1. bapak biologis dr anak hasil zina meninggal dunia atau kabur atau pergi meninggalkan anak yg masih kecil, apakah itu disebut anak yatim..?
2. Bagaimana pula dg anak yg ditinggal mati oleh ibunya, apakah jg disebut anak yatim?
3. Dan sampai kapankah status yatim itu masih berlaku..??
Menu makan Malam
Pukul 20:00-21:00 WIB
Ahad, 26 Februari 2017
( DASI )
KANG GEPPENK
1. tidak
2. piatu
3. baligh
bs perjalanan gus
KANG IBNU MATHORI
Yang dimaksudkan dengan anak yatim ialah anak yang ditinggal mati ayahnya. Batasan dari anak yatim tersebut sampai dia baligh.
Dalam al Quran surat al An'am 152 antara lain dinyatakan:
ﻭَﻻَ ﺗَﻘْﺮَﺑُﻮﺍ ﻣَﺎﻝَ ﺍﻟﻴَﺘِﻴْﻢِ ﺇﻻَّ ﺑِﺎﻟﺘِّﻰ ﻫِﻲ ﺃﺣْﺴَﻦُ ﺣَﺖَّ ﻳَﺒْﻠُﻎَ ﺃًﺷُﺪَّﻩُ ﺍﻵﻳﺔ
Menurut tafsir Jalaluddin, yang dimaksud dengan hatta yablugho
ashuddahu adalah sampai dia baligh (dapat mengeluarkan air mani, atau kalau wanita sudah mengalami menstruasi).
Secara bahasa, yatim artinya al-fardu (sendirian) dan segala sesuatu yang ditinggal oleh sesuatu yang serupa dengannya. ( As-Shihah fi Al-Lughah , kata: ﻳﺘﻢ )
Ibnu Sikkith mengatakan dlm kitab lisanul Arab:
لسان العرب ـ ج: ١٢ ـ ص: ٦٤٥
ﺍﻟْﻴَﺘِﻴﻢُ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻣِﻦْ ﻗِﺒَﻞ ﺍﻷَﺏِ، ﻭَﻓِﻲ ﺍﻟْﺒَﻬَﺎﺋِﻢِ ﻣِﻦْ ﻗِﺒَﻞ ﺍﻷُﻡِّ، ﻭَﻻَ ﻳُﻘَﺎﻝ ﻟِﻤَﻦْ ﻓَﻘَﺪَ ﺍﻷُﻡَّ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻳَﺘِﻴﻢٌ
“Kata ‘yatim’ untuk manusia, karena ayahnya meninggal, sedangkan untuk binatang, kata ‘yatim’ digunakan untuk menyebut binatang yang kehilangan ibunya. Manusia yang kehilangan ibunya tidak bisa disebut yatim.”
Anak zina tdk bs bernasab pd ayah biologisnya... jd bukan termasuk...
Anak zina hanya bernasab pada ibunya.
Secara istilah, para ulama mendefinisikan yatim sebagai berikut:
الموسوعة الفقهية الكويتية ـ ج: ٤٥ ـ ص: ٢٥٤
وَفِي الاِصْطِلاَحِ: عَرَّفَ الْفُقَهَاءُ الْيَتِيمَ بِأَنَّهُ مَنْ مَاتَأَبُوهُ وَهُوَ دُونُ الْبُلُوغِ. لِحَدِيثِ: " لاَ يُتْمَ بَعْدَ احْتِلاَمٍ "
Anak yatim adalah anak yang ditinggal mati bapaknya, ketika dia belum baligh. Berdasarkan hadis: “Tidak ada status yatim setelah mimpi basah .”
Ralat
Teks lengkap
الموسوعة الفقهية الكويتية ـ ج: ٤٥ ـ ص: ٢٥٤
يَتِيمٌ
التَّعْرِيفُ:
١ - الْيَتِيمُ فِي اللُّغَةِ: الْفَرْدُ وَكُل شَيْءٍ يَعِزُّ نَظِيرُهُ وَالْيَتِيمُ بِضَمِّ الْيَاءِ وَفَتْحِهَا: الاِنْفِرَادُ أَوْ فِقْدَانُ الأَْبِ، وَالأُْنْثَى يَتِيمَةٌ وَالْجَمْعُ أَيْتَامٌ وَيَتَامَى.
قَال ابْنُ السِّكِّيتِ: الْيَتِيمُ فِي النَّاسِ مِنْ قِبَل الأَْبِ، وَفِي الْبَهَائِمِ مِنْ قِبَل الأُْمِّ، وَلاَ يُقَال لِمَنْ فَقَدَ الأُْمَّمِنَ النَّاسِ يَتِيمٌ. (١)
وَفِي الاِصْطِلاَحِ: عَرَّفَ الْفُقَهَاءُ الْيَتِيمَ بِأَنَّهُ مَنْ مَاتَ أَبُوهُ وَهُوَ دُونُ الْبُلُوغِ. (٢) لِحَدِيثِ: " لاَ يُتْمَ بَعْدَ احْتِلاَمٍ " (٣)
-----------------
(١) لسان العرب، والصحاح والقاموس المحيط.
(٢) رد المحتار على الدر المختار ٥ / ٤٤٠، كافية الطالب الرياني ٢ / ٢٠٦، ومطالب أولي النهى ٤ / ٣٦١، وأسنى المطالب ٣ / ٨٨.
(٣) حديث: " لا يتم بعد احتلام " أخرجه الطبراني في الكبير (٤ / ١٤) من حديث حنظلة بن حذيم، وقال الهيثمي في مجمع الزوائد (٤ / ٢٦٦) : رجاله ثقات.
Niki bahasannya ada pd status anak zina kang... tdk bs masuk pd anak yatim... hehe...
Anak zina kan bernasab pd ibunya...
Bisa disebut yatim klo ibunya yg meninggal...
[26/2 21:28] +62 823-1256-2765: Nemu ibarot niki kang
أ - وَلَدُ الزِّنَا:
٢ - وَلَدُ الزِّنَا هُوَ الَّذِي تَأْتِي بِهِ أُمُّهُ مِنَ الزِّنَا (ر: وَلَدُ الزِّنَا ف١) .
وَالصِّلَةُ بَيْنَ وَلَدِ الزِّنَا وَالْيَتِيمِ أَنَّ كِلَيْهِمَا لاَ أَبَ لَهُمَا إِلاَّ أَنَّ وَلَدَ الزِّنَا لَمْ يَكُنْ لَهُ أَبٌ شَرْعًا بِخِلاَفِ الْيَتِيمِفَإِنَّهُ قَدْ كَانَ لَهُ أَبٌ.
[26/2 21:43] +62 823-1256-2765: Kurang lebihnya mekaten kang...
أ - وَلَدُ الزِّنَا:
٢ - وَلَدُ الزِّنَا هُوَ الَّذِي تَأْتِي بِهِ أُمُّهُ مِنَ الزِّنَا
Anak zina adalah anak yg datang (lahir) dr ibu yg berzina.
وَالصِّلَةُ بَيْنَ وَلَدِ الزِّنَا وَالْيَتِيمِ أَنَّ كِلَيْهِمَا لاَ أَبَ لَهُمَا إِلاَّ أَنَّ وَلَدَ الزِّنَا لَمْ يَكُنْ لَهُ أَبٌ شَرْعًا بِخِلاَفِ الْيَتِيمِ فَإِنَّهُ قَدْ كَانَ لَهُ أَبٌ.
Persamaan antara anak zina dan anak yatim adalah bahwa mereka berdua tidak punya ayah, akan tetapi anak zina itu tdk punya ayah secara syara', berbeda dg anak yatim yg punya ayah secara syar'i.
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar