Sabtu, 01 April 2017

FIQIH NIKAH : KHITHBAH (BATASAN KAFA'AH)

[31/3 20.01] ‪+62 812-3331-6858‬: DASI
One Day three Problems




Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi :ning mayda
Thema : fiqih nikah
Judul :



Deskripsi masalah :
Sesuai dengan hadist yg prnah didengar kalo tidak Salah yg berbunyi;

إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَزَوِّجُوهُ إِلاَّ تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِي اْلأَرْضِ وَفَسَادٌ عَرِيضٌ

Apabila datang kepadamu seorang pelamar yang baik agama dan akhlaqnya maka nikahkanlah dengannya, jika tidak, maka akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.(HR.Tirmidzi)

Pertanyaan :
1. Apabila scara fisik kurang berkenan, bagaimana solusi utk si perempuan (Perawan/Janda)..?

2. Dan yg menjadi fitnah dibumi Dan Kerusakan yg besar disini Bagi Perawan/Janda (yg menolak lamaran) Maksudnya yg seperti apa..?



Menu makan malam
Pukul 20:00-22:00 WIB
Jum'at, 31 Maret 2017

(DASI)


MBAH NYOO

Idza Khotoba ilaikum. niku asline sing dituju Wong tuone/wali ne.

Tpi jaman saiki wong tuo manut anak. Wes bukan jamane Siti Nurbaya maneh.
 No 1. Mengarah kpd Fisik. Bukan lagi ilmu yg trdapat pada orang lelaki tersebut. 🙇🏽


MBAH MAJNUN

No.1.solusinya kembali pd hadist dideskripsinya
A.yg baik agamanya
B.yg baik akhlaknya

Jadiiiiiiiii.........y ditrima j wong saling mlengkapi


KANG QUSYEIRI
 Fisik yg baik n bagus suaktu saat akan brubh jdi tuwek peyot kriput.
Jika akhlak n agamanya yg bagus insya Allah g akan brubah sampai lepasnya nyawa....

MBAH NYOO
 Hadist niku tujuane ng wali asline. Sebagaimana si pelamar niku wong ra duwe(Harta) tapi berilmu. Nah sing cewek niku ora oleh nikah selama
ora nemu Wong lanang Sing berkedudukan dan kaya.

Kerusakan dibumi maksudte akan melakukan suatu kemaksiatan dan fitnah dari tetangga atao orang lain.

MBAH MATHORI

Nitip jejak

المجموع شرح المهذب ـ ج: ١٦ ـ ص: ١٨٣

(الشرح) حديث أبى حاتم المزني رواه الترمذي بلفظ (إن أتاكم من ترضون دينه وخلقه فأنكحوه، إلا تفعلوه تكن فتنه في الارض وفساد كبير، قالوا: يا رسول الله وان كان فيه، قال: إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فأنكحوه، ثلاث مرات) قال الترمذي: هذا حديث حسن غريب.
ونقل المناوى عن البخاري أنه لم يعده محفوظا، وعده أبو داود في المراسيل، وأعله ابن القطان بالارسال، وضعف راويه، وأبو حاتم المزني له صحبة، وَلَا يُعْرَفُ لَهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غير هذا الحديث، وقد أخرج الترمذي أيضا هذا الحديث من حديث أبى هريرة ولفظه قَالَ (قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم: إذا خطب اليكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوا تكن فتنة في الارض وفساد عريض) ومن ثم ندرك أن المصنف أخطأ في عزو لفظ رواية أبى هريرة إلى عائشة.

وقال المناوى: قد خولف عبد الحميد بن سليمان في هذا الحديث، ورواه الليث بن سعد عن أبى عجلان عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
قَالَ البخاري: وحديث الليث اشبه، ولم يعد حديث عبد الحميد محفوظا.

وعن ابن عمر عند الحاكم أنه صلى الله عليه وسلم قال: العرب أكفاء بعضهم لبعض، قبيلة لقبيلة، وحى لحى، ورجل لرجل، إلا حائك أو حجام) وفى اسناده رجل مجهول وهو راويه عن ابن جريج، وقد سأل ابن أبى حاتم أباه عن هذا الحديث فقال: هذا كذب لا أصل له، وقال في موضع آخر باطل.

ورواه ابن عبد البر في التمهيد من طريق أخرى عنه.
قال الدارقطني في العلل لا يصح اه.


 kang mb3link👊🏾:

اتحاف السادة المتقين ج5 ص287

(وقال صلى الله عليه و سلم إذا أتاكم) أيها الأولياء (من) أي رجل يخطبموليتكم (ترضون دينه) وفي رواية خلقه ودينه , وفي أخري خلقه (وأمانته) ليكون مساويا للمخطوبة في الدين أو المراد أنه عدل فليس الفاسق كفؤا للعفيفة (فزوجوه) إياها ندبا مؤكدا وفي رواية فانكحوه (إلا تفعلوه) وفي رواية بحذف الضمير أي ما أمرتم به . قال طيبي الفعل كناية عن المجموع أي إن لم تزوجوا الخاطب الذي ترضون خلقه ودينه (تكن) أي تحدث (فتنة في الأرض وفساد) وخروج عن حالة الإستقامة (كبير) وفي رواية البيهقي فساد عريض , والمعني المتقارب ولفظ القوت فساد كبير اي عريض . وفي رواية كرره ثلاثا . والمعني إن لم ترغبوا في ذي الدين المرضي والأمانة الموجبين للصلاح والإستقامة ورغبتم في مجرد المال الجالب للطغيان الجار للبغي والفساد إلخ , أو المراد إن لم تزوجوا من ترضون ذلك منه ونظرتم إلي ذي مال أو جاه يبقي أكثر النساء بلا زوج والرجال بلا زوجة فيكثر الزني ويلحق العار فتهيج الفتن وتثور المحن .الكتاب


MBAH MATHORI

 تحفة الأحوذى ـ ج: ٤ ـ ص: ١٧٣

قَوْلُهُ (إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ) أَيْ طَلَبَ مِنْكُمْ أَنْ تُزَوِّجُوهُ امْرَأَةً مِنْ أَوْلَادِكُمْ وَأَقَارِبِكُمْ (مَنْ تَرْضَوْنَ) أَيْ تَسْتَحْسِنُونَ (دِينَهُ) أَيْ دِيَانَتَهُ (وَخُلُقَهُ) أَيْ مُعَاشَرَتَهُ (فَزَوِّجُوهُ) أَيْ إِيَّاهَا (إِلَّا تَفْعَلُوا) أَيْ إِنْ لَمْ تُزَوِّجُوا مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ وَتَرْغَبُوا فِي مُجَرَّدِ الْحَسَبِ وَالْجَمَالِ أَوْ الْمَالِ (وَفَسَادٌ عَرِيضٌ) أَيْ ذُو عُرْضٍ أَيْ كَبِيرٌ وَذَلِكَ لِأَنَّكُمْ إِنْ لَمْ تُزَوِّجُوهَا إِلَّا مِنْ ذِي مَالٍ أَوْ جَاهٍ رُبَّمَا يَبْقَى أَكْثَرُ نِسَائِكُمْ بِلَا أَزْوَاجٍ وَأَكْثَرُ رِجَالِكُمْ بِلَا نساء فيكثر الافتتان بالزنى وَرُبَّمَا يَلْحَقُ الْأَوْلِيَاءَ عَارٌ فَتَهِيجُ الْفِتَنُ وَالْفَسَادُ وَيَتَرَتَّبُ عَلَيْهِ قَطْعُ النَّسَبِ وَقِلَّةُ الصَّلَاحِ وَالْعِفَّةِ

NING WULAN
 Cintai karena agama, hilang agamanya hilang cintanya,cintai karena rupo ilang baguse ilang ayune ilang cintane ,cintai krono bondone entek bondone entek cintane.Mulo cintai lah karena Allah. Mulo bkal mulyo selawase.

MBAH MATHORI
Kurang lebihnya mekaten kang...

تحفة الأحوذى ـ ج: ٤ ـ ص: ١٧٣

قَوْلُهُ (إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ) أَيْ طَلَبَ مِنْكُمْ أَنْ تُزَوِّجُوهُ امْرَأَةً مِنْ أَوْلَادِكُمْ وَأَقَارِبِكُمْ (مَنْ تَرْضَوْنَ) أَيْ تَسْتَحْسِنُونَ (دِينَهُ) أَيْ دِيَانَتَهُ (وَخُلُقَهُ) أَيْ مُعَاشَرَتَهُ (فَزَوِّجُوهُ) أَيْ إِيَّاهَا (إِلَّا تَفْعَلُوا) أَيْ إِنْ لَمْ تُزَوِّجُوا مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ وَتَرْغَبُوا فِي مُجَرَّدِ الْحَسَبِ وَالْجَمَالِ أَوْ الْمَالِ (وَفَسَادٌ عَرِيضٌ) أَيْ ذُو عُرْضٍ أَيْ كَبِيرٌ وَذَلِكَ لِأَنَّكُمْ إِنْ لَمْ تُزَوِّجُوهَا إِلَّا مِنْ ذِي مَالٍ أَوْ جَاهٍ رُبَّمَا يَبْقَى أَكْثَرُ نِسَائِكُمْ بِلَا أَزْوَاجٍ وَأَكْثَرُ رِجَالِكُمْ بِلَا نساء فيكثر الافتتان بالزنى وَرُبَّمَا يَلْحَقُ الْأَوْلِيَاءَ عَارٌ فَتَهِيجُ الْفِتَنُ وَالْفَسَادُ وَيَتَرَتَّبُ عَلَيْهِ قَطْعُ النَّسَبِ وَقِلَّةُ الصَّلَاحِ وَالْعِفَّةِ

Sabda beliau (jika melamar kpd kalian), maksudnya jika ia meminta dr kalian untuk menikahkannya dg seorang perempuan dr puteri2 kalian dan kerabat (perempuan) kalian, dan maksud dari (siapa yg kalian ridhai) adalah kalian anggap baik.
Dan maksud dari (agamanya) adalah keadaan beragamanya.
Dan maksud dari (akhlaknya) adalah hubungan socialnya.
Dan maksud dari (nikahkanlah) adalah lelaki tersebut dg perempuan tersebut.
Dan maksud dari (jika tidak) adalah jika tdk kalian nikahkan anak perempuan kalian dg lelaki yg kalian ridhai agama dan tingkah lakunya dan kalian hanya menginginkan kedudukan, harta atau kecantikan.
Dan maksud dari (kerusakan yg merata) adalah kerusakan yg luas yg demikian ini krn kalian tdk menikahkan kecuali kpd yg mempunyai harta atau kedudukan, maka akhirnya tersisa para anak perempuan tanpa ada suami dan sebaliknya para anak lelaki kalian tanpa ada istri. Maka akhirnya bertambah banyak fitnah zina, bahkan terkadang aib di dapatkan oleh para orang tua, lalau bertambah meluas musibah dan kerusakan yg berkonsekwensi pd terputusnya nasab keturunan, minimnya keshalihan dan kesucian.

 kang mb3link👊🏾:

kesimpulan

1.kembali pada jalurnya karena agama dan jg akhlaqnya

2.yg dimaksd fitnah tsb jika menolak khithbah maka fitnah yg dimksd adalah jatuh pada pergaulan bebas laki n perempuan non mahrom yg menyimpang dr tuntunan agama(sex bebas),yg jg bs berakibat pada menjadi aib bagi org tua n keluarganya

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...