[5/4 20:18] +62 856-4297-4058: DASI
One Day three Problems
Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi : kang santri kalong
Thema: muamalah
Judul : anak yatim
Deskripsi masalah:
Mau tanya tentang status anak hasil zina..
secara hukum anak hasil zina tidak bs bernasab pada ayah biologisnya melainkn pada ibunya..
pertanyaan:
1.jika ibu anak tsb meninggal,adakah qoul yg menyatakn statusnya sbg anak yatim??
2.berhak tidak anak tsb mewarisi harta tinggalan ibunya??
3.sampai sebatas manakah anak tsb menyandang status sbg anak yatim??
4.secara umum status piatu disandang oleh anak yg ditinggal mati ibunya,adakah dlm syariat islam status piatu tsb??
5.Dan dlm hal santunan, apakah anak piatu tsb mendapat hak bagian jg??? padahal umumnya dlm santunan tsb buat anak yatim..
Menu makan Malam
Pukul 20:00-22:00 WIB
Rabu,05 April 2017
(DASI)
MBH BARIR
حاشية البجيرمي على الخطيب : ويندرج في تفسيرهم اليتيم ولد الزنا واللقيط والمنفي بلعان ولا يسمون أيتاما لأن ولد الزنا لا أب له شرعا فلا يوصف باليتيم
الإقناع للشربيني : ويندرج في تفسيرهم اليتيم ولد الزنا واللقيط والمنفي بلعان ولا يسمون أيتاما لأن ولد الزنا لا أب له شرعا فلا يوصف باليتيم
مغني المحتاج : ويندرج في تفسيرهم اليتيم ولد الزنا
واللقيط والمنفي بلعان ولا يسمون أيتاما لأن ولد الزنا لا أب له شرعا فلا يوصف باليتيم . . .
Nitip niki riyen
المشهور أنه الصغير الذي لا أب له وأن التيتم في الآدمي بموت الآباء وفي لبهائم بموت الأمهات قال الماوردي لأن البهيمة تنسب إلى أمها فكان بموت الأم يتمها والآدمي ينسب إلى أبيه فكان يتمه بموت الأب وقال ابن أبي هريرة في كتاب الحجر من تعليقه التيتم من لا أب له ولا أم بلا خلاف وكذلك من لا أب له يلزمه اسم اليتيم قولا واحدا فأما إذا لم يكن له أم وكان له
أب فعلى وجهين أحدهما أنه يتيم وهو على القول الذي يقول أن الأم تلي أمر ابنها انتهى
santrimbelink💀: Nemu ne di kitab asshihaah juz 7 shohf 342
واليتم في الناس من قبل الاب، وفي البهائم من قبل الام.
Dr sini apa org zina dikiaskan ke bahaim sehingga status yatimnya anak hasil zina dr jalur ibu..ngoten niku gimana
MBH BARIR
المشهور أنه الصغير الذي لا أب له وأن التيتم في الآدمي بموت الآباء وفي لبهائم بموت الأمهات قال الماوردي لأن البهيمة تنسب إلى أمها فكان بموت الأم يتمها والآدمي ينسب إلى أبيه فكان يتمه بموت الأب وقال ابن أبي هريرة في كتاب الحجر من تعليقه التيتم من لا أب له ولا أم بلا خلاف وكذلك من لا أب له يلزمه اسم اليتيم قولا واحدا فأما إذا لم يكن له أم وكان له
أب فعلى وجهين أحدهما أنه يتيم وهو على القول الذي يقول أن الأم تلي أمر ابنها انتهى
والآدمي ينسب إلى أبيه فكان يتمه بموت الأب وقال ابن أبي هريرة في كتاب الحجر من تعليقه التيتم من لا أب له ولا أم بلا خلاف وكذلك من لا أب له يلزمه اسم اليتيم قولا واحدا فأما إذا لم يكن له أم وكان له
أب فعلى وجهين أحدهما أنه يتيم وهو على القول الذي يقول أن الأم تلي أمر ابنها انتهى
Menungso nadabe melok bpk e makane yatime sebab matine bpk e.........ketika ditinggal mati ibuk e tok onok rong pendapat 1 yatim
وقَالَ الحَرَالِّيُّ : اليُتْمُ : فِقْدَانُ الأَبِ حِينَ الحَاجَةِ ، ولِذلِكَ أثْبَتَهُ مُثْبِتٌ في الذَّكَرِ إِلَى البُلُوغِ ، والأنْثى إِلَى الثُّيُوبَةِ ، لِبَقَاءِ حَاجَتِها بَعْدَ البُلُوغِ
KANG QUSYEIRI
Jika seorang istri meninggal maka suami mndapatkan hak waris 1/4 dri harta peningglan istri..
Jika melihat dri hak suami scra otomti anak masih mmiliki hak waris dri ibu.
MBH BARIR
( *!اليُتْمُ ، بِالضَّمِّ : الانْفِرَادُ ) ، عَنْ يَعْقُوبَ ، وهذا هُوَ أصْلُ المَعْنَى ، كَمَا أَشَار إليه الرَّاغِبُ ، ( أوْ ) هُوَ ( فِقْدَانُ الأبِ ، ويُحَرَّكُ ) ، واقْتصَرَ الجَوْهَرِيُّ عَلَى الضَّمِّ ، وقَالَ الحَرَالِّيُّ : اليُتْمُ : فِقْدَانُ الأَبِ حِينَ الحَاجَةِ ، ولِذلِكَ أثْبَتَهُ مُثْبِتٌ في الذَّكَرِ إِلَى البُلُوغِ ، والأنْثى إِلَى الثُّيُوبَةِ ، لِبَقَاءِ حَاجَتِها بَعْدَ البُلُوغِ
Status yatim bagi laki2 smpek baleg untk wanita sampek dewsa...menurut kulo niku saking ibarot inggil
santrimbelink💀:
Dewasa e niki nek miturut keterangan berarti sampai masuk umur sah boleh nikah ngoten a mbah
KANG QUSYEIRI
1. Suami berhak mendapatkan harta warisan dari istrinya yang meninggal. Nilainya adalah 1/2 (setengah) harta keseluruhan kalau istri tidak punya anak; dan 1/4 (kalau ada anak). Bagian suami tersebut adalah hak dari suami. Karena itu hak, maka suami bisa mengambil haknya atau bisa juga memberikan ke orang lain. Hukum asal adalah suami harus diberi bagian waris dari istrinya, sebagaimana istri harus mendapatkan bagian waris dari suaminya yang meninggal.
santrimbelink💀:
Jd intinya msh punya hak waris dr jalur ibu ngoten a kang
Asnal matholib ..nambahi ibaroh e mbah barir
الثَّالِثُ لِلْيَتَامَى لِلْآيَةِ وَهُمْ كُلُّ صَغِيرٍ ذَكَرٍ أو أُنْثَى أو خُنْثَى لَا أَب له وَلَوْ كان له أُمٌّ وَجَدٌّ أَمَّا كَوْنُهُ صَغِيرًا فَلِخَبَرِ لَا يُتْمَ بَعْدَ احْتِلَامٍ رَوَاهُ أبو دَاوُد وَحَسَّنَهُ النَّوَوِيُّ لَكِنْ ضَعَّفَهُ الْمُنْذِرِيُّ وَغَيْرُهُ وَأَمَّا كَوْنُهُ لَا أَبَ له فَلِلْوَضْعِ وَالْعُرْفِ
Intinya ikhtilam niki berlaku untuk semua ngoten leres mboten mbah barir
Nambahi ibaroh e mbah qusyeiri tentang hak waris nya saking bahr arroiq
وَيَرِثُ وَلَدُ الزِّنَا وَاللِّعَانِ مِنْ جِهَةِ الأمِّ فَقَطْ ؛ لأنَّ نَسَبَهُ مِنْ جِهَةِ الأبِ مُنْقَطِعٌ فَلا يَرِثُ بِهِ وَمِنْ جِهَةِ الأمِّ ثَابِتٌ فَيَرِثُ بِهِ أُمَّهُ وَأُخْتَه مِنْ الأمِّ بِالْفَرْضِ لا غَيْرُ وَكَذَا تَرِثُهُ أُمُّهُ وَأُخْتُهُ مِنْ أُمِّهِ فَرْضًا لا غَيْرُ
Anak hasil zina atau li’an hanya mendapatkan hak waris dari pihak ibu saja, karena nasabnya dari pihak bapak telah terputus, maka ia tidak mendapatkan hak waris dari pihak bapak, sementara kejelasan nasabnya hanya melalui pihak ibu, maka ia memiliki hak waris dari pihak ibu, saudara perempuan seibu dengan fardh saja (bagian tertentu), demikian pula dengan ibu dan saudara perempuannya yang seibu, ia mendapatkan bagian fardh (tertentu), tidak dengan jalan lain.
KANG QUSYEIRI
Nek masalah santunan niki kadose sama mbh,,nth niku yatim atopun piatu,,,
santrimbelink💀:
Dalm hal niku kados e memang dalam syariat status piatu mboten onten mbah..hanya istilah bahasa indonesia mawon ..semerap kulo ngoten
إذا لم يكن له أم وكان له
أب فعلى وجهين أحدهما أنه يتيم وهو على القول الذي يقول أن الأم تلي أمر ابنها انتهى
Meski ketiadaan ibu dan masih punya bapak status piatu bs masuk dlm hal santunan..
Tetep bs dikatakan boleh menerima santunan meski bunyine santunan anak yatim..leres mboten niki cobi tahqiq e ..saking mantsur fil qowaid
kesimpulan
1.ada perbedaan pendapat tentang masalh tsb satu menyatakn ada yg satu menyatakan tidak ada status yatim bagi anak hasil zina jika ditinggal mati ibunya
2.masih berhak mewarisi
3.sampai ikhtilam(mimpi basah)
4.disamakan dg kedudukan anak yatim
5.kembali pada jawaban nomer 4 maka dia berhak atas santunan tsb sbgmana anak yatim lainnya
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar