Diskusi Santri Dasi
One Day One Problems
Pertanyaan Dari =>
Keluarga Dasi : Neha
Thema : Najasah
Pertanyaan:
Assalamu'alaikum ..
adakah keterangan yg mnjelaskan bahwa khomr bisa berubah mnjdi halal ktika sudah berubah mnjadi cuka??
Malam senin tgl 16 April 2017 M.
( Dasi Zona 5 )
NO NAME
Nemu ng ndalan...🙈
Hadits 22. Arak Yang Dijadikan Cuka
Dari Anas bin Malik radliyallhu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang arak yang dijadikan cuka, bolehkah? Beliau menjawab: tidak boleh”. HR Muslim dan at Tirmidzi, beliau berkata: Hasan Shahih.
Fawaid Hadits:
1. Haramnya membuat cuka dari arak, dan merubah arak menjadi cuka.
2. Adapun bila arak itu berubah menjadi
cuka dengan sendirinya, tanpa ada usaha dari manusia, maka boleh dan halal.
3. Sebagian ulama berdalil dengan hadits ini bahwa arak itu najis, namun pendalilannya lemah, karena haramnya merubah arak menjadi cuka, tidak menunjukkan kenajisan arak, akan tetapi keharaman itu berhubungan apabila diminum.
4. Najis apabila berubah kembali ke asal penciptaannya, dan hilang unsur najisnya baik baunya atau rasa, atau warnanya, maka ia kembali menjadi suci.
kang ireng:
Nderek urun...
Jika yg di tanyakan adalah keterangan khomer jd cuka jawabnya Ada.
Dalam taqrib di bab najasah akhir ada keterangan sbagai berikut.
وإذا تخللت الخمرة بنفسها طهرت وإن خللت بطرح شيء فيها لم تطهر.
Ketika khomer berubah jadi cuka dengan sendirinya ( tidak di sebabkan benda lain ) maka di hukumi suci.
Jika perubahanya di sebabkan barang lain maka hukumnya tetep najis.
Kang Hamdan:
Koyoe ,
Lho nak salah d sayang odjo d amuk
perkoro(hewan) yg muncul sebab sesuwatu.
Koyoto jambu jerone ono ulere🙊💤💤💤
SANTRIMBELINK
الحنفية قالوا: إن الخمر تطهر ويطهر إناؤها تبعاً لها إذا استحالت عينها. بأن صارت خلاً. حيث يزول عنها وصف الخمرية وهي المرارة والإسكار. ويجوز تخليلها. ولو بطرح شيء فيها. كالملح. والماء. والسمك وكذا بإيقاد النار عندها. وإذا اختلط الخمر بالخل وصار حامضاً طهر وإن غلب الخمر، ولو وقعت في العصير فأرة وأخرجت قبل التفسخ، وترك حتى صار خمراً: ثم تخللت. أو خللها أحد طهرت.
الشافعية قالوا: لا تطهر الخمر إلا إذا صارت خلاً بنفسها، بشرك أن لا تحلَّ فيها نجاسة قبل تخللها، وإلا فلا تطهر، ولو نزعت النجاسة في الحال، وبشرط أن لا يصاحبها طاهر إلى التخلل، إذا كان مما لا يشق الاحتراز عنه، لأنه يتنجس بها، ثم ينجسها، وأما الطاهر الذي يشق الاحتراز منه، كقليل بذر العنب، فإنه يطهر تبعاً لها، كما يطهر إناؤها تبعاً لها.
الحنابلة قالوا: تطهر الخمر إذا صارت خلاً بنفسها، ولو بنقلها من شمس إلى ظل: أو عكسه أو من غير إناء لآخر بغير قصد التخليل، ويطهر إناؤها تبعاً لها، ما لم يتنجس بغير المتخللة، من خمر أو غيره، فإنه لا يطهر.
وحاصل هذا أن المالكية. والحنفية اتفقوا على طهارة الخمر إذا صارت خلاً، سواء تخللت بنفسها أبو بفعل فاعل، واختلفوا فيما إذا وقعت فيها نجاسة قبل تخللها فالمالكية يقولون: إنها لا تطهر بالتخلل في هذه الحالة، والحنفية يقولون: إذا أخرجت النجاسة قبل تفسخها: ثم تخللت فإنها تطهر. والشافعية والحنابلة: اتفقوا على أنها لا تطهر إلا إذا تخللت بنفسها. أما إذا خللها أحد فإنها لا تطهر، واتفقوا على أنها إذا وقعت بها نجاسة قبل التخلل فإنها لا تطهر بالتخلل.
Secara intinya sama kaya punya e kang ireng keterangan ..ngutip saking fiqh madzahib al arba'ah
Madzahib juz 1 shohf 11 cubi kang
SANTRIMBELINK
Intine meh sami kale saking taqrib cm niki lebih diperluas lagi kalean imam madzhab secara lebih gamblang ngoten tho kanng🙈
[16/4 21:26] Gus Link: لحنفية - قالوا: إن الخمر خل الخمر حلال سواء تخللت، أو خللت لقوله صَلى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ (نعم الادم الخل مطلقاً) وقوله صَلى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ: (خير خلكم خل خمركم) ولأن التخليل يزيل الوصف المفسد ويثبت وصف الصلاحية، لأن فيه مصلحة قمع الصفراء والتغذي، ومصالح كثيرة، وإذا زال المفسد الموجب للحرمة حلت، كما إذا تخللت بنفسها، وإذا تخللت طهر الإناء أيضاً، لأن جميع ما فيه من أجزاء الخمر يتخلل، إلا ما كان منه خالياً عن الخل، فقيل يطهر تبعاً.
الشافعية - قالوا: إذا كان التخليل بالنقل من الشمس إلى الظل أو نحو ذلك فأصح وجه عندهم أنها تحل وتطهر.
المالكية - تروى عنهم ثلاث روايات أصحها أن التخليل حرام فلو خللها عصى وطهرت. وذلك لما روي عن أنس (أن الْنَّبِيّ صَلى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ سئل عن الخمر يتخذ خلاً فقال: لا) رواه أحمد ومسلم وأبو داود رحمهما اللَّه وفيه دليل للجمهور على لأنه لا يجوز تخليل الخمر، ولا تطهر بالتخليل، وذلك بوضع شيء فيها.
Menawi niki sami madzahib benten juz kalean shohf
Juz 5 shohf 27..
Kulo namung nggundeli binafsiha mawon..🙈
kang ireng:
Tp secara umum niki sepakat lik saget suci njeh ?
Cuman cara berubhanya menjadi cukak yg menjadi khilaf
SANTRIMBELINK
Ningali keterangan inggil mekaten kang..menawi dg cara apapun sengaja merubah khomr mjd cuka fa thohurot tp tetap harom ..
KANG IRENG
Hanafiah kadose mboten ngaramne kang gus ?
Sing ibarote njenengan kang mandap niku ungkapane
سواء تخللت او خللت
Syafiiah pun ketika berubahnya dengan fi'lulfail spt di pindah dr panas ke tmp dingin atau sebaliknya njih di hukumi suci tur halal kang
Lho njih to... baik teng ibarote njenengan sing mandap kalih sing nginggil kan onten ungkapan kalih a..
Setunggal khollalat yg satune takhollalat.. niki nimbulne hukum benten kecuali malikiah dan malikiah yg berpendapat tetap suci.
Malikiah dan hanafiyah maksutnya 😅😅😅
Syafiah dan hanabila jika kok khollalat binafsiha suci jika takhollat mboten kecuali jika binaqliha min syamsin illa dhillin au aqsiha
Pertama njih kang... ibarote njenengan sing nginggil ngoten.. niko ngukumi kesuciane.. lik ibarot sing nginngil lebih komplit tahillu watathhuru
Lik ningali ibarot sing ngandap halal kang.
Niku mawon sing naqlin minasyamsi lia dzil qoul ashoh hukumi halal lan suci. Nopo malih lik berubah dengan sendirinya syafiiah tp.
Kesimpulan:
Hukum khomer berubah jd cuka :
- Hanafiyah : di hukumi suci dan halal baik berubah dengan sendirinya ataupun tidak.
- Malikiah : di hukumi suci dan haram baik berubah dengan sendirinya atau tidak.
- Syafiiyah : di hukumi suci dan halal jika berubah dengan sendirinya.
- Hananibilla : di hukumi suci jika berubah dengan sendirinya, untuk kehalalanya khomer jd cuka dlm hanabila belum bisa di putusi sebab blm ada ibarot yg menghukumi pasti tentanf kehalalanya.
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar