Sabtu, 01 April 2017

FIQIH NIKAH : SUAMI MURTAD OTOMATIS CERAI

[26/3 20:03] SantriEmbongan🦁: DASI
One Day three Problems




Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi : ning wulan
Thema : fiqh
Judul :Talaq/fasakh


Deskripsi :
Assalamu'alaikum...saya dulu menikah dengan suami yg mualaf..tapi kemudian dia menikah lagi dengan seorang kristen dan murtad kembali tanpa sepengetahuan saya.


Pertanyaan :
1.apakah secara otomatis dengan murtadnya suami saya,saya telah bercerai dengan dia??

2.jika tidak,bolehkah saya mengajukan fasakh??

3.saya menikah secara islam,haruskah bercerai secara islam??







Menu makan Malam
Pukul 20:00-22:00 WIB
Minggu,26 Maret 2017

(DASI)


MBAH MUDZ
 ولو ارتد زوجان أو أحدهما قبل دخول تنجزت الفرقة بينهما أو بعده أي الدخول وقفت فان جمعهما الاسلام في العدة دام النكاح وإلا بأن لم يجمعها فالفرقة من الردة ويحرم الوطء في التوقف

Jika pasutri murtad atau salah satunya sebelum melakukan hubungan badan maka langsung berlaku hukum cerai diantara mereka, jika murtadnya setelah melakukan hubungan badan maka dihentikan dulu, jika mereka bisa kembali islam saat masih iddah maka
hukum nikahnya masih tetap berlaku, dan jika tidak, maka hukum furqoh/cerai itu berlaku gara2 murtaddan diharamkan berhubungan badan dalam masa-masa pemberhentiannya. Assiroj alwahhaj juz 1 hal 377


CAK MOET
 MURTADNYA SUAMI ISTRI dan DAMPAKNYA PADA PERNIKAHAN

ارتداد الزوجين أوأحدهما: قال الشافعية، والحنابلة والمالكية: لو ارتد الزوجان أو أحدهما قبل الدخول تنجزت الفُرْقة، أي انفسخ النكاح في الحال. وإن كانت الردة بعد الدخول، توقفت الفرقة أو الفسخ على انقضاء العدة، فإن جمعهما الإسلام في العدة، دام النكاح، وإن لم يجمعهما في العدة انفسخ النكاح من وقت الردة، …. وإذا أسلمت المرأة قبل الرجل فأسلم في عدتها، أو أسلما معاً، فتتقرر الزوجية بينهما، وإن أسلم أحدهما ولم يتبعه الآخر في العدة، انفسخ زواجهما

Kalangan Syafi’iyyah, Hnabilah dan Malikiyyah berpendapat “Bila suami istri atau salah satu dari mereka murtad sebelum terjadinya dukhul (senggama pertama kali) berakhirlah ikatan mereka dengan perceraian dalam arti pernikahan mereka seketika menjadi rusak, bila murtadnya setelah terjadinya dukhul maka perceraian dan rusaknya pernikahan ditangguhkan hingga selesainya masa iddah, bila keduanya dikumpulkan kembali dalam agama islam disaat masa iddah, nikahnya langgeng, bila tidak terkumpulkan dalam islam niahnya rusak terhitung semenjak terjadinya murtad…

Bila istri islam duluan sebelum suaminya yang kemudian juga islam kembali saat masa-masa iddah atau keduanya islam bersama-sama maka ikatan perkawinannya tetap dan tidak rusak, dan bila salah seorang diantara mereka islam dengan tidak diikuti oleh lainnya maka rusaklah pernikannya. [ Al-Fiqh al-Islaam IX/150 ].

 - وَرِدَّةُ أَحَدِ الزَّوْجَيْنِ مُوجِبَةٌ لاِنْفِسَاخِ عَقْدِ النِّكَاحِ عِنْدَ عَامَّةِ الْفُقَهَاءِ . بِدَلِيل قَوْله تَعَالَى : { لاَ هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ وَلاَ هُمْ يَحِلُّونَ لَهُنَّ } (2) ، وَقَوْلِهِ سُبْحَانَهُ : { وَلاَ تُمْسِكُوا بِعِصَمِ الْكَوَافِرِ } . (3)

فَإِذَا ارْتَدَّ أَحَدُهُمَا وَكَانَ ذَلِكَ قَبْل الدُّخُول انْفَسَخَ النِّكَاحُ فِي الْحَال وَلَمْ يَرِثْ أَحَدُهُمَا الآْخَرَ ، وَإِنْ كَانَ بَعْدَ الدُّخُول قَال الشَّافِعِيَّةُ - وَهُوَ رِوَايَةٌ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ - حِيل بَيْنَهُمَا إِلَى انْقِضَاءِ الْعِدَّةِ ، فَإِنْ رَجَعَ إِلَى الإِْسْلاَمِ قَبْل أَنْ تَنْقَضِيَ الْعِدَّةُ فَالْعِصْمَةُ بَاقِيَةٌ ، وَإِنْ لَمْ يَرْجِعْ إِلَى الإِْسْلاَمِ انْفَسَخَ النِّكَاحُ بِلاَ طَلاَقٍ . (4) وَقَال أَبُو حَنِيفَةَ وَأَبُو يُوسُفَ ، وَهُوَ رِوَايَةٌ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ : إِنَّ ارْتِدَادَ أَحَدِ الزَّوْجَيْنِ فَسْخٌ عَاجِلٌ بِلاَ قَضَاءٍ فَلاَ يُنْقِصُ عَدَدَ الطَّلاَقِ ، سَوَاءٌ أَكَانَ قَبْل الدُّخُول أَمْ بَعْدَهُ . (5) وَقَال الْمَالِكِيَّةُ ، وَهُوَ قَوْل مُحَمَّدٍ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ : إِذَا ارْتَدَّ أَحَدُ الزَّوْجَيْنِ انْفَسَخَ النِّكَاحُ بِطَلاَقٍ بَائِنٍ

MBAH MUDZ

 فكالمسلم ( ولا تحل مرتدة ) لأحد لا من المسلمين لأنها كافرة لا تقر ولا من الكفار لبقاء علقة الإسلام فيها ( وردة ) من الزوجين أو أحدهما ( قبل دخول ) وما في معناه من استدخال مني ( تنجز فرقة ) بينهما لعدم تأكد النكاح بالدخول أو ما في معناه ( وبعده ) توقفها ( فإن جمعهما إسلام في العدة دام نكاح ) بينهما لتأكده بما ذكر ( وإلا فالفرقة ) بينهما حاصلة ( من ) حين ( الردة ) منهما أو من أحدهما ( وحرم وطء ) في مدة التوقف لتزلزل ملك النكاح بالردة ( ولا حد ) فيه لشبهة بقاء النكاح بل فيه تعزير وتجب العدة منه كما لو طلق زوجته رجعيا ثم وطئها في العدة. فتح الوهاب : ٢/٦٨


MBAH NYOO
 Imam Nawawi dari madzhab Syafi'i menyatakan dalam kitab Al-Minhaj

ولو انفسخ -أي النكاح- بردة بعد وطء فالمسمى -أي فالواجب هو المهر المسمى. انتهى
فقد سمى رحمه الله الفرقة الحاصلة بسبب الردة فسخاً

Artinya: Apabila nikah batal (fasakh) karena sebab murtad setelah terjadinya hubungan intim maka istri berhak mendapat mahar atau maskawin (kalau mahar belum dibayar). Perpisahan suami-istri karena murtad disebut fasakh.

 Al-Ibadi dari madzhab Hanafi mengatakan dalam kitab Mukhtashar Al-Qaduri

وإذا ارتد أحد الزوجين عن الإسلام وقعت البينونة بينهما فرقة بغير طلاق عندهما -يعني أبا حنيفة وأبا يوسف - وقال محمد إن كانت الردة من الزوج فهي طلاق.

Artinya: Apabila salah satu suami-istri murtad dari Islam maka terjadikan perpisahan (firqah) yang bukan talak. Menurut Abu Yusuf, apabila yang murtad itu suami maka disebut talak.

 Dalam kitab Daurul Hukkam madzhab Hanafi juga dikatakan
ارتداد أحدهما فسخ عاجل للنكاح غير موقوف على الحكم. وفائدة كونه فسخاً أن عدد الطلاق لا ينتقص به.

Artinya: Murtadnya salah satu suami-istri membatalkan nikah secara otomatis tanpa perlu keputusan hukum pengadilan.

MBAH MUDZ

Kesimpulan :
No. 1. OTOMATIS CERAI, dengan catatan sebagai berikut:

A. Jika murtad qobla dukhul
B. Jika murtad sesudah dukhul maka di larang bersenggama sampai masa Iddah habis. Apabila kembali Islam di masa itu maka otomatis sah kembali dan bila tetap murtad maka nikahnya rusak/ otomatis cerai.
No. 2 dan 3 gugur.

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...