Minggu, 03 September 2017

HUKUM BAI BIL MUWATHO' (CTH : BELI NASI DIWARUNG)

[30/8 14:41] ‪+62 856-4297-4058‬: _*MENU DASI*_
_*one day three problems*_


Pertanyaan dari:
Keluarga DASI: Muhajirin
Tema:
Judul: muamalah

*Deskripsi masalah*
Dalam kehidupan sehari hari orang melakukan muamalah yg akadnya /transaksi diahir.
Contoh : diwarung makan,tukang pangkas rambut,bengkel dll.

Biasanya traksaksi harga setelah selesai makan,kendaraan sudah jadi,selesai potong rambut dll.

*Pertanyaan*:

1.Bagaimana hukum tersebut.

2. Jika setelah itu ada yg keberatan dalam harga apa yg harus dilakukan,sedangkan semuanya sudah terjadi,?


_*disajikan pada*_:
Rabu, 30 agustus 2017
Pukul: 14.30-16.30 wib
*DASI*
[30/8 14:53] Dasi Presiden Ludruk: 1. Sah
2. Resiko Pribadi. Itu salah satu cara
bisnis tukang cukur jenggot, Penjual Nasi uduk, dan service bengkel hati Mencari Keuntungan.
[30/8 18:37] Santrimbelink👳🏾: Jual beli tanpa akad (ba'i muwatho') khilaf menurut sebagian ulama madzhab syafiiyah tdk sah/la yajuzu...tp sebagian yg lain sah/boleh tp sebatas pada hal2 yg ringan seperti sayur mayur,roti, makanan warteg jg termasuk yg dlm pandangan masyarakat umumnya sdh mafhum

Nyuplik dr bughyah

(مسألة: ج): اشترى طعاماً كثيراً وأمتعة من غير صيغة بيع لا صريح ولا كناية جاز ذلك عند من جوّز بيع المعاطاة ولا إثم، وعلى المذهب يحرم ويطالب به في الدنيا لا في الآخرة على الأصح
[30/8 18:44] Santrimbelink👳🏾: Fiqh ala madzahibil arbaah juz 2 shohf 155

الشافعية ــــ قالوا: لاينعقد البيع إلا  بالصيغة الكلامية أو مايقوم مقامها من الكتاب والرسول، وإشارة الأخرس  المعلومة، أما المعاطاة فإن البيع لاينعقد بها، وقد مال صاحب الإحياء إلى  جواز البيع في الأشياء اليسيرة بالمعاطاة لأن الإيجاب والقبول يشق في  مثلـها عادة

Madzhab syafi'i berkata: Tidak sah jual  beli kecuali dengan shighat yang sempurna baik dengan tulisan, isyarat  yang jelas bagi orang bisu. Adapun jual beli tanpa shighot tidak sah.  Dan Imam Ghazali dalam kitab Ihya' condong kepada bolehnnya jual beli  secara mu'athoh (tanpa akad) namun berlaku untuk hal2 yang remeh. Karena  ijab dan qabul untuk dianggap sulit.
[30/8 18:46] Santrimbelink👳🏾: Majmu syarh almuhadzab juz 9 shohf 164

الثالث  ـ مذهب الشافعية والشيعة والظاهرية (2) : لا تنعقد العقود بالأفعال أو  بالمعاطاة لعدم قوة دلالتها على التعاقد؛ لأن الرضا أمر خفي، لا دليل عليه  إلا باللفظ، وأما الفعل فقد يحتمل غير المراد من العقد، فلا يعقد به العقد،  وإنما يشترط أن يقع العقد بالألفاظ الصريحة أو الكنائية، أو ما يقوم  مقامها عند الحاجة كالإشارة المفهمة أو الكتابة. ونظراً لما يشتمل عليه هذا  المذهب من تشدد وشكلية محدودة ومجافاة لمبدأ المرونة والسماحة واليسر، فقد  اختار جماعة من الشافعية منهم النووي والبغوي والمتولي، صحة انعقاد بيع  المعاطاة في كل ما يعده الناس بيعاً، لأنه لم يثبت اشتراط لفظ، فيرجع للعرف  كسائر الألفاظ المطلقة، وبعض الشافعية كابن سريج والرُّوياني خصص جواز بيع  المعاطاة بالمحقَّرات أي غير النفيسة: هي ما جرت العادة فيها بالمعاطاة  كرطل خبز، أو رغيف، وحزمة بقل ونحوها
[30/8 18:49] Santrimbelink👳🏾: Ibaroh tambahan
Asnal matholib juz 7 shohf 372

كتاب  البيع هو لغة مقابلة شيء بشيء على وجه المعاوضة وشرعا مقابلة مال بمال على  وجه مخصوص وأركانه ثلاثة وهي في الحقيقة ستة عاقد بائع ومشتر ومعقود عليه  ثمن ومثمن وصيغة ايجاب وقبول وبدأ المصنف بالصيغة معبرا عنها بالشرط فقال  شرطه الايجاب وهو ما يدل على التمليك بعوض كبعتك وملكتك بكذا والقبول وهو  ما يدل على التملككاشتريت وتملكت وقبلت ونعم في الجواب فلا يصح البيع بغير  ذلك ومنه المعاطاة لكن المصنف وجماعة اختاروا الانعقاد بها في كل ما يعده  الناس بيعا ولا بد من اسناد البيع الى المخاطب ومن ذكر الثمن
[30/8 18:51] Santrimbelink👳🏾: Kalau yg pangkas rambut sama bengkel masuk bab jualah ..upah dr jasa

*Kesimpulan*

*Kasus seperti jual beli tanpa akad seperti makan diwarung yg nota bene makan dl bayar setelah habis dlm istilah fiqih muamalah ba'i bil muwatho' menurut sebagian ulama syafiiyah tidak sah/tdk boleh,namun sebagian ulama syafiiyah lainnya mengatakan boleh n sah(imam nawawi,albaghowi,almutawalli) dan jg imam ghozali mengatakan boleh sebatas pada hal2 yg remeh yg sdh umum dlm pandangan masyarakat*

*Nb:untuk pangkas rambut dan bengkel masuk pada jualah/upah dr sewa jasa*

Sumber by dasi on wa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...