Minggu, 12 Maret 2017

MUAMALAH : HUKUM MENERIMA PEMBAYARAN HUTANG DR UANG HARAM HASIL JUDI

assalamu'alaikum wr.wb


saya ada kawan ,dia ada hutang pada saya sebesar 5jt ..Kawan saya cakap nak bayar hutang dengan menyicil,, esoknya dia membayar hutang sebesar 3jt Uang tu hasil dia  menang judi Toto
Pertanyaannya ,
Bagaimana hukum membayar hutang hasil judi ?
Dan bolehkah saya menerima uang tersebut walaupun saya tau itu uang haram ?

mohon sangat pencerahannya .. terimakasih

wassalamu'alaikum



Menu makan pagi
Pukul 08:00-10:00 WIB
Ahad, 12 Maret 2017
(DASI)


SANTRIMBELINK
fathul mu'in shohf 258

ﻓﺎﺋﺪﺓ: ﻗﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ: ﻳﻜﺮﻩ اﻷﺧﺬ ﻣﻤﻦ ﺑﻴﺪﻩ ﺣﻼﻝ ﻭﺣﺮاﻡ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ اﻟﺠﺎﺋر ﻭﺗﺨﺘﻠﻒ اﻟﻜﺮاﻫﺔ ﺑﻘﻠﺔ اﻟﺸﺒﻬﺔ ﻭﻛﺜﺮﺗﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻻ ﺇﻥ ﺗﻴﻘﻦ ﺃﻥ ﻫﺬا ﻣﻦ اﻟﺤﺮاﻡ ﻭﻗﻮﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﺤﺮﻡ اﻷﺧﺬ ﻣﻤﻦ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎﻟﻪ ﺣﺮاﻡ ﻭﻛﺬا ﻣﻌﺎﻣﻠﺘﻪ: ﺷﺎﺫ.

ini satu faidah:
imam nawawi dalam kitab almajmu mengatakan: makruh hukum nya bermuamalah dlm arti
 menerima sesuatu pemberian atau sedekah dr seseorang yg ditangan nya ada harta halal dan haram,spt pemerintah yg korupsi,atau pengusaha yg tdk jujur,aplg pemain judi, ukuran kemakruhan nya itu bisa di ukur lewat hartanya,apkh syubhatnya sdkt atau bnyak,dan memang tdk haram menerimanya,selama kt tdk bs meyakini harta yg diberinya itu apkh yg halal atau yg haram, adapun pendapat imam gozali yg mengatakan : haram menerima apapun dr orang yg kebanyakan dr hartanya itu harta haram,dan jg haram bermu'amalah/berhubungan dgn orang itu, pendapat imam gozali ini adalah pendapat syadz,atau menyalahi jumhur

KangBarir:
Sesungguh yg halal itu jelas dan yg haram itu pertelo dan diantara keduanya adalah subhat....

 وسئل ـ رضى الله تعالى عنه ـ بما لفظه لا يخفى ما عليه اليهود والنصارى من بيع الخمور وتعاطي الربا وغير ذلك فهل تحل معاملتهم وهداياهم وتحرم معاملة من أكثر ماله حرام أو لا؟.فأجاب نفعنا الله به بقوله: حيث لم يتحقق حراماً معيناً جازت معاملتهم وقبول هديتهم فإنه قبل هداياهم أما إذا تحقق كان رأي ذمياً يبيع خمراً وقبض ثمنه وأعطاه للمسلم عن دين أو غيره فإنه لا يحل للمسلم قبوله كما قاله الشيخان،

SANTRIMBELINK
Maushu'ah alfiqhiyah juz 34 shohf 244

وَفِي حَدِيثِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال : وَلاَ يَكْسِبُ عَبْدٌ مَالاً مِنْ حَرَامٍ ، فَيُنْفِقُ مِنْهُ فَيُبَارَكُ لَهُ فِيهِ ، وَلاَ يَتَصَدَّقُ بِهِ فَيُقْبَل مِنْهُ ، وَلاَ يَتْرُكُ خَلْفَ ظَهْرِهِ إِلاَّ كَانَ زَادَهُ إِلَى النَّارِ ، وَقَال النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ إِلاَّ كَانَتِ النَّارُ أَوْلَى بِهِ
وَالْحَرَامُ كُلُّهُ خَبِيثٌ ، لَكِنَّ بَعْضَهُ أَخْبَثُ مِنْ بَعْضٍ ، فَإِنَّ الْمَأْخُوذَ بِعَقْدٍ فَاسِدٍ حَرَامٌ

Kalo kita faham betul jelas2 dr barang yg harom dlm hadits diatas jelas diharamkan jg kita menerimanya..
Tambahan dr ianah shohf 214

klo udah nyata dari uang haram maka juga haram

ﻓﺎﺋﺪﺓ ( ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻷﺧﺬ ﻣﻤﻦ ﺑﻴﺪﻩ ﺣﻼﻝ ﻭﺣﺮﺍﻡ ﻛﺎﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﺍﻟﺠﺎﺋﺮ ﻭﺗﺨﺘﻠﻒ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﺑﻘﻠﺔ ﺍﻟﺸﺒﻬﺔ ﻭﻛﺜﺮﺗﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻻ ﺇﻥ ﺗﻴﻘﻦ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ . ﻗﻮﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻥ ﺗﻴﻘﻦ ﺍﻟﺦ ﺃﻯ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ . ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ
Tp jika kita tidak tahu bahwa uang itu hasil dr barang harom maka boleh menerima tp jumhur ulama mengatakan makruh karna termasuk brg syubhat

Ianah juz 3 shohf 9

ويكره بيع ماذكر ممن توهم منه ذلك___ومعاملة من بيده حلال وحرام وإن غلب الحرام الحلال نعم إن علم تحريم ما عقد به حرم و بطل.إعانة الطالبين ٣/٢٤.ولو اشترى طعاما في الذمة وقضى من حرام فإن أقبضه له البائع برضاه قبل توفية الثمن حل له أكله أو بعدها مع علمه أنه حرام حل أيضا .وإلا حرم أى .وإن لم يعلم البائع أن الثمن الذي وفاه المشتري حرام حرم على المشتري أكل ذلك الطعام إلى أن يبرئه أو يوفيه من حل قاله شيخنا
 عن أبي عبدالله النعمان بن بشيرٍ رضي الله عنهما قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ((إن الحلال بينٌ وإن الحرام بينٌ، وبينهما أمور مشتبهاتٌ لا يعلمهن كثيرٌ من الناس، فمن اتقى الشبهات استبرأ لدِينه وعِرضه، ومن وقع في الشبهات وقع في الحرام، كالراعي يرعى حول الحمى يوشك أن يرتع فيه، ألا وإن لكل ملكٍ حمًى، ألا وإن حمى الله محارمُه، ألا وإن في الجسد مضغةً إذا صلَحت صلَح الجسد كله، وإذا فسدت فسد الجسد كله، ألا وهي القلب))؛ رواه البخاري ومسلمٌ.

Niki saking syarh arbain mbah

KANG WAKHID
Kembalinya kepada hukum sebab dan akibatnya. Karena melihat dr kasus diatas sudah sangat jelas uangnya adalah hasil judi. Hukumnya sudah jelas dan tdak samar lagi
Kitab I’anatut Thalibin juz 2 halaman 355

قَالَ فِى المَجْمُوعِ يُكْرَهُ الأَخْذُ مِمَّنْ بِيَدِهِ حَلاَلٌ وَحَرَامٌ كَالسُّلْطَانِ الجَائِرِ. وَتَخْتَلِفُ الكَرَاهَةُ بِقِلَّةِ الشُّبْهَةِ وَكَثْرَتِهَا, وَلاَ يَحْرُمُ إلاَّ إنْ تَيَقَّنَ أَنَّ هَذَا مِنَ الحَرَامِ.

Mushannif (pengarang kitab) berkata dalam kitab Al Majmu’: ”Makruh mengambil (bantuan/pemberian) dari orang yang padanya ada harta yang halal dan haram seperti penguasa yang durhaka. Kemakruhan ini berbeda tingkatnya dengan sedikit dan banyaknya kesubhatan. Dan tidak haram menerima pemberian kecuali jika seseorang yang menerima yakin bahwa pemberian tersebut dari harta yang haram.

SUMBER BY DASI ON WA

1 komentar:

  1. kalo misal gak boleh menerima pembayaran hutang dari hasil judi, kita harus merelakan uang kita?

    BalasHapus

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...