MENU DASI
One Day three Problems
'
Pertanyaan dari => Santri Anyaran
Thema : FIQIH Menyembelih
Deskripsi :
Disatu tempat jagal hewan. Setiap harinya menyembelih puluhan sapi dan kambing. Yang sering terjadi setelah hewan tsb disembelih secara syara' tentunya, hewan tsb belum juga mati(masih gerak²).jika menunggu hewan tsb bnr² mati membutuhkan waktu yg lama. Sementara masih banyak
antrian hewan yg harus disembelih. Jd para penjagal memilih menebas kepala hewan sembelihan tadi (yg msh dlm keadaan gerak²/belum bnr² mati), dan memotongnya menjadi beberapa bagian.
Pertanyaan :
Bagaimana status hewan yg di sembelihan tadi, apakah bisa dibilang bangkai?
Di sajikan pada : Pukul 13:30-15:30 WIB, Senin, 20 Maret 2017 M
______________________________________________
DISKUSI
👇
👇
IBNU QUSYAIRI :
Pendapat yang kuat bahwa hewan yang putus kepalanya ketika disembelih hukumnya halal.
Imam Al-Mawardi salah satu ulama Madzhab Syafi’i mengatakan, “Diriwayatkan dari Imran bin Husain radhiallahu ‘anhu, bahwa beliau ditanya tentang menyembelih burung sampai putus lehernya? Sahabat Imran menjawab, ‘boleh dimakan.”
Imam Syafi’i mengatakan,
فإذا ذبحها فقطع رأسها فهي ذكية
“Jika ada orang menyembelih, kemudian memutus kepalanya maka statusnya sembelihannya yang sah” (Al-Hawi Al-Kabir, 15:224)
ALFADL :
وَلَا يَحْرُمُ قَطْعُ مَا زَادَ وَلَوْ بِانْفِصَالِ رَأْسِهِ. حاشية قليوبى ١٦/٥١
Tidak haram memotong organ lebih dari HULQUUM (saluran nafas) dan MARII` (saluran makanan), meskipun dengan terpisah kepalanya. kitab Hasyiyah Qalyubi 16/51.
وَالزِّيَادَةُ عَلَى الْحُلْقُومِ وَالْمَرِيءِ وَالْوَدَجَيْنِ قِيلَ بِحُرْمَتِهَا لِأَنَّهَا زِيَادَةٌ فِي التَّعْذِيبِ وَالرَّاجِحُ الْجَوَازُ مَعَ الْكَرَاهَة. حاشية بجيرمى على الإقناع ٢٢/٦٩
Melebihi HULQUUM (saluran nafas), MARII` (saluran makanan) dan WADAJAIN (dua urat leher) ada yang mengatakan haram, karena hal itu menambah penyiksaan. Pendapat yang rajih adalah boleh disertai karaahah (makruh)._ Hasyiyah Bujairimi 'Alal Iqna' juz 22 halaman 69
kang mb3link🏾:
Hasyiyah baijuri juz 1 shohf 372
قوله يكون قطع ما ذكر أي من الحلقوم والمريء قوله دفعة واحدة لا دفعتين أي إذا لم توجد الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية أما إذا وجدت الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية فيحل المذبوح حينئذ ومثل الدفعة الثانية غيرها كالثالثة
Asalkan jarak penyembelihan yg pertama dan kedua tidak terlalu lama dan memang dr penyembelihan pertama masih terdapat tanda2 kehidupan (hayatul mustaqirroh) dr hewan tsb maka sah n halal daging hewan tsb.
ALFADL :
ketika hulqum atau mari' dan wadajain telah terputus maka disunnahkan untuk mencukupkan hal itu saja, dan makruh mencabut kepalanya saat itu juga, menambah potongan, memecahkan leher atau memecahkan pungguhnya,memotong anggota tubuh , menggerak gerakkannya dan memindahkan ketempat lain, semua itu MAKRUH hukumnya bahkan semuanya itu di tinggalkan saja hingga hewan tersebut ruhnya berpisah dan menjadi dingin. dan disunnahkan tidak mengekangnya setelah disembelih dengan kekangan yg bisa mencegahnya dari bergerak. musonnef telah menjelaskan dalil semua perkara ini.
(المسألة السادسة ) قال أصحابنا - رحمهم الله - : إذا قطع الحلقوم أو المريء والودجين استحب أن يقتصر على ذلك ويكره أن يبين رأسه في الحال ، وأن يزيد في القطع وأن يكسر عنقها وأن يكسر الفقار ، وأن يقطع عضوا منها وأن يحركها ، وأن ينقلها إلى مكان آخر ، وكل ذلك مكروه بل يتركه كله حتى تفارقها الروح وتبرد . ويستحب أن لا يمسكها بعد الذبح مانعا لها من الاضطراب ، وقد ذكر المصنف أدلة هذه الأمور والله أعلم . كتاب مجموع
والمستحب أن يقطع الحلقوم والمرىء والودجين، لأنه أوحي وأروح للذبيحة فإن اقتصر على قطع الحلقوم والمرىء أجزأه، لأن الحلقوم مجرى النفس، والمرىء مجرى الطعام، والروح لا تبقى مع قطعهما، والمستحب أن ينحر الإبل ويذبح البقر والشاة، فإن خالف ونحر البقر والشاة وذبح الإبل أجزأه، لأن الجميع موت من غير تعذيب، ويكره أن يبين الرأس وأن يبالغ في الذبح إلى أن يبلغ النخاع، وهو عرق يمتد من الدماغ، ويستبطن الفقار إلى عجب الذنب لما روى عن عمر رضي الله عنه أنه «نهى عن النخع» ولأن فيه زيادة تعذيب فإن فعل ذلك لم يحرم لأن ذلك يوجد بعد حصول الذكاة. كتاب مجموع.
كره ذلك أهل العلم منهم عطاء وعمرو بن دينار ومالك والشافعي ولا نعلم لهم مخالفاً، وقد قال عمر رضي الله عنه: لا تعجلوا الأنفس حتى تزهق فإن قطع عضو قبل زهوق النفس وبعد الذبح فالظاهر إباحته فإن أحمد سئل عن رجل ذبح دجاجة فأبان رأسها قال يأكلها: قيل والذي بان منها أيضاً؟ قال: نعم. قال البخاري قال ابن عمر وابن عباس: إذا قطع الرأس فلا بأس به. وبه قال عطاء والحسن والنخعي والشعبي والزهري والشافعي وإسحاق وأبو ثور وأصحاب الرأي وذلك لأن قطع ذلك العضو بعد حصول الذكاة فأشبه ما لو قطعه بعد الموت. المعنى ابن قدمة.
kang mb3link🏾:
Tambahan dr tanwirul qulub shohf 237
ويشترط في قطع ذلك ان يكون دفعة واحدة فلو قطع باكثر كما لو رفع السكين فاعادها فورا او القاها لكللها واخذ غيرها او سقطت منه فاخذها او قلبها وقطع ما بقي وكان فورا حل ولا يشترط وجود الحياة المستقرة في دفعة الفعل الثاني الا ان طال الفصل بين الفعلين فلا بد من وجود الحياة المستقرة اول الفعل الثاني
ALFADL :
Dalam menyembelih yang harus terputus adalah hulqum atau mari' dan wadajain. Maka disunnahkan untuk mencukupkan itu saja.
Kesimpulan
Secara umum Hukumnya boleh namun ketika tidak ada kemaslahatan dalam pemenggalan tersebut maka hukumnya makruh tapi tetap halal di makan dan ueenak tentunya.
Sumber by dasi on wa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar