Jumat, 08 September 2017

HUKUM SHOLAT DGN MEMBAWA MUSHAF ALQURAN

[8/9 14:46] Mbah Majnun: _*MENU DASI*_
_*one day three problems*_


Pertanyaan dari:
Keluarga DASI : Al furqon
Tema:
Judul: alquran


*pertanyaan*

Ikhwan akhwat mau tanya bolehkah kita membawa kemudian membaca al qur'an ketika sholat ?



_*disajikan pada*_:
Jumat, 08 September 2017
Pukul: 14:30-16:30 WIB
*DASI*

Gus Rio:
khilaf ulama, ada yg boleh ada yg gk.

- kitab majmu' imam nawawi :



( فرع )لو قرأ القرآن من المصحف لم تبطل صلاته سواء كان يحفظه أم لا بل يجب عليه ذلك إذا لم يحفظ الفاتحة كما سبق ، ولو قلب أوراقه أحيانا في صلاته لم تبطل ، ولو نظر في مكتوب غير القرآن وردد ما فيه في نفسه لم تبطل صلاته وإن طال ، لكن يكره ، نص عليه الشافعي في الإملاء وأطبق عليه الأصحاب .
وحكى الرافعي وجها أن حديث النفس إذا طال أبطل الصلاة وهو شاذ ، والمشهور الجزم بصحتها .
ونقله الشيخ أبو حامد عن نصه في الإملاء وهذا الذي ذكرناه من أن القراءة في المصحف لا تبطل الصلاة مذهبنا ومذهب مالك وأبي يوسف ومحمد وأحمد ، وقال أبو حنيفة : تبطل .

Bila seseorang membaca dari mushaf, maka shalatnya tidak batal. Baik dia hafal atau tidak hafal. Bahkan wajib membaca dari mushaf bila tidak hafal surat Al-Fatihah. Meski sesekali membolak-balik halaman, tidak membatalkan. Jika melihat dalam sesuatu yang tertulis selain alqur'an dan mengulang ulanginya dalam hatinya maka tidak batal sholatnya walaupun lama tetapi makruh, ini adalah nas imam syafi'i dlm kitab al imla'. Imam rofi'i menceritakan satu pendapat bahwa berbicara dlm hati jika lama maka membatalkan sholat, ini adalah pendapat syadz yang masyhur adalah syah sholatya.

Imam ghozzali menukil dari nasnya kitab al imla' ttg membaca al qur'an dalam mushaf tidak membatalkan sholat adalah menurut madzhab kami (syafi'i ) madzhab maliki, abu yusuf, muhammad dan ahmad, sedangkan menururt imam abu hanifah berkata bahwa membaca qur'an dgn mushaf dalam sholat bisa membatalkan sholat.


- kitab al muhalla ibnu hazam :

مسألة : ولا تجوز القراءة في مصحف ولا في غيره لمصل ، إماما كان أو غيره ، فإن تعمد ذلك بطلت صلاته . وكذلك عد الآي ; لأن تأمل الكتاب عمل لم يأت نص بإباحته في الصلاة . وقد روينا هذا عن جماعة من السلف : منهم سعيد بن المسيب ، والحسن البصري والشعبي ، وأبو عبد الرحمن السلمي . وقد قال بإبطال صلاة من أم بالناس في المصحف أبو حنيفة والشافعي وقد أباح ذلك قوم منهم ، والمرجوع عند التنازع إليه هو القرآن والسنة . وقد قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { إن في الصلاة لشغلا } فصح أنها شاغلة عن كل عمل لم يأت فيه نص بإباحته - وبالله تعالى التوفيق

Masalah dan tidak boleh membaca al quran dalam mushaf dn tidak boleh pula dalam selainnya bagi orang yang sholat baik imam maupun selain imam, jk sengaja melakukan hal itu maka batal sholatnya, begitu juga menyebabkan batal yaitu menghitung hitung ayat karena mengangan angan kitab termasuk amalan yang tidak ada nas kebolehannya dlm sholat.

Kami juga telah meriwayatkan pendapat ini dari segolongan ulama' salaf diataraya said bin musayyab, hasan al bisri, as sya'bi, dan abu abdirrohman as sulami.dan telah benar-benar berkata abu hanifah dan as syaf'i ttg batalnya sholat dari orang yang mengimami dengan mebaca mushaf , dan sebagian kaum dari hanafi dan syafi'i membolehkannya.yang menjadi rujukan ketika terjadi perselisihan adalah al qur'an dan sunnah, Rasululoh sholallohu alaihi wasallam brsabda ," sesungguhnya dalam sholat terdapat kesibukan ", maka telah shohih bahwa mmbaca dgn mushaf ini termasuk kesibukan dari setiap amalan yang tidak ada nash datang yang membolehkannya.
tambahi yii.

bagus nya baca yg dihapal aja, khuruj minal khilaf mustahab.

Kang kenz
Tergantung dia posisi sholatnya sebagai apa???
Kalo jadi imam..
Yo bathal.
Kalo sholad munfarid,da yg mengatakan di samakan dengan sholat orang yg mnjadi imam berarti 👆

Kalo makmum yo anuuu.🤔

Gus rio
mazhab syafi'i banyak berpendapat boleh..

mughnil muhtaj :


(ﻭﺗﺘﻌﻴﻦ اﻟﻔﺎﺗﺤﺔ) ﺃﻱ ﻗﺮاءﺗﻬﺎ ﺣﻔﻈﺎ، ﺃﻭ ﻧﻈﺮا ﻓﻲ ﻣﺼﺤﻒ

ومذهب الشافعية، والمفتى به في مذهب الحنابلة: جواز القراءة من المصحف في الصلاة للإمام والمنفرد لا فرق في ذلك بين فرض ونفل وبين حافظ وغيره، وهذا هو المعتمد، ونقله الإمام ابن قُدامة في (المغني، 1/ 336)


وكما أن قراءة القرآن عبادة فإن النظر في المصحف عبادة أيضًا، وانضمام العبادة إلى العبادة لا يوجب المنع، بل يوجب زيادة الأجر؛ إذ فيه زيادة في العمل من النظر في المصحف. قال حجة الإسلام الغزالي في (إحياء علوم الدين، 1/ 229)



وفي صحيح البخاري معلَّقًا بصيغة الجزم -ووصله ابن أبي شيبة في (المصنف، 2/ 235)، والبيهقي في (السنن الكبرى، 2/ 253)- عن عائشة أم المؤمنين رضي الله عنها أنها كان يؤمها عبدها ذكوان ويقرأ من المصحف
adapun masalah membawa qur'an, dulu rosul pernah sholat membawa umamah binti abil ash, ketika sujud ia letakkan ketiki diri digendong lagi.

dan jika musholli menggerakkan / bolak balik halaman maka boleh selagi gerakan dikit.

أما الحمل فقد صلى رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم حاملا أُمامة بنت أبي العاص على عاتقه فإذا سجد وضعها وإذا قام حملها، وأما تقليب أوراق المصحف فقد جاءت بعض الأحاديث الدالة على إباحة العمل اليسير في الصلاة، والتقليب هو من جنس هذا العمل اليسير المغتفر
 Santrimbelink👳🏾:
 Nambahi sitik dr mathalib ulinuha juz 1 shohf 483


وَ) لِمُصَلٍّ (قِرَاءَةٌ بِمُصْحَفٍ، وَنَظَرٌ فِيهِ) ، أَيْ: الْمُصْحَفِ قَالَ أَحْمَدُ: لَا بَأْسَ أَنْ يُصَلِّيَ بِالنَّاسِ الْقِيَامَ، وَهُوَ يَنْظُرُ فِي الْمُصْحَفِ قِيلَ لَهُ: الْفَرِيضَةُ؟ قَالَ: لَمْ أَسْمَعْ فِيهَا شَيْئًا. وَسُئِلَ الزُّهْرِيُّ عَنْ رَجُلٍ يَقْرَأُ فِي رَمَضَانَ فِي الْمُصْحَفِ، فَقَالَ: كَانَ خِيَارُنَا يَقْرَءُونَ فِي الْمَصَاحِفِ
 

Imam Ahmad berkata Tidaklah mengapa bagi `musholli melakukan solat malam (qiyamulail) dengan orang lain Sedangkan dia melihat mushaf." Ditanyakan kepada Imam Ahmad radiyaLLahu anhu. "Bagaimanakah dengan solat fardhu"? Imam Ahmad menjawab, Aku tidak mendengar sedikitpun tentang hal itu.

Az Zuhri pernah ditanya tentang seorang lelaki yang membaca mushaf (ketika di dalam solat) di bulan Ramadhan. Beliau menjawab,
"Orang-orang yang terpilih di antara kami membaca al Quran dari mushaf-mushaf

*kesimpulan*
*Tafshil*
*Sholat dg membawa/membaca mushaf menurut mayoritas ulama(imam syafi'i,imam malik,imam ibn hambal) boleh dan tdk membatalkan sholat dg syarat tdk melakukan aktifitas/gerakan yg membatalkan sholatnya*
*Sebagian kalangan malikiyah menyatakan makruh jika tdk ada keperluan*
*Menurut imam hanafi tidak boleh n batal sholatnya*

*Nb : lebih afdlolnya dg hafalan(tanpa membawa mushaf) demi menjaga n menghormati pendapat imam hanafi*

Sumber by dasi on wa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...