِاعْتِدَادِ بِهَا

*kesimpulan*

*1.Tafshil*

*a.)Jika yakin hari jumat maka wajib berhari raya dan haram berpuasa*
*B.)Jika masih ragu tidak boleh mengikuti dan melanjutkan puasanya(hari raya ikut sabtu)*

*2.bila diniati sholat i'adah hukumnya haram dan tidak sah baik sebagai imam / ma'mum karena sholat i'adah harus dilakukan pada waktu ada' (bukan waktu qodlo').*

*3.jika yakin tgl 1 tsb masuk hari raya puasanya tdk sah*

Sumber by dasi on wa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...