[24/8 09:37] Mbah Majnun: *_MENU DASI_*
_*One Day Three Problems*_
Pertanyaan Dari :
Keluarga DASI : kang septa
Tema : fiqih sholat
*deskripsi masalah*
karena ada sebagian teman saya yang berkeyakinan apabila sudah melaksanakan sholat ied tidak wajib shalat Jum'at, hanya shalat dzuhur saja.
*pertanyaan*
1.Bagaimana hukum shalat Jum'at jika bertepatan dg hari Raya idul Fitri???
2.Apakah yang sudah melaksanakan shalat Ied wajib melaksanakan shalat Jum'at?
*_Disajikan Pada_:*
Kamis, 24 agustus 2017.
Pukul: 09:30-11:30 WIB.
*DASI*
Dasi Kg Jirin:
Ketika hari raya bertepatan pada hari jum'at.
Monggo disimpulkan.
Bagi orang yang tergolong ahl al-Balad
(penduduk setempat) menurut kesepakan ulama tetap diwajibkan menjalankan shalat jumat, sedang orang-orang yang tergolong ahl al-Qura dan al-Bawaadi (penduduk pedalaman) ada pendapat ulama yang menyatakan gugur kewajiban shalat jumahnya dengan syarat apabila setelah ia mengerjakan shalat Ied dan pulang ketempat tinggalnya masing-masing sebelum tergelincirnya matahari dan bila ia kembali kemasjid lagi untuk menunaikan shalat jumat mereka sudah tidak dapat mengiluti pelaksanaan shalat jumat.
(مسألة) : فيما إذا وافق يوم الجمعة يوم العيد ففي الجمعة أربعة مذاهب ، فمذهبنا أنه إذا حضر أهل القرى والبوادي العيد وخرجوا من البلاد قبل الزوال لم تلزمهم الجمعة وأما أهل البلد فتلزمهم ، ومذهب أحمد لا تلزم أهل البلد ولا أهل القرى فيصلون ظهراً ، ومذهب عطاء لا تلزم الجمعة ولا الظهر فيصلون العصر ، ومذهب أبي حنيفة تلزم الكل مطلقاً ، اهـ من الميزان الشعراني.
MASALAH
Dalam pembahasan “SAAT HARI JUMAT BERTEPATAN DENGAN HARI RAYA” Maka dalam kewajiban pelaksaan menunaikan shalat jumat terdapat empat madzhab :
▪Madzhab kami (syafi’iyyah) bila penduduk desa dan pedalaman menjalankan shalat Ied dan keluar dari desa sebelum tergelincirnya matahari maka tidak wajib bagi penduduk pedalaman mengerjakan shalat jumat sedang bagi penduduk desa masih diwajibkan mengerjakannya.
▪Madzhab Imam Ahmad, bagi penduduk desa dan pedalaman tidak berkewajiban menjalankan shalat jumat, kerjakanlah shalat dhuhur.
▪Madzhab Imam ‘Atha’ tidak diwajibkan bagi mereka menjalankan shalat Jumat juga shalat dhuhur, kerjakanlah shalat Ashar.
▪Madzhab Abu Hanifah, semua shalat masih diwajibkan bagi mereka. (al-Miizaan as-Sya’rooni). [ Bughyah al-Mustarsyidiin I/187 ].
فرعإذا وافق يوم العيد يوم جمعة وحضر أهل القرى الذين يبلغهم لصلاة العيد وعلموا أنهم لو انصرفوا لفاتتهم الجمعة فلهم أن ينصرفوا ويتركوا الجمعة في هذا اليوم على الصحيح المنصوص في القديم والجديد. وعلى الشاذ عليهم الصبر للجمعة.
[ SUB BAHASAN ] Bila hari raya bertepatan dengan hari jumah dan penduduk desa yakni mereka-mereka yang mendengan seruan shalat Ied dan mereka yakin andaikan mereka membubarkan diri (meninggalkan masjid dan pulang kerumah masing-masing) mereka akan ketinggalan shalat maka bagi mereka diperkenankan membubarkan diri dan meninggalkan shalat jumah dihari seperti ini menurut pendapat yang shahih, sedang menurut pendapat yang SYADZ (ganjil) bagi mereka wajib menunggu pelaksanaan shalat jumat. [ Raudhah at-Thoolibiin I/173 ].
Kembali kepada sunah RasulNya? ada sebuah hadits dari Zaid bin Arqam :
لِخَبَرِ زَيْدِ بن أَرْقَمَ قال اجْتَمَعَ عِيدَانِ على عَهْدِ رسول اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم في يَوْمٍ وَاحِدٍ فَصَلَّى الْعِيدَ في أَوَّلِ النَّهَارِ وقال يا أَيُّهَا الناس إنَّ هذا يَوْمٌ اجْتَمَعَ لَكُمْ فيه عِيدَانِ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَشْهَدَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ رَوَاهُ أبو دَاوُد وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَ إسْنَادَه
Hadits dari Zaid bin Arqom berkata : telah berkumpul dua Ied (jumat dan hari raya) pada masa Rosulullah saw pada satu hari itu, maka Beliau shalat ied di awal siang, Beluau bersabda : "para hadirin, pada hari ini bertemu dua hari raya (jum'at dan ied) barang siapa suka menghadiri jum'at bersama kami maka hadirilah, dan barang siapa yang suka memilih pulang (tidak shalat jumat) maka pulanglah. Diriwayatkan oleh abu dawud dan hakim dan menshahihkan isnadnya.
[24/8 11:14] Santrimbelink👳🏾: Menurut pendapat syafiiyah wajib bagi mereka yg rumah nya dekat dg masjid,yg sekiranya masih bs mendengar seruan jumat dr masjud tsb..dan tidak wajib bagi mereka yg jauh rumahnya dr masjid..tp kalo meliat kondisi zaman skrg rata2 setiap kampung ada masjidnya maka kembali ke hukum awal tetap wajib melaksanakan sholat jumat...
Santrimbelink👳🏾:
Dalam majmu imam an nawawi shohf 359
( وأما الأحكام ) فقال الشافعي والأصحاب : إذا اتفق يوم جمعة يوم عيد وحضر أهل القرى الذين تلزمهم الجمعة لبلوغ نداء البلد فصلوا العيد لم تسقط الجمعة بلا خلاف عن أهل البلد ، وفي أهل القرى وجهان : الصحيح المنصوص للشافعي في الأم والقديم : أنها تسقط ( والثاني ) : لا تسقط ، ودليلها في الكتاب ، وأجاب هذا الثاني عن قول عثمان ونص الشافعي فحملهما على من لا يبلغه النداء
قال الشافعي والاصحاب اذااتفق يوم جمعة يوم عيدوحضراهل القرى الذين تلزمهم الجمعة لبلوغ نداء البلدفصلواالعيدلم تسقط الجمعة بلا خلاف عن اهل البلد
Imam Syafi'i berkata; Apabila hari jumat bertepatan dgn hari Raya,lalu penduduk desa yang berkewajiban jumat datang ke masjid mengerjakan shalat ied,maka kewajiban shalat jumat tidak gugur tanpa ada perbedaan pendapat ulama
*Kesimpulan*
*Tetap berkewajiban melaksanakan sholat jumat n sholat ied*
Sumber by dasi on wa
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
Hukum Praktek Sholat dalam keadaan Haid (Hadats) DASI One day three problems Pertanyaan dari: Keluarga dasi:Murokabah Tema: Judul: ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar