*MENU DASI*_
_*one day three problems*_
Pertanyaan dari:
Keluarga DASI : Dewi Fortuna
Tema:
Judul:
Deskripsi
Ada orang shodaqoh jariyah di mesjid, berupa uang(tp memang di niatkan beli lampu), lalu, uang tsb di buat beli lampu dan untuk transport pengurus masjid, lalu di pasanglah lampu itu masjid , stelah bberapa tahun lampu nya rusak lalu di buang,
*Pertanyaan :*
1. Masih terhitung shodaqoh jariyahkah apabila lampunya sudah mati dan di buang ?
2. Lalu apakah uang yang di buat beli bensin (transport) termasuk jariyah pula ?
_*Disajikan pada*_:
Senin, 25 september 2017
Pukul: 20.00-22.00 WIB
*DASI*
Mbah barir:
.المغني ج: 5 ص: 373
أن ما لا يمكن الانتفاع به مع بقاء عينه كالدنانير والدراهم والمطعوم والمشروب والشمع وأشباهه لا يصح وقفه في قول عامة الفقهاء وأهل العلم إلا شيئا يحكى عن مالك والأوزاعي في وقف الطعام أنه يجوز
ولم يحكه أصحاب مالك وليس بصحيح لأن الوقف تحبيس الأصل وتسبيل الثمرة وما لا ينتفع به إلا بالإتلاف لا يصح فيه ذلك وقيل في الدراهم والدنانير يصح وقفها على قول من أجاز إجارتها
و قال محمد بن الحسن اذا خرب المسجد او الوقف عاد الى الملك الواقف لان الوقف انما هو تابيد المنفعة فاذا زالت منفعته زال حق الموقوف عليه فزال ملكه عنه
Imam muhammad bin hasan berkata ; jika masjid atau wakaf telah rusak maka dikembalikan kepada pewakafnya. Sebab tujuan wakaf adalah selama barangnya bisa bermanfaat. Jika sudah tidak berfungsi maka hak penerima wakaf juga hilang lalu demikian pula hak kepemilikannya. [ Al-majmu' juz XVIII, Hal. 367 ].
Santri Mbelink:
(قال الشيخ أبو محمد الخ) أقره النهاية قوله: (ليبني الخ) شامل لغير الموات بأن يشتري أرضا ويبني فيها نحو الرباط قوله: (فيصير كذلك الخ) ولو لم يقصد الآخذ محلا بعينه حال الاخذ هل يصح ذلك ويتخير في المحل الذي يبني فيه أو لا بد من التعيين فيه نظر ولا يبعد الصحة توسعة في النظر لجهة الوقف ما أمكن ثم لو بقي من الدراهم التي أخذها لما ذكر شئ بعد البناء فينبغي حفظه ليصرف على ما يعرض له من المصالح اه ع ش
Hawasyi asy syarwani juz 6 shohf 249
Cobi dikoreksi riyen..
Kang Muhajirin:
Infaq itu dari kata nafaqoh, memberi nafaqoh / hartaShodaqoh itu pemberian yang mengaharapkan/mencari pahala dari Alloh.
Jariyah artinya mengalir biasa dikaitkan dengan amal jariyah atau shodaqoh jariyah, artinya shodaqoh yang pahalanya tetap mengalir meskipun si pemberi sudah meninggal, misal waqof.
jadi jariyah masuk shodaqoh, dan shodaqoh masuk infaq. infaq lebih umum
وتأوّل بعض أصحابه قول عمر علـى أن الزكاة هنا النفقة كحديث: «إذا أنفق الـمسلـم علـى أهله كانت له صدقة» وتعقب بأن اسم الزكاة لا يطلق علـى النفقة لغة ولا شرعاً، ولا يقاس علـى لفظ صدقة لأن اللغة لا تؤخذ بـالقـياس، وأيضاً فـالصدقة لا تطلق علـى النفقة وإنـما وصفت بـالصدقة فـي الـحديث لأنه يؤجر علـيها، وحجة الـجمهور عموم حديث: «تؤخذ من أغنـيائهم فترد علـى فقرائهم» والقـياس علـى زكاة الـحرث والفطر والولـي هو الـمخاطب بـالزكاة فـيأثم بترك إخراجها لا الطفل.
Kenz Al-Faqir:
1.masih karena di lihat dari maslahatnya.
2.alesan bisa di samakan 👆
حاشية القليوبى ج : 3 ص : 108
واعلم أن أموال المسجد تنقسم على ثلاثة أقسام ، قسم للعمار كالموهوب والمتصدق به له وريع الموقوف عليه ، وقسم للمصالح كالموهوب والمتصدق به لها وكذا ريع الموقوف عليها وربح التجارة وغلة أملاكه وثمن ما يباع من أملاكه وكذا ثمن الموقوف عله عند من جوز بيعه عند البلى والإنكسار وقسم مطلق كالموهوب والمتصدق به له مطلقا وكذا ريع الموقوف عليه مطلقا , وهذا التقسيم مأخوذ من مفهوم أقوالهم فى كتب القفه المعتبرة والمعتمدة ، والفرق بين العمارة والمصالح هو أن ما كان يرجع إلى عين الوقف حفظا وإحكاما كالبناء والترميم والتجصيص للإحكام والسلالم والسوارى والمكاسن وغير ذلك هو العمارة , *أن ما كان يرجع إلى جميع ما يكون مصلحة وهذا يشمل العمارة وغيرها من المصالح كالمؤذن والإمام والدهن للسراج هو المصالح .*
Dan perbedaan antara untuk pembangunan dan kemaslahatan masjid adalah adapun yg telah permanen harta wakaf secara hukum dan dzat bentuknya seperti pembangunan , pengecatan , pengokohan , pembuatan tangga tangga , jalan ,
Maka semua itu termasuk pembangunan dan
Adapun yg mencangkup semua itu juga dan apapun yg bisa membuat kemaslahatan untuk masjid seperti gaji muadzin , imam , pembelian minyak untuk bahan bakar lampu maka kesemuanya itu disebut maslahat. Jadi maslahat itu lebih umum dari pada pembangunan.
Santri Mbelink:
وَأَمَّا قَوْلُهُ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ { إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ صَدَقَةٌ جَارِيَةٌ أَوْ عِلْمٌ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُوْ لَهُ } وَمَعْنَاهُ انْقَطَعَ أَجْرُ عَمَلِهِ أَوْ ثَوَابُ عَمَلِهِ فَهَذَا عَلَى وَفْقِ الْقَاعِدَةِ ِلأَنَّ هَذِهِ الْمُسْتَثْنَيَاتِ مِنْ كَسْبِهِ فَإِنَّ الْعِلْمَ الْمُنْتَفَعَ بِهِ مِنْ كَسْبِهِ فَجُعِلَ لَهُ ثَوَابُ التَّسَبُّبِ إلَى تَعْلِيْمِ هَذَا الْعِلْمِ .وَكَذَلِكَ الصَّدَقَةُ الْجَارِيَةُ تُحْمَلُ عَلَى الْوَقْفِ وَعَلَى الْوَصِيَّةِ بِمَنَافِعِ دَارِهِ وَثِمَارِ بُسْتَانِهِ عَلَى الدَّوَامِ فَإِنَّ ذَلِكَ مِنْ كَسْبِهِ لِتَسَبُّبِهِ إِلَيْهِ فَكَانَ لَهُ أَجْرُ التَّسَبُّبِ وَلَيْسَ الدُّعَاءُ مَخْصُوْصًا بِالْوَلَدِ بَلِ الدُّعَاءُ شَفَاعَةٌ جَائِزَةٌ مِنَ اْلأَقَارِبِ وَاْلأَجَانِبِ وَلَيْسَتْ مُسْتَثْنَاةً مِنْ هَذِهِ ِلأَنَّ ثَوَابَ الدُّعَاءِ لِلدَّاعِيْ
Qowaidul ahkam shohf 136
Menurut pendapat Imam ‘Izuddin ibn ‘Abdissalam, pahala yang selalu mengalir dan diterima pemberi shodaqoh jariyah adalah pahala tasabbub (menyebabkan orang lain beribadah).jd jika lampu hasil pemberian dr jariyah td rusak diganti dg barang lain bekas wakaf masjid maka masih menerima pahala jariah tsb.
Nyuwon koreksine.
Kenz Al-Faqir:
Sperti sepenggal klebihan harta infaq/waqof masjid yg di gunakan untuk kmaslahatan seperti contoh di atas.
Wlaupun secara dzatiyahya sudah tidak ada tapi di timbang maslahat dalam pngguna'anya ..
Contoh di atas juga jelas seperti halnya bahan bakar lampu yg secra dzatiah bahan bakar lampu pijar pnerang masjid pasti habis terbakar..
Dan disitu bisa di ambil maslahatnya dan masih trgolong waqaf yg tetap..
Secara mafhum aulawi berarti masih secra jariyahnya.
Kesimpulan
Dipandang dr segi maslahatnya masih termasuk jariyah yg mengalir pahalanyaeskipun barang tersebut sdh rusak atau sdh habis terpakai
Sumber by dasi on wa
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
Hukum Praktek Sholat dalam keadaan Haid (Hadats) DASI One day three problems Pertanyaan dari: Keluarga dasi:Murokabah Tema: Judul: ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar