Kamis, 20 April 2017

FIQIH THOHAROH : KESUNAHAN TATSLITS WUDLU

[4/4 21:41] santrimbelink💀: DASI
One Day three Problems




Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi : Gus Munir
Thema:
Judul :


Dalam wudlu disunnahkan untuk membasuh 3 kali. Kita ambil contoh basuh muka.

Pada saat basuh muka, basuh yg pertama belum sempurna (sepemahaman saya di namakan muka/wajah itu, vertikal: tumbuhnya rambut sampai dagu, horizontal: dari telinga kanan sampai telinga kiri) begitupun pada basuhan yg kedua juga belum sempurna. Hingga tersempurnakan pada basuhan yg ketiga kali

Pertanyaannya:
1. Sahkah wudlunya yang demikian itu?
2. Bila di anggap sah, masih mendapatkan kesunahan "nuli-nuli 3x?






Menu makan malam
Pukul 20:00-22:00 WIB
Selasa,04 April 2017

(DASI)

MBH MATHORI
 Edisi Ngaji Fathul Mu'in Bab Shalat

( ﻓﺮﻉ ‏) ﻳﺄﺧﺬ ﺍﻟﺸﺎﻙ ﺃﺛﻨﺎﺀ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﻓﻲ ﺍﺳﺘﻴﻌﺎﺏ ﺃﻭ ﻋﺪﺩ ﺑﺎﻟﻴﻘﻴﻦ، ﻭﺟﻮﺑﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻭﻧﺪﺑﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺪﻭﺏ، ﻭﻟﻮ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﻮﻗﻮﻑ .
ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺸﻚ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻓﻼ ﻳﺆﺛﺮ .
.............................................

Syeikh Zainuddin al-Malibari berkata :
Orang yang ragu saat wudhu':

1. Pada masalah meratai cucian satu anggota apakah sudah rata / belum
2. Pada masalah bilangan apakah cucian yang kedua / ketiga
Maka orang seperti ini harus mengambil yang yakin, artinya
pada masalah no 1 dia harus meratai cuciannya pada anggota itu, dan harus cuci satu kali lagi pada masalah no 2.

Pada masalah wajib maka wajib mengambil yang yakin, pada masalah sunnat maka sunnat mengambil yang yakin.

Contoh masalah wajib adalah basuhan pertama untuk wajah, jika ragu apakah sudah rata airnya atau belum maka wajib diratakan.

Contoh masalah sunnat adalah basuhan kedua untuk wajah, jika ragu apakah sudah rata airnya atau belum maka sunnat diratakan.

Ini berlaku walau pada air yang diwakaf untuk bersuci.

Jika ragu sesudah selesai wudhuk maka tidak mengapa .

KANG MUDZ
 Basuhan yang di anggap kadose kok basuhan yang sempurna geh...
Berarti lek ngoten kesunahan tatslis mbten di peroleh.

KANG QUSYEIRI
 Brrt jwbn
1) sah
2) tdk mndpatkn

Ngoten ngge

santrimbelink💀:
 وَلَا يجزىء تثليث عُضْو قبل إتْمَام وَاجِب وَلَا بعد تَمام الْوضُوء
Cobi buka nihayatuz zain e🤣🤣🤣🤛🏾

MBH MATHORI
 Geh sami niki

فتح المعين ـ ج: ١ ـ ص: ٥٥

ولا يجزئ تثليث عضو قبل إتمام واجب غسله ولا بعد تمامالوضوء ويكره النقص عن الثلاث كالزيادة عليها أي بنيةالوضوء كما بحثه جمع وتحرم من ماء موقوف على التطهر.

فرع يأخذ الشاك أثناء الوضوء في استيعاب أو عدد باليقين وجوبا في الواجب وندبا في المندوب ولو في الماء الموقوف أما الشك بعد الفراغ فلا يؤثر
 Bukak I'anah ah... biar gamblang... hehe

إعانة الطالبين ـ ج: ١ ـ ص: ٦٤

ويحصل التثليث بغمس اليد مثلا ولو في ماء قليل إذا حركها مرتين، ولو ردد ماء الغسلة الثانية حصل له أصل سنة التثليث - كما استظهره شيخنا - ولا يجزئ تثليث عضو قبل إتمام واجب غسله ولا بعد تمام الوضوء.
ويكره النقص عن الثلاث كالزيادة عليها، أي بنية الوضوء، كما بحثه جمع.
وتحرم من ماء موقوف على التطهر.
-----------------

 (قوله: ولا يجزئ تثليث الخ) أي لأن الشرط في
حصول التثليث حصول الواجب أولا.
قال في التحفة: ولو اقتصر على مسح بعض رأسه وثلثه حصلت له سنة التثليث.
كما شمله المتن وغيره.
وقولهم: لا يحسب تعدد قبل تمام العضو مفروض في عضو يجب استيعابه بالتطهير.
اه.
(قوله: ولا بعد تمام الوضوء) أي ولا يجزئ تثليث بعد تمامالوضوء.
فلو توضأ مرة مرة إلى تمام غسل الأعضاء، ثم أعاد كذلك ثانيا وثالثا، لم يحصل التثليث.
فإن قيل: قد تقرر أنه لو فعل ذلك في المضمضة والاستنشاق حصل له التثليث؟ أجيب بأن الفم والأنف كعضو واحد فجاز ذلك فيهما.
قال بعضهم: ومقتضى ما ذكر أنه لو غسل اليمنى من يديه ورجليه مرة ثم اليسرى كذلك، وهكذا في الثانية والثالثة، حصلت فضيلة التثليث، لأن اليدين والرجلين كعضو واحد.
(قوله: ويكره النقص الخ) أي لأنه - صلى الله عليه وسلم - توضأ ثلاثا وقال: هكذا الوضوء، فمن زاد على هذا أو نقص فقد أساء وظلم.
وأما وضوءه - صلى الله عليه وسلم - مرة مرة ومرتين مرتين فإنما كان لبيان الجواز.
(قوله: كالزيادة عليها) أي ككراهة الزيادة على الثلاث.
قال في بداية الهداية: ولا تزد في الغسل على ثلاث مرات، ولا تكثر صب الماء من غير حاجة بمجرد الوسوسة فللموسوسين شيطان يلعب بهم يقال له: الولهان.
اه.
وفي حاشية الرشيدي على فتح الجواد شرح منظومة ابن العماد في المعفوات ما نصه: واعلم أن الباب الأعظم الذي دخل منه إبليس على الناس - كما قال السبكي - هو الجهل، فيدخل منه على الجاهل بأمان، وأما العالم فلا يدخل عليه إلا مسارقة.
وقد لبس على كثير من المتعبدين لقلة علمهم، لأن جمهورهم يشتغل بالتعبد قبل أن يحكم العلم.

santrimbelink💀:
Nambahi sekedik saking bujairomi alal khotib juz 2 shohf 68

ولا يجزئ تعدد قبل تمام العضو نعم لو مسح بعض رأسه ثلاثا حصل التثليث ؛ لأن قولهم من سنن الوضوء تثليث الممسوح شامل لذلك ، وأما ما تقدم فمحله في عضو يجب استيعابه بالتطهير ولا بعد تمام الوضوء ، فلو توضأ مرة مرة ثم توضأ ثانيا وثالثا كذلك لم يحصل التثليث كما جزم به ابن المقري في روضه

MBH MATHORI
Mungkin dlm pemahaman si sail itu
1 basuhan pd wajah tdk bs diratakan keseluruh wajah.

Padahal 1 basuhan dg dua telapak tangam itu bs diratakan diwajah pd basuhan pertama.

santrimbelink💀:
Ngeten mbah ..yg basuhan ketiga itu baru trhitung satu yg wajib ..ngoten pahamane..jd msih bs mengulang sunah tatslitsnya ..
Kn yg diyakini sail niku kn sempurna diyg ketiga mbh

MBH MATHORI
 Tastlistnya tdk mencukupi kang...

Klo masalah sah geh bisa sah klo basuhan yg ketiga niku memang merata dg 1 basuhan yg ketiga...

Tp klo basuhan ketiga itu meratanya dr gabungan dua basuhan yg pertama dan kedua... geh malah belum sempurna...

KANG QUSYEIRI
 Nggeh,,
Nek gampngne ngeten.

Sail basuh 3x n basuhn yg ktiga scara merata,,,
Jdi basuh yg ktiga d anggp wajib,,nmun bsuhn pertma n kdua tdk dianggap,,,n wudlunya ttap sah namun tdk dpt ksunahan kcuali sail mnambh/mngulangi basuhan stelh basuhn yg wajib maka dpt ksunahn.

Nek pmhamn kulo ngoten.

 kesimpulan
1.wudlunya sah jika pada basuhan ketiga tsb merata dg 1 kali basuhan bukan tergabung dr krg sempurnanya yg pertama n kedua(dlm arti msh terhitung 1x basuhan)
2.belum mendapat kesunahan tatslits,karna basuhan pertama yg wajib blm sempurna,jadi baru didapat kesunahan tatslits setelah sempurna basuhan yg wajib
3.jika basuhan ketiga tsb sempurna nya krna gabungan dr basuhan pertama n kedua maka tidak sah wudlunya

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...