Kamis, 12 Oktober 2017

SEBAB YANG MEWAJIBKAN DAM BAGI HAJI TAMATTU' DAN HAJI QIRON

MENU DASI
One Day Three Problems

Deskripsi Masalah
Cara pelaksanaan haji  ada 3 yaitu Haji Ifrad, Haji tamattu' danHaji qiran.

Pertanyaan
1. Apa alasannya ketika melaksanakan haji tamattu' & haji qiran  harus membayar dam?

2. Lalu bentuk damnya seperti apa?

Disajikan pada:
Selasa,10 oktober 2017, Pukul: 09:30-11:30 WIB
Diskusi 👇👇👇

Hamba Allah :
Nemu Ibaroh di I'anah Tholibin hal 293 juz 2

(قوله وعلى كل من المتمتع والقارن دم ) اماالاول فبالاجماع لربحه الميقات إذ لو أحرم بالحج .....الخ

Gus Rio :
1.
- Haji Tamattu'
Wajib dam karena
sudah menjadi nash qur'an, dan dia mengambil untung tidak perlu miqat dari tempat asal, tapi cukup miqat dari dalam mekkah. padahal semestinya haji itu miqat dari arah ia datang, misal dari Indonesia maka miqat di yalamlam. tapi karena ia udah melaksanakan umroh, dan bermukim beberapa hari di mekkah maka cukup baginya ihram dari mekkah / dari hotelnya. dan ini merupakan keuntungan tersendiri baginya, hingga diwajibkanlah baginya dam.

- Haji qiran
Wajib dam karena hadits nabi bahwa istri" beliau melaksanakan haji qiran dan beliau membayar dam untuk tiap mereka. dan alasan haji qiran kena dam, karena haji tamattu' saja kena dam. padahal pekerjaan haji tamatu' itu lebih banyak dibanding haji qiran, thowah 2x, sa'i 2x dll. Jika haji Tamattu' saja terkena dam, maka lebih-lebih haji qiran seharusnya ia pun kena dam.

2. Damnya sama antara Haji Qironan dan Tamattu'. harus menyembelih kambing, lebih afdol disembelih pada hari idul adha. jika tidak mampu semisal karna tidak ada biaya, atau ada kebutuhan mendesak terhadap uangnya maka puasa 10 hari. 3 hari setelah ihram haji, 7 hari ketika pulang. jika ketika haji tidak puasa 3 hari maka boleh di laksanakan di rumah semua. dan wajib ada pembatas antara puasa 3 hari dan 7 hari, minimal berjarak 4 hari. dan dalam pelaksanaan puasa tidak harus berturut turut langsung dikerjakan. boleh nyicil dalam berpuasa, tapi lebih afdol ialah berturut turut.

Mughnil Muhtaj juz 2 hal 288 - 291

(ﻭﻋﻠﻰ اﻟﻤﺘﻤﺘﻊ ﺩﻡ) ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻓﻤﻦ ﺗﻤﺘﻊ ﺑﺎﻟﻌﻤﺮﺓ ﺇﻟﻰ اﻟﺤﺞ ﻓﻤﺎ اﺳﺘﻴﺴﺮ ﻣﻦ اﻟﻬﺪﻱ}

اﻟﺒﻘﺮﺓ: 196
ﻭاﻟﻤﻌﻨﻰ ﻓﻲ ﺇﻳﺠﺎﺏ اﻟﺪﻡ ﻛﻮﻧﻪ ﺭﺑﺢ ﻣﻴﻘﺎﺗﺎ ﻓﺈﻧﻪ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﺃﺣﺮﻡ ﺑﺎﻟﺤﺞ ﺃﻭﻻ ﻣﻦ ﻣﻴﻘﺎﺕ ﺑﻠﺪﻩ ﻟﻜﺎﻥ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺑﻌﺪ ﻓﺮاﻏﻪ ﻣﻦ اﻟﺤﺞ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻳﺨﺮﺝ ﺇﻟﻰ ﺃﺩﻧﻰ اﻟﺤﻞ ﻓﻴﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﻌﻤﺮﺓ. ﻭﺇﺫا ﺗﻤﺘﻊ اﺳﺘﻐﻨﻰ ﻋﻦ اﻟﺨﺮﻭﺝ؛ ﻷﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺤﺞ ﻣﻦ ﺟﻮﻑ ﻣﻜﺔ

(ﻭﻋﻠﻰ اﻟﻘﺎﺭﻥ ﺩﻡ) ﻷﻧﻪ ﻭاﺟﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺘﻤﺘﻊ ﺑﻨﺺ اﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﻓﻌﻞ اﻟﻤﺘﻤﺘﻊ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻓﻌﻞ اﻟﻘﺎﺭﻥ، ﻓﺈﺫا ﻟﺰﻣﻪ اﻟﺪﻡ ﻓﺎﻟﻘﺎﺭﻥ ﺃﻭﻟﻰ، ﻭﺭﻭﻯ اﻟﺸﻴﺨﺎﻥ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ - ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻨﻬﺎ - «ﺃﻧﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﺫﺑﺢ ﻋﻦ ﻧﺴﺎﺋﻪ اﻟﺒﻘﺮ ﻳﻮﻡ اﻟﻨﺤﺮ» ، ﻗﺎﻟﺖ ﻭﻛﻦ ﻗﺎﺭﻧﺎﺕ (ﻛﺪﻡ اﻟﺘﻤﺘﻊ) ﻓﻲ ﺃﺣﻜﺎﻣﻪ اﻟﺴﺎﺑﻘﺔ ﺟﻨﺴﺎ ﻭﺳﻨﺎ ﻭﺑﺪﻻ ﻋﻦ اﻟﻌﺠﺰ؛ ﻷﻧﻪ ﻓﺮﻉ ﻋﻦ ﺩﻡ اﻟﺘﻤﺘﻊ

ﻭاﻷﻓﻀﻞ ﺫﺑﺤﻪ ﻳﻮﻡ اﻟﻨﺤﺮ، ﻓﺈﻥ ﻋﺠﺰ ﻋﻨﻪ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻌﻪ ﺻﺎﻡ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﺛﻼﺛﺔ ﻓﻲ اﻟﺤﺞ ﺗﺴﺘﺤﺐ ﻗﺒﻞ ﻳﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﻭﺳﺒﻌﺔ ﺇﺫا ﺭﺟﻊ ﺇﻟﻰ ﺃﻫﻠﻪ ﻓﻲ اﻷﻇﻬﺮ، ﻭﻳﻨﺪﺏ ﺗﺘﺎﺑﻊ اﻟﺜﻼﺛﺔ، ﻭﻛﺬا اﻟﺴﺒﻌﺔ، ﻭﻟﻮ ﻓﺎﺗﺘﻪ اﻟﺜﻼﺛﺔ ﻓﻲ اﻟﺤﺞ، ﻓﺎﻷﻇﻬﺮ ﺃﻧﻪ ﻳﻠﺰﻣﻪ ﺃﻥ ﻳﻔﺮﻕ ﻓﻲ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﺑﻴﻨﻬﺎ ﻭﺑﻴﻦ اﻟﺴﺒﻌﺔ

Dasi Santri Mbelink :
 وعلى المتمتع دم بشرط أن لا يكون من حاضري المسجد الحرام وحاضروه من دون مرحلتين من مكة قلت الأصح من الحرم والله أعلم وأن تقع عمرته في أشهر الحج من سنته وأن لا يعود لإحرام الحج إلى الميقات ( – الشرح – ( وَعَلَى الْمُتَمَتِّعِ دَمٌ ) لِقَوْلِهِ تَعَالَى : { فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنْ الْهَدْيِ } – ( بِشَرْطِ أَنْ لَا يَكُونَ مِنْ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ) لِقَوْلِهِ تَعَالَى : { ذَلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ } قَوْله تَعَالَى ” ذَلِكَ ” أَيْ مَا ذُكِرَ مِنْ الْهَدْيِ وَالصَّوْمِ عِنْدَ فَقْدِهِ . (وَأَنْ تَقَعَ عُمْرَتُهُ فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ مِنْ سَنَتِهِ ) أَيْ الْحَجِّ فَلَوْ وَقَعَتْ قَبْلَ أَشْهُرِهِ وَأَتَمَّهَا وَلَوْ فِي أَشْهُرِهِ ثُمَّ حَجَّ لَمْ يَلْزَمْهُ الدَّمُ لِأَنَّهُ لَمْ يَجْمَعْ بَيْنَهُمَا فِي وَقْتِ الْحَجِّ فَأَشْبَهَ الْمُفْرِدَ ، وَأَنْ يَحُجَّ مِنْ عَامِهِ فَمَنْ لَمْ يَحُجَّ مِنْ عَامِهِ الَّذِي اعْتَمَرَ فِيهِ لَا دَمَ عَلَيْهِ لِمَا رَوَى الْبَيْهَقِيُّ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ قَالَ ” كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْتَمِرُونَ فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ فَإِذَا لَمْ يَحُجُّوا مِنْ عَامِهِمْ ذَلِكَ لَمْ يُهْدُوا ” ( وَأَنْ لَا يَعُودَ لِإِحْرَامِ الْحَجِّ إلَى الْمِيقَاتِ ) الَّذِي أَحْرَمَ مِنْهُ بِالْعُمْرَةِ أَوْ مِيقَاتٍ آخَرَ وَلَوْ أَقْرَبَ إلَى مَكَّةَ مِنْ مِيقَاتُ عُمْرَتِهِ أَوْ إلَى مِثْلِ مَسَافَةِ مِيقَاتِهَا ، فَإِذَا عَادَ إلَيْهِ وَأَحْرَمَ مِنْهُ بِالْحَجِّ لَمْ يَلْزَمْهُ الدَّمُ ؛ لِأَنَّ الْمُقْتَضِي لِإِيجَابِ الدَّمِ وَهُوَ رِبْحُ الْمِيقَاتِ قَدْ زَالَ بِعَوْدِهِ إلَيْهِ ، وَمِثْلُ ذَلِكَ مَا ذُكِرَ لِأَنَّ الْمَقْصُودَ قَطْعُ تِلْكَ الْمَسَافَةِ مُحْرِمًا .

Nyuplikno sedikit dari Mughni Al-Muhtaj ila Ma'rifatil Alfadz juz 6 shohf 114

Gus Rio ‬:
Haji Tamattu' wajib dam jika ia bukan penduduk mekkah. dan jika ia tidak balik ke miqat. jika balik lagi ke miqat maka tidak wajib dam.

namun jarak miqat orang Indonesia (yalamlam) itu jauh dari mekkah, berjarak hampir 80 KM. sedangkan ongkos buat kesana dibanding harga kambing masih lebih murah harga kambing.

terlebih jika musim haji keluar masuk mekkah itu sulit, ada pos-pos polisi untuk memeriksa dokumen-dokumen. jadi bayar dam aja murah cuma 300 riyal, sekitar 1 juta.

Di haromain tidak ada angkot jadi harus pakai taksi. harga taksi musim haji dari mina ke masjidil harom padahal cuma 8 km itu harganya 400 riyal. gimana yg jarak nya 80 km, berapa riyal itu.

KESIMPULAN
1. Haji tamattu' wajib dam karna miqot dr tanak haram(makkah) yang mana seharusnya miqot dr asal dia datang sebagaimana kebanyakan jamaah haji yg berasal dr luar tanah haram sedangkan bagi haji qiron dikenakan wajib dam karna secara pelaksanaan antara haji dan umroh sendiri mulai dr thowaf,sa'i dll dilaksanakan 2 kali maka sudah semestinya haji qiron jg diwajibkan dam sebagaimana haji tamattu' yang sudah di nash dari Al-Qur'an

2. Untuk dam dr kedua haji diatas sama yakni menyembelih kambing dan lebih afdholnya disembelih pada hari nahr (idul adlha) dan jika tidak mampu maka puasa selama 10 hari.

Sumber by. Dasi on WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...