Minggu, 03 September 2017

HUKUM MA'MUM ADA NAJIS PADA IMAM SEUSAI SHOLAT JAMAAH

MA'MUN MENGETAHUI TERDAPAT NAJIS PADA IMAM USAI SHOLAT
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°
MENU DASI
One day three problems

Pertanyaan dari:
Keluarga dasi:kang santri jalanan
Tema : Fiqih Sholat
'

Deskripsi Masalah
Seorang makmum usai sholat jama'ah, mengetahui ada najis  pakaian sang Imam.
'

Pertanyaan :
Wajibkan ia (makmum) mengulangi sholatnya?
'

DISAJIKAN PADA : Pukul: 14:30-16:30 WIB
Ahad, 20 agustus 2017
_______________________________________________
DISKUSI
👇

👇
👉 Cah Angon :
Wajib mengulangi.
1. Hukum shalat jamaahnya batal, shalat imam batal, shalat makmum batal jika ia mengetahui najisnya imam dan tidak mufarroqoh. Jika makmum mufarroqoh maka shalatnya sah.

2. Makmum wajib mufarroqoh dari imam.
Ketika mengetahui bahwa imamnya memiliki najis maka makmum wajib mufarroqoh. Jika tidak maka shalatnya batal. Jika tahunya setelah salam maka imam maupun makmum wajib mengulang shalatnya kecuali najisnya imam adalah najis khafy (hukmiyyah) atau imamnya berhadats maka makmum tidak wajib mengulang.

والحاصل أنه لو بان إمامه كافراً ولو مخفياً كفره كزنديق أو خنثى أو مجنوناً أو أمّياً قادراً على التعلم أو تاركاً للفاتحة أو البسملة في الجهرية أو تجب عليه الإعادة أو ساجداً على كمه الذي يتحرك بحركته أو تاركاً تكبـيرة الإحرام، أو قادراً على القيام أو السترة وكان يصلي من قعود، أو عارياً وجبت الإعادة إن بان بعد الفراغ من الصلاة، فإن بان في أثنائها وجب استئنافها لكون الإمام ليس من أهل الإمامة في ذاته (لا) إن بان إمامه (ذا حدث) ولو أكبر (أو خبث) أي ذا نجاسة خفية وهي الحكمية التي لا يدرك لها طعم ولا لون ولا ريح، ومثل ذلك كل ما يخفى على المأموم عادة كعدم النية، وكتيممه بمحل يغلب فيه وجود الماء وكونه تاركاً للفاتحة أو للبسملة في السرية أو للتشهد مطلقاً، ولو أحرم المأموم بإحرام الإمام ثم كبر الإمام ثانياً بنية سراً لكونه شك في التكبـير الأوّل لا يضر في صحة صلاة المأموم لأن هذا مما يخفى ولا أمارة عليه، أما لو بان إمامه ذا نجاسة ظاهرة وهي العينية فإنه تلزمه الإعادة، ولا فرق في ذلك بـين القريب والبعيد، ولا بـين القائم والقاعد ولا بـين الأعمى والبصير، ولا بـين باطن الثوب وظاهره نظراً للشأن

Bila berupa najis zhohir / 'ainiyah bila tahu setelah salam maka shalatnya harus diulang, akan tetapi menurut imam Nawawiy tidak wajib diulang shalatnya baik berupa najis zhohir / 'ainiyah atau najis khofiy / hukmiyah. :

.لا إن اقتدى بمن ظن متطهرا فبان ذا حدث ولو حدثا أكبر أو ذا خبث خفي ولو في جمعة إن زاد على الأربعين فلا يجب الإعادة وإن كان الإمام عالما لانتفاء تقصير المأموم اذ لا إمارة عليهما ومن ثم حصل له فضل الجماعة أما اذا بان ذا خبث ظاهر فيلزمه الإعادة على الأعمى لتقصيره وهو ما بظاهر الثوب وان حال بين الإمام والمأموم حائل والأوجه في ضبطه أن يكون بحيث لو تأمله المأموم رآه والخفي بخلافه وصحح النووي في التحقيق عدم وجوب الإعادة مطلقا  .إعانة الطالبين ٢/٤٦

Bila najis tersebut di ketahui di pertengahan shalat maka shalaty harus di ulang lagi dari awal dan tidak cukup dengan niat mufaroqoh saja bla berupa najis zhohir/ayniyah, dan belum berupa najis khofiy/hukmiyah maka cukup niat mufaroqoh/shalaty tidak usah di ulang dari awal. :

.كل ما يوجب الإعادة إذا طرأ في الأثناء أوظهر أوجب الإستئناف ولا يجوز الإستمرار مع نية المفارقة وكل ما لا يوجب الإعادة مما يمنع صحة الإقتداء إبتداء عند العلم إذا طرأ في الأثناء أو ظهر لا يوجب الإستئناف ويجوز الإستمرار مع نية المفارقة. إعانة الطالبين ٢/٤٥

Wallaahu A'lam

Nyuwun koreksine..
 Nyambi buruh..
`
👉 Mbah link :
Nak insun fokus pada najis yg dhohir/ainiya mawon..kalo najis khofie atau hukmiyah sepakat sah..

Terus ada pendapat imam nawawi tidak wajib mengulang trs keprimeeen...

Kesimpulan

Terjadi khilaf disini, jikalau memang diketahuinya setelah usai jamaah.
Satu pendapat mengatakan wajib i'adah/mengulang dan pendapat lain tidak wajib

Nb : jika ragu-ragu sah atau tidak lebih baik pilih wajib mengulang

Sumber by dasi on wa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...