Senin, 24 April 2017

HUKUM ORANG TUA MEMUKUL ANAK

[24/4 15:51] ‪+62 857-7777-2829‬: [15:22 24/04/2017] ‪+852 5137 8105‬: DASI
One Day Two Problems




Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi : santri dasi
Thema:
Judul:


Pertanyaan :
Bolehkah menghukum anak dengan memukulnya agar jera sehingga menjadi pelajaran baginya dan bagi teman-temannya?



Menu makan siang
Pukul 14:30-16:30 WIB
Senin, 24 April 2017

(DASI)

KANG MIFTAH
 Urun rembuk

Semua dari niat
Kalo niat nya hanya sekedar untuk ngasih pelajaran dan
mendidik mungkin ya gak popo kali ....
Tapi kalo niate nyiksa itu yg gak boleh


Nyimak
🙇🏾🙇🏾🙇🏾

NENG WULAN
 Lk pon baligh asal pomo kon ngaji po solat ra bdl, angsal di pukul. 🙊

KANG MUDZ
 مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ،  وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا  بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

"Perintahkan anak-anak  kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan  pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur  mereka." ( HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

santrimbelink🙏🏾:
 Belajar dr sebuah pengalaman...

Ketika anak usia 1th sampai 10th perlakukan bak seorang raja..
Ketika menginjak 11th sampai 20th perlakukan bak seorang tawanan..
Ketika umur 21th ke atas perlakukan bak seorang teman/kawan atau sahabat..

KANG MUDZ
 Boleh, bahkan Wajib memukul dalam rangka menta'zir (agar jera) pada usia-usia yang di tentukan oleh Syara'.

 قال الرافعي قال  الأئمة : يجب على الآباء والأمهات تعليم أولادهم الطهارة والصلاة والشرائع  بعد سبع سنين وضربهم على تركها بعد عشر سنين

Imam Ar-rofi'i berkata : para imam berkata : "wajib bagi para ayah dan para ibu mengajari anak-anak mereka cara bersuci, sholat dan syari'at-syari’at setelah umur 7 tahun, dan memukul mereka jika meninggalkannya setelah umur 10 tahun.

قال الشافعي في المختصر : " وعلى الآباء والأمهات أن يؤدبوا أولادهم ويعلموهم الطهارة والصلاة ويضربوهم على ذلك إذا عقلوا "
Imam Syafi'i dalam kitab al-Mukhtashor berkata : " wajib bagi para ayah dan para ibu untuk mendidik anak-anak mereka dan mengajari mereka cara bersuci dan sholat, dan memukul mereka atas hal tersebut jika mereka telah berakal.

 المثال الرابع : ضرب الصبيان على ترك الصلاة والصيام ، وغير ذلك من المصالح .
فإن  قيل : إذا كان الصبي لا يصلحه إلا الضرب المبرح فهل يجوز ضربه تحصيلا  لمصلحة تأديبه ؟ قلنا لا يجوز ذلك ، بل يجوز أن يضربه ضربا غير مبرح ؛ لأن  الضرب الذي لا يبرح مفسدة ، وإنما جاز لكونه وسيلة إلى مصلحة التأديب ،  فإذا لم يحصل التأديب سقط الضرب الخفيف ، كما يسقط الضرب الشديد ؛ لأن  الوسائل تسقط بسقوط المقاصد .قواعد الحكام : ١/٢٢٥
Ketika ada anak kecil yang tidak mungkin menjadi baik Kecuali dengan di pukul keras, apakah boleh memukul dengan seperti itu dengan tujuan kebaikan dalam mendidik?
Jawab tidak boleh, namun di perbolehkan memukul dengan tidak keras yang tidak merusak /melukai. Karena di perbolehkannya memukul itu untuk kebaikan dalam mendidik tidak dengan memukul secara keras dan merusak. Maka jika dengan memukul secara ringan tidak membuahkan hasil sebagai mendidik maka gugur (tidak boleh) dengan cara memukul. Qoa'idul Ahkam :1/225

 فَصْلٌ
مِنَ  الْأَصْحَابِ مَنْ يَخُصُّ لَفَظَ التَّعْزِيرِ بِضَرْبِ الْإِمَامِ أَوْ  نَائِبِهِ لِلتَّأْدِيبِ فِي غَيْرِ حَدٍّ، وَيُسَمِّي ضَرْبَ الزَّوْجِ  زَوْجَتَهُ، وَالْمُعَلِّمِ الصَّبِيَّ، وَالْأَبِ وَلَدَهُ تَأْدِيبًا لَا  تَعْزِيرًا، وَمِنْهُمْ مَنْ يُطْلِقُ التَّعْزِيرَ عَلَى النَّوْعَيْنِ  وَهُوَ الْأَشْهَرُ، فَعَلَى هَذَا مُسْتَوْفِي التَّعْزِيرِ الْإِمَامُ  وَالزَّوْجُ وَالْأَبُ وَالْمُعَلِّمُ وَالسَّيِّدُ، أَمَّا الْإِمَامُ  فَيَتَوَلَّى بِالْوِلَايَةِ الْعَامَّةِ إِقَامَةَ الْعُقُوبَاتِ حَدًّا  وَتَعْزِيرًا، وَالْأَبُ يُؤَدِّبُ الصَّغِيرَ تَعْلِيمًا وَزَجْرًا عَنْ  سَيْءِ الْأَخْلَاقِ، وَكَذَا يُؤَدَّبُ الْمَعْتُوهُ بِمَا يَضْبُطُهُ،  وَيُشْبِهُ أَنْ تَكُونَ الْأُمُّ فِي زَمَنِ الصَّبِيِّ فِي كَفَالَتِهِ  كَذَلِكَ كَمَا ذَكَرْنَا فِي تَعْلِيمِ أَحْكَامِ الطَّهَارَةِ  وَالصَّلَاةِ وَالْأَمْرِ بِهَا وَالضَّرْبِ عَلَيْهَا أَنِ الْأُمَّهَاتِ  كَالْآبَاءِ، وَالْمُعَلِّمُ يُؤَدِّبُ الصَّبِيَّ بِإِذْنِ الْوَلِيِّ  وَنِيَابَةً عَنْهُ، وَالزَّوْجُ يُعَزِّرُ زَوْجَتَهُ فِي النُّشُوزِ  وَمَا يَتَعَلَّقُ بِهِ، وَلَا يُعَزِّرُهَا فِيمَا يَتَعَلَّقُ بِحَقِّ  اللَّهِ تَعَالَى، وَالسَّيِّدُ يُعَزَّرُ فِي حَقِّ نَفْسِهِ وَكَذَا فِي  حَقِّ اللَّهِ تَعَالَى عَلَى الْأَصَحِّ، وَإِذَا أَفْضَى تَعْزِيرٌ إِلَى  هَلَاكٍ، وَجَبَ الضَّمَانُ عَلَى عَاقِلَةِ الْمُعَزِّرِ، وَيَكُونُ  قَتْلُهُ شِبْهَ عَمْدٍ، فَإِنْ كَانَ الْإِسْرَافُ فِي الضَّرْبِ ظَاهِرًا  وَضَرَبَهُ بِمَا يُقْصَدُ بِهِ الْقَتْلُ غَالِبًا، فَهُوَ عَمْدٌ  مَحْضٌ، وَحَكَى الْإِمَامُ عَنِ الْمُحَقِّقِينَ تَفْرِيعًا عَلَى هَذِهِ  الْقَاعِدَةِ أَنَّ الْمُعَزِّرَ إِذَا عَلِمَ أَنَّ التَّأْدِيبَ لَا  يَحْصُلُ إِلَّا بِالضَّرْبِ الْمُبَرِّحِ، لَمْ يَكُنْ لَهُ الضَّرْبُ  الْمُبَرِّحُ وَلَا غَيْرُهُ، أَمَّا الْمُبَرِّحُ؛ فَلِأَنَّهُ مُهْلِكٌ،  وَلَيْسَ لَهُ الْإِهْلَاكُ، وَأَمَّا غَيْرُهُ؛ فَلَا فَائِدَةَ فِيهِ. كتاب الروضة : ١٠/١٧٥ -

kesimpulan
boleh bagi orang tua memukul anaknya dg tujuan mendidik pada jalan yg benar yg diperbolehkan syari'at seperti perintah sholat(jika sdh usia 10th) dan lain sebagainya selama itu dlm bentuk kasih sayang orang tua thdp si anak selama pukulan tsb tidak sampai menciderai ataupun melukai anak tsb,,

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...