_*MENU DASI*_
_*One Day Three Problems*_
Pertanyaan dari=>
Keluarga DASI : Al-Faqir
Tema :
*Deskripsi masalah*
Dengan kebiasaan rutin tahunan biasanya di masjid desa saya ada santunan Anak yatim, Janda, dan Faqir miskin.
*Pertanyaan*
1. Bgaimana jika anak yg bukan yatim tpi ikut serta agar dapat santunan.
2. Bagimana jika Seorang janda yang kaya, mampu, dan dapat pensiunan perbulan tapi juga ikut serta agar dpat santunan pula.
3.Apakah mereka termaauk orang yg berhak mendapatkan Santunan tersebut...?
_*Disajikan pada*_:
Selasa,26 September 2017
Pukul: 20:00-22:00 WIB
*DASI*
Kang muhajirin
قوت الحبيب الغريب ص ١٠٧.
ويقال ايضا زكاة الفطر لانها وجبت على الخلقة *تزكية للنفس أي تظهيرا وتنمية لعملها*(وتجب زكاة الفطر ويقل لها زكاة الفطر أي الخلقة) *وزكاة الصوم وزكاة البدن وصدقة الفطر*..
Intinya,
zakat fitrah itu bukan hnya untuk yg baligh saja, pada keumuman untuk pensucian diri dan perluasan amal.
Cak moet
Biasanya santunan untuk anak Yatim, Piatu, Yatim-piatu dan non Yatim tapi dhu'afa.
Karena anak Yatim belum tentu miskin.
Presiden Ludruk🤓::
1. Tidak masalah. Asal memenuhi syarat sah penerimaan santunan. Seperti faqir miskin. Kurang mampu.
2. Kurang enak dilihat
Karena masih banyak yang lebih berhak menerimanya.
3. Nomor 2 tidak termasuk.
Kang muhajirin
Biasanya,uang itu ditujukan untuk anak yatim,jika pemberi menentukan santunannya untuk anak yatim,maka tidak bisa diberikan pada selain yatim.
Kang kenz alfaqier
فالغنيُّ يحرُم أخذُه للصدقة؛ لقوله - صلَّى الله عليه وسلَّم -: ((لا تحلُّ الصدقة لغنيٍّ، ولا لذي مِرَّةٍ سَوِيٍّ))
صحيح: رواه أبو داود (1633)،
والترمذي (652)، والنسائي (5/99)، وابن ماجه (1839).
Nitip..
Kang muhajirin
Jika santunanya ditentukan pada yatim,faqir dan miskin,maka tidak boleh diberikan kepada selainya.
Hasyiyah albujayrami alal manhaj :
ولو قال : خذ هذا واشتر لك به كذا تعين ما لم يرد التبسط أي أو تدل قرينة حاله عليه كما مر ؛ لأن القرينة محكمة عليه ، ومن ثم قالوا لو أعطى فقيرا درهما بنية أن يغسل به ثوبه أي وقد دلت قرينة على ما ذكر تعين ا هـ ع ش
Kang afees
Karna dalam hal santunan tidak dipandang menurut asnaf, saya rasa itu terserah kebijakan para panitia santunan...
Maaf tak punya referensi, hanya menurut logika saja😊
Kang kenz alfaqier
فقال الشافعي: لا تحل له الصدقة. وكذلك قال إسحاق بن راهوية وأبوعبيد، وقال أصحاب الرأي: يجوز له أخذ الصدقة إذا لم يملك مائتي درهم فصاعداً -انتهى. وقال ابن قدامة (ج2:ص166)
Santri Mbelink:
من يأخذ مع الغنى خمسة؛ العامل، والمؤلف قلبه، والغازي، والغارم لإصلاح ذات البين، وابن السبيل الذي له اليسار في بلده
Diantara 5 org kaya yg boleh menerima zakat atau santunan
Keterangan al mughni juz 6
Orang yang berhak menerima zakat meskipun kaya, ada lima: Amil, muallaf, orang yang berperang, orang yang kelilit utang karena mendamaikan sengketa, dan Ibnu Sabil yang memiliki harta di kampungnya
Kang kenz alfaqier
Untuk santunan/shodaqoh memang tidak ada ashnaf tertentu.
Tapi dari keterangan diskripsi di tentukan pnerimanya.
Jadi yg skiranya di luar ketentuan diskripsi tidak berhak mnerima santunan trsbut.
*kesimpulan*
*1.jika anak tsb tergolong fuqoro masakin maka berhak atas santunan,jika tdk maka bukan trmasuk mustahiq*
*2.tidak boleh*
*3.kembali jawaban nomer 1 & 2*
Sumber by dasi on wa
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
Hukum Praktek Sholat dalam keadaan Haid (Hadats) DASI One day three problems Pertanyaan dari: Keluarga dasi:Murokabah Tema: Judul: ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar