Minggu, 03 September 2017

HUKUM WANITA HAIDL MENGAJAR TPQ/MEMEGANG BUKU IQRO ATAU YANBU'A

[27/8 20:02] ‪+62 856-4297-4058‬: *_MENU DASI_*
_*One Day Three Problems*_



Pertanyaan Dari :
Keluarga DASI : Kang Farel Ikhsina
Tema :
Judul :

*Description :*
Assalamu'alaikum
Pada saat ini banyak didirikan TPA/TPQ. Buku pelajaran yang dipakai adalah metode IQRO’, QIROÁTI Annahdliyah dll. Sementara pelaksanaannya rutin setiap hari.


*Pertanyaan :*
Bagaimana hukumnya membawa dan membaca buku buku di atas, bagi pengajar wanita yang sedang haidl ?



*_Disajikan Pada_:*
Minggu, 27 Agustus 2017.
Pukul: 20:00-22:00 WIB.
*DASI*

Bunda aqilla
 Pertanyaan nki prnah kulo aturke para masyayih dlm
penataran dan hukumny boleh bahkan memegang membacany jg boleh karna niat kita mengajar .. ayat alquran mawon boleh klau kita dalam posisi mengajar

Dasi Kg Jirin:
 ( مسألة ى ) يكره حمل التفسير ومسه إن زاد على القرآن وإلا حرم. وتحرم قراءة القرآن على نحو جنب بقصد القراءة ولو مع غيرها لا مع الإطلاق على الراجح ولا بقصد غير القراءة كرد غلط وتعليم وتبرك ودعاء .

Makruh membawa dan memegang Tafsir yang jumlahnya melebihi tulisan qurannya bila tidak maka haram. Dan haram membacanya bagi semisal orang junub bila bertujuan untuk membacanya meskipun alQurannya bersama tulisan lain tapi tidak haram baginya bila memutlakkan tujuannya menurut pendapat yang kuat dan juga tidak haram tanpa adanya tujuan membacanya seperti saat *membenarkan bacaan yang salah, mengajar, mencari keberkahan dan berdoa.* [ Bughyah al-Mustarsyidiin hal0 26 ].

Mafa rifajulian
 Hukum menyentuh atau membawa Alquran bagi orang yang hadats (tidak suci) masih diperselisihkan oleh para ahli fikih:

Menurut Imam Dawud al Dzahiri, hukumnya diperbolehkan secara mutlak, walaupun Alquran tersebut tidak disertai tafsir. Pendapat ini juga disampaikan Imam Hakim dan Imam Hammad, guru Abu Hanifah. Dalil yang menjadi pijakan mereka dalam mencetuskan hukum tersebut adalah: Pertama, Rasulullah pernah mengirimkan surat yang di dalamnya tertulis ayat-ayat Alquran kepada Raja Heraqles. Padahal Raja Heraqles dalam keadaan hadats. Kedua, firman Allah dalam surat al Waqi’ah [56]: 77-79

إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ.  فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ.  لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” Menurut mereka, maksud kalimat Alquran dalam ayat tersebut adalah Alquran yang ada di Lauh Mahfudz, sehingga yang dimaksud al Muthahharun adalah para malaikat. Jadi, Alquran yang ada di dunia tidak haram disentuh. Ketiga, hadis Rasulullah Saw.:

لَا يَمُسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ

Artinya: “Tidak boleh menyentuh al Quran selain orang yang suci (orang mukmin).” Kalimat Thahir (orang yang suci) dalam hadis di atas maksudnya adalah orang-orang mukmin, yang berarti setiap orang mukmin diperbolehkan menyentuh atau membawa Alquran. Penafsiran hadis ini berdasarkan firman Allah surat al Taubah [9]: 28:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ فَلَا يَقْرَبُوا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ بَعْدَ عَامِهِمْ هَٰذَا … الآية

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini.”

Dan berdasar hadis Rasulullah Saw. yang disabdakan saat Abu Hurairah merasa enggan berkumpul bersama para sahabat karena beliau sedang junub (berhadas besar):

سُبْحَانَ اللّٰهِ إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَا يَنْجُسُ

Artinya: “Maha Suci Allah, sesungguhnya orang mukmin tidaklah najis.”

Menurut mayoritas ahli fikih, membawa Alquran diperbolehkan jika disertakan dengan benda lain -meskipun hanya sebuah jarum kecil- asalkan berniat membawa benda yang menyertai Alquran, bukan berniat membawa Alquran atau berniat membawa keduanya sekaligus. Diperbolehkan juga membawa Alquran yang disertai tafsir, atau keterangan-keterangan lain seperti asbab al nuzul (sebab-sebab ayat Alquran diwahyukan), fadhilah ayat dan lain sebagainya. Hal ini jika tafsirnya atau keterangan-keterangan itu lebih banyak daripada ayat Alquran itu sendiri. Pendapat ini juga disampaikan oleh Abu Makhramah dan Imam Romli.

Kang Mudz:
Buku² di atas tidak termasuk mushaf, karena maksud dari pembukuan tersebut untuk belajar bukan menyalin mushaf.

حاشية البجورى ١ /١١٧
( والرابع مس المصحف ) وهو اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين ( وحمله ) إلا إذا خافت عليه ( قوله وهو ) أى المصحف وقوله اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين أى بين دفتى المصحف وهذا التفسير ليس مرادا هنا وإنما المراد به هنا كل ما كتب عليه قرآن لدراسته ولو عمودا أو لوحا أو نحوهما الى أن قال .... والعبرة بقصد الكاتب إن كان يكتب لنفسه وإلا فقصد الآمر أو المستأجر

*No. 4 Memegang Mushaf.*
Mushaf ialah nama dari tulisan firman Allah diantara dua lampiran. Juga haram membawanya kecuali saat ia menghawatirkannya.(keterangan Mushaf ialah nama dari tulisan firman Allah diantara dua lampiran) yang dikehendaki adalah setiap perkara yang ditulis alQuran untuk dibaca meskipun berupa tiang, papan atau lainnya…. Pertibangannya diserahkankan pada penulis bila tujuan penulisannya untuk pribadi bila tidak maka diserahkan yang berwenang atau pun penyewa jasa.  Haasyiyah al-Baajuri I/117

 إلَّا لِمُعَلِّمٍ وَمُتَعَلِّمٍ وَإِنْ حَائِضًا لَا جُنُبًا : أَيْ يَحْرُمُ عَلَى الْمُكَلَّفِ مَسُّ الْمُصْحَفِ وَحَمْلُهُ، إلَّا إذَا كَانَ مُعَلِّمًا أَوْ مُتَعَلِّمًا، فَيَجُوزُ لَهُمَا مَسُّ الْجُزْءِ وَاللَّوْحِ وَالْمُصْحَفِ الْكَامِلِ، وَإِنْ كَانَ كُلٌّ مِنْهُمَا حَائِضًا أَوْ نُفَسَاءَ لِعَدَمِ قُدْرَتِهِمَا عَلَى إزَالَةِ الْمَانِعِ. بِخِلَافِ الْجُنُبِ لِقُدْرَتِهِ عَلَى إزَالَتِهِ بِالْغُسْلِ أَوْ التَّيَمُّمِ. وَالْمُتَعَلِّمُ يَشْمَلُ مَنْ ثَقُلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ فَصَارَ يُكَرِّرُهُ فِي الْمُصْحَفِ - أبى البركات أحمد بن محمد بن أحمد الدرديري، الشرح الصغير   على أقرب المسالك إلى مذهب الإمام مالك، بيروت-دار المعارف، ج، 1، ص. 150-

_(Kecuali bagi orang yang mengajar atau orang yang belajar meskipun dalam kondisi haid atau junub), artinya haram bagi mukallaf menyentuh mushhaf dan membawanya kecuali dalam kondisi sebagai pengajar atau orang yang belajar maka boleh bagi keduanya menyentuh sebagian  atau papan tulis yang bertuliskan ayat-ayat Al-Quran (lauh) dan seluruh mushhaf meskipun keduanya dalam keadan haid ata nifas kerena ketidakmampuan keduanya untuk menghilangkan penghalang. Hal ini berbeda dengan orang junub karena kemampuannya untuk menghilangkan penghalang dengan mandi atau tayammum” (Abi al-Barakat Ahmad bin Muhamad bin Ahmad ad-Dardidi, Asy-Syarh ash-Shaghir ‘ala Aqrab al-Masalik ila Madzhab al-Imam Malik, Bairut-Dar al-Ma’arif, juz, 1, h. 150)._

 Dasi Mbah Barir:
 Buku² di atas tidak termasuk mushaf, karena maksud dari pembukuan tersebut untuk belajar bukan menyalin mushaf.

حاشية البجورى ١ /١١٧
( والرابع مس المصحف ) وهو اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين ( وحمله ) إلا إذا خافت عليه ( قوله وهو ) أى المصحف وقوله اسم للمكتوب من كلام الله بين الدفتين أى بين دفتى المصحف وهذا التفسير ليس مرادا هنا *وإنما المراد به هنا كل ما كتب عليه قرآن لدراسته ولو عمودا أو لوحا أو نحوهما* الى أن قال .... والعبرة بقصد الكاتب إن كان يكتب لنفسه وإلا فقصد الآمر أو المستأجر

*No. 4 Memegang Mushaf.*
Mushaf ialah nama dari tulisan firman Allah diantara dua lampiran. Juga haram membawanya kecuali saat ia menghawatirkannya.(keterangan Mushaf ialah nama dari tulisan firman Allah diantara dua lampiran) *yang dikehendaki adalah setiap perkara yang ditulis alQuran untuk dibaca meskipun berupa tiang, papan atau lainnya*…. Pertibangannya diserahkankan pada penulis bila tujuan penulisannya untuk pribadi bila tidak maka diserahkan yang berwenang atau pun penyewa jasa.  Haasyiyah al-Baajuri I/117
Kang Mudz:
 قال النووي: إذا مس المحدث أو الجنبأو الحائض أو حمل كتاباً من كتب الفقه أو غيره من العلوم وفيه آية من القرآن أو ثوباً مطرزاً بالقرآن أو دراهم أو دنانير منقوشة به أو مس الجدار أو الحلو أو الخبز المنقوش فيه فالمذهب الصحيح جواز هذا كله لأنه ليس بمصحف وفيه وجه أنه حرام.

Dasi Mbah Barir:
 At-Tibyan imam Nawawi :

[فصل] يحرم على المحدث مس المصحف وحمله سواء حمله بعلاقته أو بغيرها سواء مس نفس الكتابة أو الحواشي أو الجلد ويحرم مس الخريطة والغلاف والصندوق إذا كان فيهن المصحف هذا هو المذهب المختار وقيل لا تحرم هذه الثلاثة وهو ضعيف ولو كتب القرآن في لوح فحكمه حكم المصحف سواء قل المكتوب أو كثر حتى لو كان بعض آية كتب للدراسة حرم مس اللوح

 At-Tibyan imam Nawawi :

[فصل] يحرم على المحدث مس المصحف وحمله سواء حمله بعلاقته أو بغيرها سواء مس نفس الكتابة أو الحواشي أو الجلد ويحرم مس الخريطة والغلاف والصندوق إذا كان فيهن المصحف هذا هو المذهب المختار وقيل لا تحرم هذه الثلاثة وهو ضعيف *ولو كتب القرآن في لوح فحكمه حكم المصحف سواء قل المكتوب أو كثر حتى لو كان بعض آية كتب للدراسة حرم مس اللوح*
 فصل:أجمع العلماءُ على جواز الذكر بالقلب واللسان للمُحْدِث والجُنب والحائض والنفساء، وذلك في التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم والدعاء وغير ذلك *ولكنَّ قراءة القرآن حرامٌ على الجُنب والحائض والنفساء، سواءٌ قرأ قليلاً أو كثيراً حتى بعض آية*

 *dalam mslh pegang liat niat yg nulis dlm mslh membaca liat tujuannya baca koyoto dzikir mengajar dll* oke oke

*kesimpulan*
*Iqro,qiroati,annahdliyah dsb,dr tujuan penulisannya sbg metode belajar/mengajar,dr sini dpt ditarik kesimpulan bagi pengajar wanita yg sdg haidl boleh jika bertujuan dr membawa,memegang n membacanya untuk mengajari atau mengingatkan santri TPQnya dlm belajar membaca alquran*

Sumber by dasi on wa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...