Minggu, 03 September 2017

JENAZAH KELUAR NAJIS SETELAH DIKAFANI

KESUCIAN JANAZAH YANG MENGELUARKAN CAIRAN SETELAH DI KAFANI
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

MENU DASI
One Day Four Problems
'
'
Pertanyaan dari => Santri mbelink
Tema    : Fiqih Jana'iz

'
Diskripsi Masalah
Di suatu daerah ada mayyit yang meninggal akibat kecelakaan, ketika sudah dimandikan tubuh mayit tersebut mengeluarkan cairan najis.
'
'
Pertanyaan :
1. Bagaimana menyikapi apa yang harus dilakukan dengan kejadian semacam itu, baik setelah maupun sebelum dikafani ?
2. Dalam perkara ini apakah ada pemilahan antara najis ma'fu dan ghoiru ma'fu..

'
Disajikan PADA : pukul 20:00-21:00 WIB, Rabu, 28 Desember 2016 M.
_______________________________________________________________________
Diskusi
'
'
Santri Mbelink:
Dari deskripsi sudah dijelaskan sebab kematian itu kecelakaan ..kan kadang dari rumah sakitnya dikremasi
setelah dibawa pulang kadang masih ada yang mengeluarkan darah nanah dari qubol au dubur kadang jg keluar kotoran dll..

'
Gus Gendeng :
Bismillah.....
Ulama sepakat ketika salah satu dari dua lubang jenazah mengeluarkan najis setelah dimandikan dan sebelum pengkafanan maka wajib غسلها
Namun terjadi khilaf :
1. Qoul ashoh, tidak wajib memandikan atau mewudhukannya.
2. Qoul kedua mewajibkan untuk diwudhukan.
3. Qoul ketiga mewajibkan untuk dimandikan kembali.
(Ket.kitab المجموع ج:5 ص:136)
'
'
Mudzakir | @mma reload :
Ta'bir dari kitab Fathul Mu'in / I'anah juz II halaman 110

ولو خرج منه بعد الغسل نجس لم ينقض الطهر بل تجب إزالته فقط إن خرج قبل التكفين لا بعده
) قوله ولو خرج منه ) أي من الميت ولو من السبيلين  ) قوله ولم ينقض الطهر ) أي لم يبطله
)قوله بل تجب إزالته ) أي النجس الخارج  )قوله فقط ) أي من غير إعادة غسله وذلك لسقوط الفرض بما وجد وحصول النظافة بإزالة الخارج )قوله إن خرج قبل التكفين لا بعده ) هكذا عبارة شيخه في فتح الجواد إلا أنه أحالها فيه على إفتاء البغوي وجزم في التحفة بوجوبها أيضا بعد التكفين ونصها مع الأصل ولو خرج بعده أي الغسل أي وقبل الإدراج في الكفن نجس ولو من الفرج وجب إزالته تنظيفا له فقط لأن الفرض قد سقط بما وجد.

Jika mayyit mengeluarkan najis sesudah di mandikan maka wudlunya tidak batal tapi cukup dihilangkan najisnya saja, ketika keluar sebelum di kafani, lain halnya ketika sudah di kafani.
'
'

Santri Mbelink :
Dalam lingkup Syafi’iyyah dalam menyikapi permasalahan ini terjadi pemilahan.Ketika cairan itu termasuk kategori najis ghair ma'fu dan keluar sebelum dikafani maka ada dua kemungkinan.Pertama, keluar dari alat kelamin dan hukumnya dibedakan dalam tiga pendapat : Versi pertama, hanya mewajibkan untuk menghilangkan najisnya
Versi kedua, wajib menghilangkan najis, serta melakukan thaharah (wudlu) bagi mayit.
Versi ketiga, selain wajib menghilangkan najis dan melakukan thaharah juga wajib mengulangi mandinya.
Kedua, keluar dari selain alat kelamin maka hanya diwajibkan menghilangkan najisnya tanpa harus mengulangi thaharah dan mandinya. Namun ketika cairan itu keluar setelah dikafani maka terjadi kontroversi tentang kewajiban menghilangkan najisnya. Menurut Ashah wajib dihilangkan dan jika tidak, shalatnya tidak dianggap sah.  Sedangkan menurut al-Baghawy dengan tarjih dari Ibn Hajar meskipun mardud menurut sebagian versi, tidak wajib untuk dihilangkan dan hukum shalatnya sah. Dalam hal ini semua sepakat tidak wajib thaharah maupun dimandikan, baik keluar dari alat kelamin maupun dari selainnya. Selain kewajiban tersebut masih ada dua tindakan yang harus kita lakukan yaitu menyumbat tempat keluarnya darah jika darah tersebut tidak mungkin dihentikan dan menyolatinya secepat mungkin. Boleh diakhirkan selama ada kemaslahatan bagi mayit.

)فرع) إذا خرج من أحد فرجي الميت بعد غسله وقبل تكفينه نجاسة وجب غسلها بلا خلاف وفي إعادة طهارته ثلاثة أوجه مشهورة ( أصحها ) لا يجب شيء ; لأنه خرج عن التكليف بنقض الطهارة وقياسا على  ما لو أصابته نجاسة من غيره فإنه يكفي غسلها بلا خلاف . (والثاني) : يجب أن يوضأ كما لو خرج من حي (والثالث) : يجب إعادة الغسل لأنه ينقض الطهر وطهر الميت غسل جميعه , هذه ( هي ) العلة المشهورة وعلله المصنف وصاحب الشامل بأنه خاتمة أمره ورجح المصنف في كتابه الخلاف وفي التنبيه وسليم الرازي في كتابه رءوس المسائل والغزالي في الخلاصة والعبدري في الكفاية وجوب إعادة الغسل وهو قول أبي علي بن أبي هريرة وبه قطع سليم الرازي في الكفاية , والشيخ نصر المقدسي في الكافي وهو مذهب أحمد بن حنبل وضعف المحاملي وآخرون هذا الوجه ونقل صاحب البيان تض قواعد الأحكام فى مصالح الأنام الجزء الأول ص عيفه عن الشيخ أبي حامد وإيجاب الوضوء هو قول أبي إسحاق المروزي والصحيح عند أكثر الأصحاب: لا يجب غير غسل النجاسة , صححه المحاملي في التجريد والرافعي وآخرون وهو قول المزني وغيره من متقدمي أصحابنا وهو مذهب أبي حنيفة ومالك والثوري وسبب اختلاف الأصحاب أن الشافعي قال في مختصر المزني : إن خرج منه شيء أنقاه وأعاد غسله فقال المزني والأكثرون : إعادة الغسل مستحبة , وقال ابن أبي هريرة واجبة وقال أبو إسحاق المروزي : يجب الوضوء .أما إذا خرجت النجاسة من الفرج بعد إدراجه في الكفن فلا يجب وضوء ولا غسل بلا خلاف هكذا صرح به المحاملي في التجريد والقاضي أبو الطيب في المجرد والسرخسي في الأمالي وصاحب العدة واحتج له السرخسي بأنه لو أمر بإعادة الغسل والوضوء لم يأمن مثله في المستقبل فيؤدي إلى ما لا نهاية له ولم يتعرض الجمهور للفرق بين ما قبل التكفين وبعده بل أرسلوا الخلاف ولكن إطلاقهم محمول على التفصيل الذي ذكره المحاملي وموافقوه أما إذا خرجت منه بعد الغسل نجاسة من غير الفرجين فيجب غسلها ولا يجب غيره بلا خلاف.وقال إمام الحرمين : إذا أوجبنا إعادة الغسل لنجاسة السبيلين ففي غيرها احتمال وهذا ضعيف أو باطل ولا فرق بين هذه النجاسة ونجاسة أجنبية  تقع عليه وقد اتفقوا على أنه يكفي غسلها

Kesimpulan

Menurut qoul Ashah wajib dihilangkan krna jika tidak, shalatnya tidak dianggap sah.  Sedangkan menurut al-Baghawy dengan tarjih dari Ibn Hajar meskipun mardud menurut sebagian versi, tidak wajib untuk dihilangkan dan hukum shalatnya sah. Dalam hal ini semua sepakat tidak wajib thaharah maupun dimandikan, baik keluar dari alat kelamin maupun dari selainnya

Sumber by dasi on wa

2 komentar:

  1. apakah wajib mengganti kain kafan yg terkena kotoran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendapat yg sah cukup menghilangkan bekas najis / cairan yg keluar dr jenazah saja..jd tdk wajib mengganti kafan tsb

      Hapus

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...