Rabu, 26 April 2017

MUAMALAH : HUKUM BUKA WARUNG SIANG HARI DIBULAN PUASA

[25/4 20.08] Mbelink Wa: DASI
One Day Two Problems




Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi : Bapake Abi
Thema:
Judul:


 Gus ya'i nderek tanglet!
1.pripun hukume jualan makanan(warung makan) disiang hari pada bulan puasa?
2.bagai mana dengan saya yg berpuasa?apakah mengurangi pahala puasa saya?
3.seumpama tidak diperbolehkan ! USAHA saya cuman itu untuk menfkahi kekuarga?

Misalkan warung dibuka sore hari !
Untuk hari2 biasa aja warung dibuka dari pagi smpi mlm aja belum begitu rame.apalagi cuman dari sore hari!


Mohon pencerahanya ???
Informasikan klo mau diwedar soalnya biar bisa nyimak secara langsung!
Sakderenge matur sembah nuwun๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™.





Menu makan Malam
Pukul 20.00-22.00 WIB
Selasa,25 April 2017
( DASI)

GUS ONE
 1.menurut guruku hukum e boleh supaya tetap mendapat pahala dari hormat bulan puasa LBH baik warung LBH tertutup jd yg makan tidak keliatan dari luar
2.tidak mengurangi pahala puasa kecuali hal2 yg memang bisa
mengurangi pahala puasa sprti ghibah bohong dll
3.menafkahi keluarga hukumnya wajib

NO NAME
 1. Jika di area non muslim tidak apa2, sebaliknya jika di area muslim haram.
2. Tidak. Jika di area sesuai jwb.no1.
3. Sesuai tempat dan kondisi.


MBAH BARIR
 Haram dan termasuk jual beli yang mengandung maksiat bila si penjual yakin atau punya dugaan kuat bahwa pembeli akan memakannya disiang hari ramadhan. Keterangan dari kitab :

( ูˆู‚ูˆู„ู‡ ู…ู† ูƒู„ ุชุตุฑู ูŠูุถูŠ ุฅู„ู‰ ู…ุนุตูŠุฉ ) ุจูŠุงู† ู„ู†ุญูˆ ูˆุฐู„ูƒ ูƒุจูŠุน ุงู„ุฏุงุจุฉ ู„ู…ู† ูŠูƒู„ูู‡ุง ููˆู‚ ุทุงู‚ุชู‡ุง ูˆุงู„ุฃู…ุฉ ุนู„ู‰ ู…ู† ูŠุชุฎุฐู‡ุง ู„ุบู†ุงุก ู…ุญุฑู… ูˆุงู„ุฎุดุจ ุนู„ู‰ ู…ู† ูŠุชุฎุฐู‡ ุขู„ุฉ ู„ู‡ูˆ ูˆูƒุฅุทุนุงู… ู…ุณู„ู… ู…ูƒู„ู ูƒุงูุฑุง ู…ูƒู„ูุง ููŠ ู†ู‡ุงุฑ ุฑู…ุถุงู† ูˆูƒุฐุง ุจูŠุนู‡ ุทุนุงู…ุง ุนู„ู… ุฃูˆ ุธู† ุฃู†ู‡ ูŠุฃูƒู„ู‡ ู†ู‡ุงุฑุง

(Keterangan "dari setiap tindakan yang berakibat kearah maksiat") seperti menjual tunggangan pada orang yang akan membebaninya diluar batas kemampuannya, menjual sahaya wanita untuk menyanyi yang diharamkan, menjual kayu pada orang yang akan memakainya untuk alat malaahi, dan seperti orang muslim dewasa yang memberi makanan pada orang kafir dewasa disiang hari ramadhan, begitu juga menjual makanan bila yakin atau menduga kuat ia akan memakannya disiang hari ramadhan. [ I’aanah at-Thoolibiin III/24 ].

ูˆู…ู† ุงู„ู†ุญูˆ ุจูŠุน ุงู„ุฃู…ุฑุฏ ู„ู…ู† ุนุฑู ุจุงู„ูุฌูˆุฑ ูˆุงู„ุฌุงุฑูŠุฉ ู„ู…ู† ูŠุชุฎุฐู‡ุง ู„ู„ุบู†ุงุก ุงู„ู…ุญุฑู… ูˆุงู„ุฎุดุจ ู„ู…ู† ูŠุชุฎุฐู‡ ุขู„ุฉ ู„ู‡ูˆ ูˆุฅุทุนุงู… ู…ุณู„ู… ู…ูƒู„ู ูƒุงูุฑุง ู…ูƒู„ูุง ููŠ ู†ู‡ุงุฑ ุฑู…ุถุงู† ูˆูƒุฐุง ุจูŠุนู‡ ุทุนุงู…ุง ุนู„ู… ุฃูˆ ุธู† ุฃู†ู‡ ูŠุฃูƒู„ู‡ ู†ู‡ุงุฑุง .

Sebagian contoh jual beli yang diharamkan adalah menjual amraad (pemuda tampan) pada orang yang diketahui kemesumannya, menjual sahaya wanita untuk menyanyi yang diharamkan, menjual kayu pada orang yang akan memakainya untuk alat malaahi, dan seperti orang muslim dewasa yang memberi makanan pada orang kafir dewasa disiang hari ramadhan, begitu juga menjual makanan bila yakin atau menduga kuat ia akan memakannya disiang hari ramadhan. [ Hasyiyah al-Bujairomi II/224 ].
 ูˆูƒุฅุทุนุงู… ู…ุณู„ู… ู…ูƒู„ู ูƒุงูุฑุง ู…ูƒู„ูุง ููŠ ู†ู‡ุงุฑ ุฑู…ุถุงู† ูˆูƒุฐุง ุจูŠุนู‡ ุทุนุงู…ุง ุนู„ู… ุฃูˆ ุธู† ุฃู†ู‡ ูŠุฃูƒู„ู‡ ู†ู‡ุงุฑุง
 ูˆูƒุฐุง ุจูŠุนู‡ ุทุนุงู…ุง ุนู„ู… ุฃูˆ ุธู† ุฃู†ู‡ ูŠุฃูƒู„ู‡ ู†ู‡ุงุฑุง

SANTRIMBELINK
 yg menjadikan hukum haramnya berjualan pada bln puasa si penjual tsb punya keyakinan org tsb punya kwajiban puasa tp mlah andok di warungnya padahal penjual tsb tau ini bln puasa ,,,istilah e ridlo dgn kemaksiatan tsb,,

KANG MIFTAH
 boleh koq usaha kalo usahanya utk makan dan minum/resto/warnas bisa di pindah jamnya saat buka puasa sampai saur aja bukanya.
saat jelang buka siapkan jual hidangan berbuka puasa apt kolak cemilan dll
insya allah tidak merubah pahala puasaya, selagi niatkan yg lurus, dan menjaga pembatal pembatal puasanya,
Insyaa Allah kalau mau melakukan dgn  iklas ,jualan dipindah jamnya menjelang buka puasa ,Allah akan meridhoi dan yakin rezeki sdh diatur Allah.
Dalil e aku ra iso ndalil ๐Ÿ™Š

 Hasil rembuk teko konco dolor ku:

Menjual Makanan Di Siang Hari Ramadhan

Kita akan menyebutkan beberapa ayat, yang bisa dijadikan acuan untuk membahas acara makan di siang hari ramadhan.

Pertama, Allah melarang kita untuk ta’awun (tolong-menolong) dalam dosa dan maksiat.

Allah berfirman,

ูˆَู„َุง ุชَุนَุงูˆَู†ُูˆุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْุฅِุซْู…ِ ูˆَุงู„ْุนُุฏْูˆَุงู†ِ

“Janganlah kalian tolong menolong dalam dosa dan maksiat.” (QS. al-Maidah: 2).

Sekalipun anda tidak melakukan maksiat, tapi anda tidak boleh membantu orang lain untuk melakukan maksiat. Maksiat, musuh kita bersama, sehingga harus ditekan, bukan malah dibantu.

Tidak berpuasa di siang hari ramadhan tanpa udzur, jelas itu perbuatan maksiat. Bahkan dosa besar. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah diperlihatkan siksaan untuk orang semacam ini

“Dia digantung dengan mata kakinya (terjungkir), pipinya sobek, dan mengalirkan darah.” (HR. Ibnu Hibban, 7491; dishahihkan Al-A’dzami)

Siapapun pelakunya, tidak boleh didukung. Sampaipun orang kafir. Karena pendapat yang benar, orang kafir juga mendapatkan beban kewajiban syariat. Sekalipun andai dia beramal, amalnya tidak diterima, sampai dia masuk islam.

An-Nawawi mengatakan,

ูˆุงู„ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ุตุญูŠุญ ุงู„ุฐูŠ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ู…ุญู‚ู‚ูˆู† ูˆุงู„ุฃูƒุซุฑูˆู† : ุฃู† ุงู„ูƒูุงุฑ ู…ุฎุงุทุจูˆู† ุจูุฑูˆุน ุงู„ุดุฑุน ، ููŠุญุฑู… ุนู„ูŠู‡ู… ุงู„ุญุฑูŠุฑ ، ูƒู…ุง ูŠุญุฑู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†

Pendapat yang benar, yang diikuti oleh para ulama ahli tahqiq (peneliti) dan mayoritas ulama, bahwa orang kafir mendapatkan beban dengan syariat-syariat islam. Sehingga mereka juga diharamkan memakai sutera, sebagaimana itu diharamkan bagi kaum muslimin. (Syarh Shahih Muslim, 14/39).

Diantara dalil bahwa orang kafir juga dihukum karena meninggakan syariat-syariat islam, adalah firman Allah ketika menceritakan dialog penduduk surga dengan penduduk neraka,

ุฅِู„َّุง ุฃَุตْุญَุงุจَ ุงู„ْูŠَู…ِูŠู†ِ . ูِูŠ ุฌَู†َّุงุชٍ ูŠَุชَุณَุงุกَู„ُูˆู†َ . ุนَู†ِ ุงู„ْู…ُุฌْุฑِู…ِูŠู†َ . ู…َุง ุณَู„َูƒَูƒُู…ْ ูِูŠ ุณَู‚َุฑَ . ู‚َุงู„ُูˆุง ู„َู…ْ ู†َูƒُ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุตَู„ِّูŠู†َ . ูˆَู„َู…ْ ู†َูƒُ ู†ُุทْุนِู…ُ ุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠู†َ

Kecuali golongan kanan, berada di dalam syurga, mereka tanya-menanya, tentang (keadaan) orang-orang kafir. Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?”  Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat. Dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin. (QS. al-Muddatsir: 39 – 44)

Dalam obrolan pada ayat di atas, Allah menceritakan pertanyaan penduduk surga kepada penduduk neraka, ‘Apa yang menyebabkan kalian masuk neraka?’

Jawab mereka: “Karena kami tidak shalat dan tidak berinfak.”

Padahal jika mereka shalat atau infak, amal mereka tidak diterima.

Inilah yang menjadi landasan fatwa para ulama yang melarang menjual makanan kepada orang kafir ketika ramadhan. Karena dengan begitu, berarti kita mendukungnya untuk semakin berbuat maksiat.

Dalam Hasyiah Syarh Manhaj at-Thullab dinyatakan,

ูˆู…ู† ุซู… ุฃูุชู‰ ุดูŠุฎู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ุดู‡ุงุจ ุงู„ุฑู…ู„ูŠ ุจุฃู†ู‡ ูŠุญุฑู… ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู… ุฃู† ูŠุณู‚ูŠ ุงู„ุฐู…ูŠ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ุจุนูˆุถ ุฃูˆ ุบูŠุฑู‡، ู„ุฃู† ููŠ ุฐู„ูƒ ุฅุนุงู†ุฉ ุนู„ู‰ ู…ุนุตูŠุชู‡

Dari sinilah, guru kami Muhammad bin Syihab ar-Ramli, mengharamkan setiap muslim untuk memberi minum kafir dzimmi di bulan ramadhan, baik melalui cara

(Hasyiah al-Jamal ‘ala Syarh Manhaj at-Thullab, 10/310)

Kedua, Allah memerintahkan kita untuk mengagungkan semua syiar islam

ุฐَู„ِูƒَ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุนَุธِّู…ْ ุดَุนَุงุฆِุฑَ ุงู„ู„َّู‡ِ ูَุฅِู†َّู‡َุง ู…ِู†ْ ุชَู‚ْูˆَู‰ ุงู„ْู‚ُู„ُูˆุจِ

Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati (QS. al-Hajj: 32)

Bulan ramadhan, termasuk syiar islam. Di saat itulah, kaum muslimin sedunia, serempak melakukan puasa. Karena itu, menjalankan puasa bagian dari mengagungkan ramadhan. Hingga orang yang tidak berpuasa, dia tidak boleh secara terang-terangan makan-minum di depan umum, disaksikan oleh masyarakat lainnya. Tindakan semacam ini, dianggap tidak mengagungkan kehormatan ramadhan.

Dulu para sahabat, mengajak anak-anak mereka yang masih kecil, untuk turut berpuasa. Sehingga mereka tidak makan minum di saat semua orang puasa.

Sahabat Rubayi’ bintu Mu’awidz menceritakan bahwa pada pagi hari Asyura, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus beberapa sahabat ke berbagai kampung di sekitar Madinah, memerintahkan mereka untuk puasa.

ูَูƒُู†َّุง ุจَุนْุฏَ ุฐَู„ِูƒَ ู†َุตُูˆู…ُู‡ُ ูˆَู†ُุตَูˆِّู…ُ ุตِุจْูŠَุงู†َู†َุง ุงู„ุตِّุบَุงุฑَ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ

Kemudian kami melakukan puasa setelah itu dan kami mengajak anak-anak kami untuk turut berpuasa.

Rubayi’ melanjutkan,

ูَู†َุฌْุนَู„ُ ู„َู‡ُู…ُ ุงู„ู„ُّุนْุจَุฉَ ู…ِู†َ ุงู„ْุนِู‡ْู†ِ ูَุฅِุฐَุง ุจَูƒَู‰ ุฃَุญَุฏُู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰ ุงู„ุทَّุนَุงู…ِ ุฃَุนْุทَูŠْู†َุงู‡َุง ุฅِูŠَّุงู‡ُ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ุฅِูْุทَุงุฑِ

Kami buatkan untuk mereka mainan dari kapas. Jika mereka menangis minta makan, kami berikan boneka itu ketika waktu berbuka. (HR. Muslim no. 2725).

Kita bisa tiru model pembelajaran yang diajarkan para sahabat. Sampai anak-anak yang masih suka main boneka, diajak untuk berpuasa. Karena menghormati kemuliaan ramadhan.

Orang yang udzur, yang tidak wajib puasa, jelas boleh makan minum ketika ramdhan. Tapi bukan berarti boleh terang-terangan makan minum di luar. Sementara membuka rumah makan di siang ramadhan, lebih parah dibandingkan sebatas makan di tempat umum.

Karena alasan inilah, para ulama memfatwakan untuk menutup rumah makan selama ramadhan.

Dalam fatwa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

ูˆู‚ุฏ ุฃูุชู‰ ุฌู…ุงุนุฉ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุจูˆุฌูˆุจ ุฅุบู„ุงู‚ ุงู„ู…ุทุงุนู… ููŠ ู†ู‡ุงุฑ ุฑู…ุถุงู† ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… .

Para ulama memfatwakan, wajibnya menutup warung makan di siang hari ramadhan. Allahu a’lam.

(Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 2097)

Allahu a’lam๐Ÿ™

KANG MIFTAH
 Insyaa Allah kalau mau melakukan dgn  iklas ,jualan dipindah jamnya menjelang buka puasa ,Allah akan meridhoi dan yakin rezeki sdh diatur Allah.
bukan untuk menjauhi yg tidak puasa, TAPI menghargai yg lagi puasa
Kesimpulan ne teko konco dolor ๐Ÿ™

GUS ONE
 Saat beliau abu Yazid nyantri berkirimlah surat ibu beliau kepada gurunya untuk meminta izin agar abu yazid segera segera pulang PD saat itu nama abu Yazid sudah begitu terkenal dlm kalangan ulama di daerahnya. Setelah mendapat izin plg utk menemui ibunya berangkatlah beliau plg yg kebetulan bertepatan dlm bulan Ramadhan di daerah beliau pun telah tersebar akan kepulangan abu Yazid sehingga diadakan acara penyambutan ketika perjalanan hendak sampai abu Yazid tau akan penyambutan kepulangannya sehingga menyebabkan tertundanya utk menemui ibunya sehingga dalam perjalan saat semua berpuasa abu Yazid pun makan sehingga membuat bubar semua yg hendak menyambutnya seraya mencibir beliau . dgn bgt abu Yazid bisa menemui ibunya dgn tepat waktu.

MBH BARIR
 ูَูƒَุงู†َ ุชَุตَุฑُّูٌ ูŠُุคَุฏِّู‰ ุฅِู„َู‰ ู…َุนْุตِูŠَّุฉٍ ุญَุฑَุงู…ٍ ูƒَู…َุง ุฃَูَุงุฏَ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ุดَّุฑْู‚َุงูˆِู‰ ุงู‡ู€

kang miftah
Kalau menurut fiqih:

1. Bahwa jualan sah selama jualan barang yang di bolehkan syara.
Dan di bolehkan kalau sudah mata pencahariannya dan jualannya di tempat umum kaya terminal yang di niatkan untuk menolong musyafir atau orang yang tidak berpuasa karena untuk menolongnya. Tetapi juga di upayakan agar ditutup supaya jangan terlalu terang terangan agar tidak mengganggu yang berpuasa.
2. Pahala puasa tidak berkurang selama anda berpuasa dengan benar. Dan yang jelas niatan dan harus tahu makna dan tujuan puasa sebenarnya.
3. Antum tanya hanya ada usaha itu. Padahal banyak sekali usaha yang kadang belum kita coba. Mungkin seandainya anda berhenti dari peluang tersebut. MUNGKIN ALLOH AKAN MENGGANTI DENGAN LAINNYA.
Kan banyak muslim lainnya yang biasa jualan makanan ketika puasa ganti profesi. Apa lagi antum bilang katanya belum rame banget.
Maaf sebelumnya hanya berpendapat. Jika ada yang mau meluruskan ...monggo
__
Tetap semangka
(Semangat karena Alloh)
Kumpulan cah brandal๐Ÿ•ต ๐Ÿ™

kesimpulan

1.haram n dosa
-jika penjual tsb punya dugaan kuat n tau bahwa pembelinya trmasuk org yg berkewajiban puasa akan tetapi membiarkan pembeli makan diwarungnya,sama seperti ridlo dg kemaksiatan/menolong dlm hal maksiat

mubah/boleh
-jika pembelinya tsb bukan org2 yg berkewajiban puasa sprti perempuan yg menstruasi,anak kecil,musafir

jd haram atau tidak tergatung pada dzon(dugaan dr penjual)

2.jika mengikut pada hukum yg haram tidak baTal puasanya tp hilang pahala amal puasanya,akan tetapi jika pada hukum yg mubah maka tdk mengurangi pahala puasanya

3.masih bs usaha yg lain kalo mau cawe2 seperti jualan bukan dlm bentuk makanan atau lainnya

nb : ikhtiyatnya lebih baik tidak berjualan siang hari dibulan puasa,sbg solusi buka warung pada sore hari menjelang buka puasa n dini hari menjelang sahur sampe masuk waktu imsak

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...