Senin, 04 September 2017

HUKUM MERENOVASI MASJID KARENA MENGIKUTI TREN ZAMAN


DASI
one day three problems

Pertanyaan dari:
Keluarga dasi: kang abdulloh
Tema :
Judul :

Deskripsi masalah
Di zaman yang serba maju ini, kebudayaan masyarakat berkembang pesat. Gedung-gedung mewah menjulang tinggi dengan berbagai gaya dan model. Perkembangan kebudayaan ini juga berimbas pada sarana peribadatan, seperti masjid. Karena alasan mengikuti perkembangan zaman, tidak sedikit masjid kuno yang dibongkar dan direnovasi.

Pertanyaan:
1.Apakah di perbolehkan membongkar masjid dengan alasan tersebut?

2. Jika tidak boleh, apakah ada qoul yg memperbolehkan ? Menginggat fenomena ini banyak terjadi di masyarakat.

3. Jika tak ada qoul yg memperbolehkan terus bagaimana jika masjidnya sudah terlanjur di bongkar dan di bangun kembali ? ( apa harus di kembalikan bentuk semula atau gimana ?)

Menu makan siang
Pukul : 09:30-11:30 wib
Rabu,19 Juli 2017
DASI

Mbak-eL:
Dibongkar untuk direnovasi

‬DASI Fadlunnuha :
Jika renovasi utk menambah kapasitas atau volume jamaah boten nopo2

Urun sekedik
تنبيه : لا بجوز تغيير شئ من عين الوقف و لو لارفع منها فان شرط الواقف العمل بالمصلحة اتبع شرطه ، و قال السبكي يجوز تغيير الوقف بشروط ثلاثة ان لا يغير مسماه ، و ان يكون مصلحة له كزيادة ريعه ، و ان لا تزال عبنه فلا يضر نقلها من جانب الى اخر
Tidak boleh merubah sedikitpun dari bangunan wakaf meskipun untuk yang lebih baik. Apabila pihak pewakaf meminta syarat perbaikan,maka harus dipenuhi.Menurut Assubki boleh merubah bentuk wakaf dgn 3 syarat, yaitu
1. Tidak merubah status nama
2. Untuk kemaslahatan wakaf
3. Tidak menghilangkan bangunan fisiknya, sehingga jika sekedar menggesernya ke posisi lain di area yg sama diperbolehkan.
Hasyiyah al-Qulyubijuz 3 hal 108

Menurut Imam ibn Abidin dari madzhabHanafi boleh apabila yang membangun adalah penduduk setempat dengan dana diambil dari harta mereka sendiri bukan dari kas masjid kecuali ada perintah dari Qadhi (pemerintah
)( وَيَجُوزُ تَجْدِيدُ بِنَاءِ الْمَسْجِدِ لِمَصْلَحَةٍ ) لِحَدِيثِ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ قَالَ لَهَا { لَوْلَا أَنَّ قَوْمَكِ حَدِيثُ عَهْدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ لَأَمَرْتُبِالْبَيْتِ فَهُدِمَ ، فَأَدْخَلْتُ فِيهِ مَا أُخْرِجَ مِنْهُ ، وَأَلْزَقْتُهُ بِالْأَرْضِ وَجَعَلْتُلَهُ بَابَيْنِ بَابًا شَرْقِيًّا، وَبَابًا غَرْبِيًّا، فَبَلَغْتُبِهِ أَسَاسَ إبْرَاهِيمَ } رَوَاهُ الْبُخَارِيّ
ُKisyaaf al-Qinaa’ 14/489
ويجوز توسيع المسجد وتغيير بنائه بنحو رفعه للحاجة بشرط إذن الناظر من جهة الواقف ، ثم الحاكم الأهل ، فإن لم يوجد وكان الموسع ذا عدالة ورآه مصلحة بحيث يغلب على الظن أنه لو كان الواقف حياً لرضي به جاز ، ولا يحتاج إلىإذن ورثة الواقف إذا لم يشرط لهم النظر ،
Bughyah al-Mustarsyidiin I/131
ولا ينقض المسجد إلا إذا خيف على نقضه فينقض يحفظ أو يعمر به مسجدآخر إن رآه الحاكم
 حدثنا محمد بن عبد الله الخزاعي حدثنا حماد بن سلمة عن أيوب عن أبي قلابة عن أنس وقتادة عن أنس أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لا تقوم الساعة حتى يتباهى الناس في المساجد

Artinya: adalah salah satu indikator tejadinya kiamat jikalau manusia sudah saling berbangga-bangga dalam bangunan Masjid

Hamba Allah:
 ( حتى يتباهى الناس في المساجد ) أي يتفاخر في شأنها أو بنائها يعني يتفاخر كل أحد بمسجده ويقول مسجدي أرفع أو أزين أو أوسع أو أحسن رياء وسمعة [ ص: 91 ] واجتلابا للمدحة . قال ابن رسلان : هذا الحديث فيه معجزة ظاهرة لإخباره صلى الله عليه وسلم عما سيقع بعده فإن تزويق المساجد والمباهاة بزخرفتها كثر من الملوك والأمراء في هذا الزمان بالقاهرة والشام وبيت المقدس بأخذهم أموال الناس ظلما وعمارتهم بها المدارس على شكل بديع نسأل الله السلامة والعافية انتهى . قال المنذري : والحديث أخرجه النسائي وابن ماجه .

Hamba Allah :
Para manusia saling membanggakan bentuk dan keadaan dan bentuk masjid seperti:masjidku lebih tinggi, lebih indah, lebih luas karena riya' dan menarik untuk dipuji. Hal itu sering terjadi pada zaman sekarang oleh para pemerintah di syam, kairo mesir ,baitul muqoddas...

Mbah mudz:
Kisyaaf al-Qinaa’ 14/489
( وَيَجُوزُ تَجْدِيدُ بِنَاءِ الْمَسْجِدِ لِمَصْلَحَةٍ ) لِحَدِيثِ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهَا { لَوْلَا أَنَّ قَوْمَكِ حَدِيثُ عَهْدٍ بِجَاهِلِيَّةٍ لَأَمَرْتُ بِالْبَيْتِ فَهُدِمَ ، فَأَدْخَلْتُ فِيهِ مَا أُخْرِجَ مِنْهُ ، وَأَلْزَقْتُهُ بِالْأَرْضِ وَجَعَلْتُ لَهُ بَابَيْنِ بَابًا شَرْقِيًّا ، وَبَابًا غَرْبِيًّا ، فَبَلَغْتُ بِهِ أَسَاسَ إبْرَاهِيمَ } رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.

Hamba Allah :
Boleh ktka ada hajat/maslahah.
Bughyatul mustarsyidin hal 65. Masalah kaf. Mahalusyahid: wayajuuzu tausi'ul masjidi ila akhirihi. Dan dprbolehkan melebarkan msjd n merenovasinya sprti halnya meninggikan msjd krna adanya hajat dg syarat harus ada izin dr nadhir dr arah2 waqif, bila tdk ada nadhir mka hrs ada izin dr hakim yg yg ahli. Maka apabila izin tsb tdk ditemukan n org yg akan merenovasinya itu adlh org yg adil n ia mlht adanya maslahat (bila renovasi jd dilakukan) dg sekira ia mmpunyai anggapan apabila siwaqif msh hidup pastilah ia meridloinya, maka renovasi tsb tetap diperbolehkan

Ngapunten menawi penjelasane radi mbulet, monggo koreksinipun😅🙏

Mbah mudz:
Ngapunten.... Mengikuti peradaban atau perkembangan zaman menurut saya termasuk maslahah ugi...

Kang Ireng :
Kebanyakan mengikuti perkembangan zaman.
Melihat realita yg ada kapasitasnya tetep sama. Hanya ketika membangun di tambahi tingkat walaupun tingkatnya gk pernah terpakai sebab lantai yg bawah sudah mencukupi untuk menampung jamaah.
Walaupun juga ada yg merenovasinya sebab tidak mampu memuat jamaah yg ada sebab saking banyaknya jamaah yg ada.

Di sini dengan apapun alasan yg ada baik dr sail atau sepengetahuan njenengan sedoyo.
jika mau menafsil monggo di tafsil jika tidak njih monggo

Hamba Allah :
Berarti tinggal mengetahui tujuan pembangunanya mengikuti perkembangan zamanya kalau karena malu sama masjid2 sebelah,sehingga ada unsur riya', sum'ah,untuk dipuji maka hukumnya harom.tapi kalau tujuan mengikuti perkembangan zamanya tidak ada unsur2 diatas maka hukumnya diperbolekan karena masuk dalam kategori hajat dan maslahat إنماالامور بمقاصدها
[19/7 10.59] Presiden Ludruk🤓:: 1. Boleh

(Masjid yang biasanya dilarang bongkar pasang. Itu salah satu sebab memenuhi amanah pendiri utama. [Yang mengagungkan sesepuh daerah tersebut] Jadi hanya menembel yang bolong. Tanpa harus membongkar.)

Presiden Ludruk🤓:
Miturute simbah kulo. Ada masjid yang dilarang dibongkar pasang. Tetapi hanya di tembel apabila ada yang bolong. (Renovasi..) nama masjid tersebut SAKA Di banyumas jateng. Yang dulunya hanya 1 tiang dan berlarutnya waktu sesepuh sudah seda direnovasi tiang ditambah dan ditambal2.

Butuh kenyamanan. Ketenangan dalam beribadah. Bersinggah dimasjid.
Itu bisa dipastikan membangun masjid yang berlebihan dan wah-wahan. Itu malah bagus... jadi bukan karena zaman saja.
[Kalau deskripsi mnurut haya,hanya mngikuti kemajuan zaman yg serba mewah,ahirnya masjidpun direnovasi agar ikut mewah,biar mnyamai bngunn lain.

Pmahaman saya itu hanya takut ketinggalan zaman atau biar gk dsebut bangunan clasik.

Muhajirin :
Syarat syarat yg memperbolehkan merenovasi masjid.

Dalam madzhab syafi'i tidak boleh merubah waqof, kecuali :
- ada unsur maslahat
- tidak sampai merubah nama
- tidak menghilangkan sedikitpun barang waqof
Tapi ada sedikit dari kalangan syafi'i seperti imam 'Ujail dan Abu Syukail yang memperbolehkan merubah waqof jika ada unsur maslahat tanpa qoyyid yaitu merubah nama dan menghilangkan barang waqof. Sedang dalam madzhab Hanbali boleh merobhkan masjid lalu di bangun jika ada unsur maslahat.

تَنْبِيهٌ: لَا يَجُوزُ تَغْيِيرُ شَيْءٍ مِنْ عَيْنِ الْوَقْفِ, وَلَوْ لِأَرْفَعَ مِنْهَا فَإِنْ شَرَطَ الْوَاقِفُ الْعَمَلَ بِالْمَصْلَحَةِ اُتُّبِعَ شَرْطُهُ, وَقَالَ السُّبْكِيُّ: يَجُوزُ تَغْيِيرُ الْوَقْفِ بِشُرُوطٍ ثَلَاثَةٍ أَنْ لَا يُغَيَّرَ مُسَمَّاهُ, وَأَنْ يَكُونَ مَصْلَحَةً لَهُ كَزِيَادَةِ رِيعِهِ, وَأَنْ لَا تُزَالَ عَيْنُهُ فَلَا يَضُرُّ نَقْلُهَا مِنْ جَانِبٍ إلَى آخَرَ. نَعَمْ يَجُوزُ فِي وَقْفِ قَرْيَةٍ عَلَى قَوْمٍ إحْدَاثُ مَسْجِدٍ وَمَقْبَرَةٍ وَسِقَايَةٍ فِيهَا.  حاشية القليوبي و عميرة ج 3 ص 108
(وقيل يجوز أنْ يهدم المسجد ويجدد بناؤه لمصلحة. نصّ عليه). وقال تارة في مسجد له حائط قصير غير حصين، وله منارة: لا بأس أنْ تهدّم وتجعل في الحائط لئلا يدخله الكلاب. ويأتي في الوقف.
كشاف القناع ج 2 ص 374

(وَيَجُوزُ أَنْ يُهْدَمَ مَسْجِدٌ وَيُجَدَّدَ) بِنَاؤُهُ (لِمَصْلَحَةٍ) كَضِيقِهِ بِأَهْلِهِ (نَصًّا), وَقَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ فِي مَسْجِدٍ لَهُ حَائِطٌ قَصِيرٌ غَيْرُ حَصِينٍ, وَلَهُ مَنَارَةٌ, لَا بَأْسَ أَنْ تُهْدَمَ وَتُجْعَلَ فِي الْحَائِطِ, لِئَلا يَدْخُلَهُ الْكِلَابُ.
مطالب أولى النهى
فقد استظهر في فتاويه رأي القائلين بجواز تغيير الوقف للمصلحة حيث بقي الإسم ونقل اسمه عن الخادم وابن الرفعة والقفال ومنهم الامامان عجيل والإمام أبو شكيل فقد أطلق الجواز ولم يقيده بشيء بل نقل بعضهم عنهما عدم التقييد ومنهم الشيخ أحمد ابن عبد الله بلجج  النص الوارد تجديد المساجد ص 13-14 مذهب المؤلف شافعي
(إن أسس مسجد ثم أريد الزيادة فيه,أو كان صغيرا و أريد كبره جاز,وإن بهدمه)كله وإن للمحراب كما هدم المسجد الدائر بالكعبة كله ووسع كما هو الآن,وهو القول الصحيح,وقيل:يجوز هدمه للزيادة من خلف ولا هدمه من غير خلفه,وقيل يجوز من كل جانب إلا أمامه,وقيل إلا محرابه.  
شرح النيل و شفاء العليل ج 5 ص 244

# dapat izin dari nadhir atau hakim yg ahli.
Boleh memperluas masjid dan merubah bangunannya,seperti mempertinggi bangunan karena ada hajat dengan syarat dapat izin dari nadzir,kemudian hakim yang ahli,jika tidak ditemukan nadzirnya,sedangkn orang yang mmbangun adalah orang adil dan juga melihat ada kemaslahatan,dan punya prasangka andai si waqif masih hidup itu setuju maka boleh untuk merehab/merenovasi/mmperluas masjid tersebut.
Lihat Bughyah al-Mustarsyidiin, hal. 65 :
ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺗﻮﺳﻴﻊ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺗﻐﻴﻴﺮ ﺑﻨﺎﺋﻪ ﺑﻨﺤﻮ ﺭﻓﻌﻪ ﻟﻠﺤﺎﺟﺔ ﺑﺸﺮﻁ ﺇﺫﻥ ﺍﻟﻨﺎﻇﺮ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ ﺍﻟﻮﺍﻗﻒ ، ﺛﻢ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﺍﻷﻫﻞ ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻮﺟﺪ ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﻮﺳﻊ ﺫﺍ ﻋﺪﺍﻟﺔ ﻭﺭﺁﻩ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﺑﺤﻴﺚ ﻳﻐﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻈﻦ ﺃﻧﻪ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻮﺍﻗﻒ ﺣﻴﺎً ﻟﺮﺿﻲ ﺑﻪ ﺟﺎﺯ ، ﻭﻻ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺇﺫﻥ ﻭﺭﺛﺔ ﺍﻟﻮﺍﻗﻒ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺸﺮﻁ ﻟﻬﻢ ﺍﻟﻨﻈﺮ،

Diperbolehlan memperluas dan merenovasi bangunan masjid karena ada hajat dengan syarat dapat idzin dari nadzir atau hakim jika tidak ada nadzir,kemudian jika keduanya tidak ada maka boleh dengan syarat yang penting ada maslahat.
(مسألة: ك): يحرم تطيين المسجد بالآجر النجس ، ويكره بناؤه به، ونص بعضهم على الحرمة أيضاً، ويجوز توسيع المسجد وتغيير بنائه بنحو رفعه للحاجة بشرط إذن الناظر من جهة الواقف، ثم الحاكم الأهل، فإن لم يوجد وكان الموسع ذا عدالة ورآه مصلحة بحيث يغلب على الظن أنه لو كان الواقف حياً لرضي به جاز، ولا يحتاج إلى إذن ورثة الواقف إذا لم يشرط لهم النظر، ولو وقف ما حواليه مرافق له جاز توسيعه منه أيضاً إن شرط الواقف التوسيع منها عند الحاجة أو اطرد به عرف، لأن العادة المقترنة بالوقف منزلة منزلة شرطه، وكذا إن جعل لمن تولاه أن يفعل ما رآه مصلحة، واقتضى نظر المتولي بدلالة الحال ذلك، ولا تصير الزيادة المذكورة مسجداً إلا بالتلفظ بوقفها أو ما قام مقامه، كإشارة الأخرس وكالبناء في الموات بنية المسجدية، نعم يندب تقديم الداخل فيها يمينه والخارج يساره إن ألحقنا موضع الصلاة في ذلك بالمسجد وهو ما بحثه الأسنوي.   بغية المسترشدين ص 42

(مسألة ى) ليس للناظر العام وهو القاضى او الوالى النظر فى أمر الأوقاف وأموال المساجد مع وجود النظر الخاص المتأهل فحينئذ فما يجمعه الناس ويبذلونه لعمارتها بنحو نذر أو هبة وصدقة مقبوضين بيد الناظر أو وكيله كالساعى فى العمارة بإذن الناظر يملكه المسجد ويتولى الناظر العمارة بالهدم والبناء وشراء الآلة والإستئجار فإن قبض الساعى غير النذر بلا إذن الناظر فهو باق على ملك باذله فإن اذن فى دفعه للناظر أو دلت قرينة أو اطردت العادة بدفعه دفعه وصار ملكا للمسجد حينئذ فيتصرف فيه كمامر وإن لم يأذن فى الدفع للناظر فالقابض أمين الباذل فعليه صرفه للأجراء وثمن الآلة وتسليمها للناظر وعلى الناظر العمارة هذا ان جرت العادة أو القرينة أو الإذن بالصرف كذلك ايضا وإلا فان أمكنت مراجعة الباذل لزمت وان لم تمكن فالذى أراه عدم جواز الصرف حينئذ لعدم ملك المسجد لها اذلا يجوز قبض الصدقة الا بإذن المتصدق وقد انتفى هنا وليتفطن لدقيقة وهو ان ما قبض بغير إذن الناظر اذامات باذله قبل قبض الناظر أو صرفه على ما مر تفصيله يرد لوارثه إذ هو باق على ملك الميت وبموته بطل إذنه فى صرفه . اهـ  فتاوى الكبرى الجزء الثالث ص: 275 دار الفكر

membongkar masjid yang masih layak pake tanpa seidzin dari nazhir atau hakim hukumy tidak boleh :

.ويجوز توسيع المسجد وتغيير بنائه بنحو رفعه للحاجة بشرط إذن الناظر من جهة الواقف ثم الحاكم الأهل.بغية المسترشدين ص : ٦٥
لا ينقض المسجد إلا اذا خيف على نقضه فيفقض ويحفظ لتجديد المسجد. إعانة الطالبين ٣/١٨١

Sedangkan dalam madzhab Malikiy dan menurut Imam Ibnu Abidin dari madzhab Hanafiy hukumy boleh dengan syarat yang membangun adalah penduduk setempat dan dari harta mereka sendiri/bukan dari harta milik masjid kecuali ada perintah dari hakim. :
.وأما أهلها فلهم أن يهدم ويجددوا بنائه ويفرشوا الحصير ويعلقوا القناديل لكن من مالهم لا من مال المسجد الا بأمر القاضي. رد المختار ٣/٣٧٠
.وقيل يجوز أن يهدم المسجد ويجدد بناؤه لمصلحة نص عليه.كشاف القناع ٢/٣٧٤

Muhajirin :
Niki kadose pas kalih deskripsi..
Menurut imam ibnu ujail,syekh abdulloh dan abu syaqil yg keduanya memperbolehkan secara mutlaq. Sedangkan menurut ibnu munir,boleh karena alasan supaya tidak dihina(dianggap kuno)

النص ولوارد فى حكم تجديد المساجد. ص 13-24
فقد استظهر في فتاويه رأي القائلين بجواز تغيير الوقف للمصلحة حيث بقي الاسم ونقل مثله عن الخادم وابن الرفعة والقافل ومنهم الامامان عجيل والامام ابو شكيل فقد اطلق الجواز ولم يقيده بشيئ بل نقل بعضهم عنهما عدم التقييد ومنهم الشيخ احمد ابن عبد الله .اھ.
Kesimpulan
1.boleh jika ada unsur maslahat ataupun menambah kapasitas area masjid untuk menampung jamaah yg sdh tdk mencukupi dg syarat ada ijin dr nadzir,waqif,hakim yg ahli dlm melihat unsur maslahat

2.Tidak boleh merubah sedikitpun dari bangunan wakaf meskipun untuk yang lebih baik. Apabila pihak pewakaf meminta syarat perbaikan,maka harus dipenuhi.Menurut Assubki boleh merubah bentuk wakaf dgn 3 syarat, yaitu
A. Tidak merubah status nama
B. Untuk kemaslahatan wakaf
C. Tidak menghilangkan bangunan fisiknya, sehingga jika sekedar menggesernya ke posisi lain di area yg sama diperbolehkan.

3.Tapi ada sedikit dari kalangan syafi'i seperti imam 'Ujail dan Abu Syukail yang memperbolehkan merubah waqof jika ada unsur maslahat tanpa qoyyid yaitu merubah nama dan menghilangkan barang waqof. Sedang dalam madzhab Hanbali boleh merobhkan masjid lalu di bangun jika ada unsur maslahat. 

Nb : Menurut imam ibnu ujail,syekh abdulloh dan abu syaqil yg keduanya memperbolehkan secara mutlaq. Sedangkan menurut ibnu munir,boleh karena alasan supaya tidak dihina(dianggap kuno)

Sumber By. Dasi on WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...