*MENU DASI*_
_*one day three problems*_
Pertanyaan dari:
Keluarga DASI: _KHODAME YAI_
tema: MUNAKAHAT
Judul: UKURAN MAHAR
*DESKRIPSI MASALAH*
*Deskripsi*
Zuad laki2 yg sangat mencintai Zuadah (wanita cantik dari desa seberang). Zuad memberanikan diri melamar Zaudah, Zaudah menerima lamaran Zuad *asal mahar sesuai dg apa yang diminta Zuadah.* Zuad meng *iya*kan permintaan Zuadah karna rasa cintanya. Ternyata ketika akan mendekati hari pernikahan mahar yang diminta Zuadah belum bisa dipenuhi (Zuadah meminta mahar 1 jt, Zuad baru mengumpulkan 500r ). Tetapi, Zuad berjanji akan memenuhinya setelah mereka menikah.
Ternyata, sampai mereka memiliki 1 anak, Zuad belum bisa memenuhi mahar tersebut.
*pertanyaan*
1. Bolehkah mahar dihutang , dan bagaimana pengucapan ijab qobulnya?
2. Jika belum bisa melunasi hutang mahar, apa pernikahan mereka gagal?
3. Bolehkah Zuadah meminta cerai dengan alasan Zuad tidak bisa memenuhi mahar?
_*disajikan pada*_
Rabu, 20 september 2017
Pukul: .14.30-16.30wib
*DASI*
Kang heru
1.boleh, pengucapan dgn mahar di hutang.
2.pernikahan tidak gagal tp
tetap di wajibkan membayar mahar kecuali istri mengiklaskan ( itu lbh baik )
3.jika alasan nikah cm mengejar materi maka syah menuntut cerai.....ibaroh nderek gus fikei. 👇🏼
وَالْمَهْرُ لَيْسَ شَرْطًا فِي عَقْدِ الزَّوَاجِ وَلاَ رُكْنًا عِنْدَ جُمْهُورِ الْفُقَهَاءِ ، وَإِنَّمَا هُوَ أَثَرٌ مِنْ آثَارِهِ الْمُتَرَتِّبَةِ عَلَيْهِ
“Menurut mayoritas fuqaha` mahar bukanlah salah satu syarat dalam akad nikah, bukan juga salah satu rukunnya. Tetapi mahar hanyalah merupakan salah satu konsekwensi logis yang timbul karena akad nikah tersebut. (Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, cet ke-2, Kuwait-Dar as-Salasil, 1404 H-1427 H, juz, 24, h. 24)
Cak moet
إعانة الطالبين (3/ 347)ويسن أيضا أن لا يدخل بها حتى يدفع شيئا من الصداق خروجا من خلاف من أوجبه قال بعضهم وحكمة ذلك أن الله تعالى لما خلق حواء اشتقا لها آدم ومد يده إليها فلقال الله له يا آدم حتى تؤدي مهرها قال وما مهرها قال مهرها أن تصلي على محمد صلى الله عليه وسلم ألفا في نفس واحد فصلى خمسمائة مرة فتنفس فقال يا آدم الذي صليته هو مقدم الصداق والذي بقي عليك هو مؤخره وفي رواية إن الله تعالى لما خلق حواء قال له آدم يا رب زوجني من حواء فقال له يا آدم حتى تعطيني مهرها قال وما مهرها يا رب قال مهرها أن تصلي على محمد حبيبي مائة مرة في نفس فصلى آدم سبعين مرة ثم انقطع نفسه فقال له الرب لا بأس عليك الذي صليته مقدم المهر والذي بقي عليك مؤخره فلذلك تجد بعض الناس يقدمون النصف ويؤخرون النصف وبعضهم يقدم نحو الثلثين ويؤخر نحو الثلث وهو الأغلب المتعارف بيننا الآن في هذه الأزمان
Disunnahkan juga agar suami tidak menyetubuhi istri sehingga memberi sebagian mahar, disunnahkan tersebut karena keluar dari pendapat yang mewajibkan menyebutkan mahar disaat aqadsebagian ulama' berkata hikmahnya mahar yaitu disaat Allah menciptakan hawa maka adam sangat suka dan mengulurkan tangan untuk menyentuhnya maka Allah berfirman padanya wahai adam sehingga kamu memberi mahar padanya, adam bertanya, apa maharnya? Allah menjawab bacalah sholawat pada Muhammad 1000x pada 1 nafas, lalu adam membaca sholawat sampai 500x terus bernafas, lalu Allah berfirman, sholawat yang engkau baca itu adalah permulaan mahar dan yang sisanya adalah pelunasan mahardan dalam suatu riwayat, ketika Allah menciptakan hawa maka adam berkata, ya Tuhan nikahkanlah aku pada hawa, lalu Allah berfirman hai adam sehingga kau memberi mahar padanyaadam bertanya apa maharnya ya Tuhanku? Allah berfirman maharnya adalah kamu baca sholawat pada kekasihku Muhammad 100x dalam 1 nafas. lalu adam membaca sholawat sampai 70x lalu bernafas, maka Allah berfirman, tidak mengapa, sholawat yang telah kau baca itu adalah permulaan mahar dan sisanya adalah pelunasan mahar, oleh karena itu sebagian manusia pada melakukan/ menemukan mengeluarkan separo dulu dan yang separo itu menyusulsebagian lagi ada yang membayar 2/3 dulu sedangkan yang 1/3 nya lagi dibayar belakangan dan ini adalah kewajaran yang terjadi diantara kita dizaman sekarang. Wallaahu A'lam.
Santrimbelink:
Kalo mahar sdh dibayar meski hanya sebagian tdk mempengaruhi pada hukum njima' n pernikahannya tetep sah
Kang abdul shiddiq
DLM BAB 5 PSL 31 KHI PENENTUAN MAHAR BERDASARKAN ATAS KESEDERHANAAN DAN KEMUDAHAN YG DIANJURKAN DLM ISLAM. PSL 34 AYAT 2 KELALEAN MYEBUT JENIS DAN JUMLAH MAHAR PD WAKTU AKAD NIKAH TIDAK MENYEBABKAN BATALNYA PERKAWINAN, BEGITUPULA DLM MASIH TERHUTANG TIDAK MENGURANGI SAHNYA PERKAWINAN, .....PSL 37 APABILA SELISIH PENDAPAT MENGENAI JENIS DAN NILMAHAR YG DITETAPKAN, PENYELESAIANNYA KE PENGADILAN AGAMA
Santrimbelink:
ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺠﻤﻬﻮﺭ : ﻻ ﻳﻔﺴﺪ اﻟﻌﻘﺪ ﺑﺎﻟﺰﻭاﺝ ﺑﺪﻭﻥ ﻣﻬﺮ، ﺃﻭ ﺑﺎﺷﺘﺮاﻁ ﻋﺪﻡ اﻟﻤﻬﺮ، ﺃﻭ ﺑﺘﺴﻤﻴﺔ ﺷﻲء ﻻ ﻳﺼﻠﺢ ﻣﻬﺮا؛ ﻷﻥ اﻟﻤﻬﺮ ﻟﻴﺲ ﺭﻛﻨﺎ ﻓﻲ اﻟﻌﻘﺪ ﻭﻻ ﺷﺮﻃﺎ ﻟﻪ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺣﻜﻢ ﻣﻦ ﺃﺣﻜﺎﻣﻪ، ﻓﺎﻟﺨﻠﻞ ﻓﻴﻪ ﻻ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ اﻟﻌﻘﺪ. ﻭﻫﺬا ﻫﻮ اﻟﺮاﺟﺢ،
Fiqhul islam wa adillatuh juz 9 shohf 6570
Kurangnya pembayaran mahar tdk merusak pada hukum sah pernikahan,krna mahar bukan trmasuk syarat n rukun aqad nikah,istri cukup meminta kekurangan mahar tsb n sbg kewajiban suami untuk melunasi hutang maharnya,atau istri bs cukup mengikhlasknnya
Dasi Kang Kenz:
Istri tidak wajib memenuhi kemauan suami untuk mlakukan ehem"..
Mafhum mukholafah ibaroh di atas👆.
1.boleh..mengucapkan qobulnya yo menyertakan hutangnya.
2.tidak .ibaroh di atas.
3.??
kesimpulan*
*1.boleh dihutang n saat qobul diucapkan hutangnya*
*2.tidak berpengaruh pada keabsahan nikahnya*
*3.tdk boleh,cukup minta suami melunasi hutang maharnya atau lebih mesra diikhlaskan saja*
Sumber by dasi on wa
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
Hukum Praktek Sholat dalam keadaan Haid (Hadats) DASI One day three problems Pertanyaan dari: Keluarga dasi:Murokabah Tema: Judul: ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar