gus bagaimana hukum pengumuman orang meninggal makai pengeras masjid??
Menu makan Siang
Pukul 10:30-11:30 WIB
Selasa,28 Februari 2017
( DASI)
Cak Moet:
Boleh.
Yang gak boleh itu orang yang meninggal yang mengumumkan sendiri.
🙏🏽🙇🏽
MAS AKBAR
Kitab Risalatu Taudlihil Maksud halaman 16 :
وَالْحَاصِلُ مِنْ جَمِيْعِ مَا ذَكَرْنَاهُ وَنَقَلْنَاهُ فِيْ هذَهَ الْوَرِيْقَاتِأَنَّ اسْتِعْمَالَ مُكَبِّرَاتِ الصَّوْتِ فِي الآذَانِ وَغَيْرِهِ مِمَّا يُطْلَبُ فِيْهِ الْجَهْرُ أَمْرٌ مَحْمُوْدٌ شَرْعًا وَهذَا هُوَ الْحَقُّ وَالصَّوَابُ .
Hasil dari semua hal yang telah kami sebutkan dan kami kutipkan dalam
lembaran-lembaran ini adalah bahwa mempergunakan pengeras suara dalam adzan dan lainnya dari hal-hal yang dituntut untuk dikeraskan adalah perkara yang dipuji dalam syara'. Dan ini adalah yang hak dan yang benar.
CAK MOET
ﺷﺮﺡ ﻣﺴﻠﻢ - ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ - ﺝ - ٧ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٢١ :
ﻗﻮﻟﻪ: ﺍﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻧﻌﻰ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﺍﻟﻨﺠﺎﺷﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻟﺬﻱ ﻣﺎﺕ ﻓﻴﻪ ﻓﺨﺮﺝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺼﻠﻰ ﻭﻛﺒﺮ ﺃﺭﺑﻊ ﺗﻜﺒﻴﺮﺍﺕ __ ﻭﻓﻴﻪ ﺍﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﺍﻻﻋﻼﻡ ﺑﺎﻟﻤﻴﺖ ﻻ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﺑﻞ ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻋﻼﻡ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺗﺸﻴﻴﻌﻪ ﻭﻗﻀﺎﺀ ﺣﻘﻪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﺬﻱ ﺟﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﻫﺬﺍ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﺍﻟﻤﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻤﻔﺎﺧﺮ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ.
Sungguh Rasulullah saw. pernah mengumumkan kepada para sahabat mengenai kematian Najasyi pada hari kematiannya. Lalu Nabi saw. pergi ke tempat shalat dan beliau bertakbir sebanyak empat kali __ Hadits di atas adalah dalil dianjurkannya mengumumkan kematian tapi tidak menyerupai orang-orang jahiliyah dalam mengumumkan kematian. Itulah mengumumkan kematian semata-mata ajakan untuk menshalati janazahnya, mengantarkannya ke pemakaman dan menunaikan hak mayit dengan melakukan hal-hal di atas. Sedangkan pengumuman kematian yang terlarang tidaklah pengumuman kematian sebagaimana di atas. Yang terlarang adalah mengumumkan kematian ala jahiliyah. Itulah pengumuman kematian yang mencakup penyebutan membangga-banggakan mayit dan selainnya.
MBAH MAJNUN
Boleh...krn wilayah yg luas butuh wahana untuk pnyiaran dn smkin bnyk doa untuk si mayit.dn otomatis smkin jd ladang pahala jg buat manusia dlm silaturohim.ibarohe nderek lintune nyambi njongos.....kadose hampir sama dg adzan berspeaker
CAK MOET
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﺒﺎﺭﻱ - ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ - ﺝ - ٣ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٩٣ :
ﻭﻓﺎﺋﺪﺓ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﺮﺟﻤﺔ ﺍﻹﺷﺎﺭﺓ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻟﻴﺲ ﻣﻤﻨﻮﻋﺎ ﻛﻠﻪ ﻭ ﺇﻧﻤﺎ ﻧﻬﻰ ﻋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻳﺼﻨﻌﻮﻧﻪ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻳﺮﺳﻠﻮﻥ ﻣﻦ ﻳﻌﻠﻦ ﺑﺨﺒﺮ ﻣﻮﺕ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺪﻭﺭ ﻭ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﺮﺍﺑﻂ ﻣﺮﺍﺩﻩ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﻋﻼﻡ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﻤﻮﺕ ﻗﺮﻳﺒﻬﻢ ﻣﺒﺎﺡ ﻭ ﺃﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺇﺩﺧﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺏ ﻭ ﺍﻟﻤﺼﺎﺋﺐ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻠﻪ ﻟﻜﻦ ﻓﻲ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻤﻔﺴﺪﺓ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺟﻤﺔ ﻟﻤﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺒﺎﺩﺭﺓ ﻟﺸﻬﻮﺩ ﺟﻨﺎﺯﺗﻪ ﻭ ﺗﻬﻴﺌﺔ ﺃﻣﺮﻩ ﻭ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﻭ ﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﻭ ﺗﻨﻔﻴﺬ ﻭﺻﺎﻳﺎﻩ ﻭ ﻣﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ.
ﻭﺃﻣﺎ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻓﻘﺎﻝ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﻣﻨﺼﻮﺭ ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺍﺑﻦ ﻋﻠﻴﺔ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻑ ﻗﺎﻝ ﻗﻠﺖ ﻹﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺃﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﻜﺮﻫﻮﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻗﺎﻝ ﻧﻌﻢ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻑ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﺇﺫﺍ ﺗﻮﻓﻲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺭﻛﺐ ﺭﺟﻞ ﺩﺍﺑﺔ ﺛﻢ ﺻﺎﺡ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻧﻌﻰ ﻓﻼﻧﺎ ﻭ ﺑﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺳﻴﺮﻳﻦ ﻻ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺄﺳﺎ ﺃﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻟﺮﺟﻞ ﺻﺪﻳﻘﻪ ﻭ ﺣﻤﻴﻤﻪ.
ﻭﺣﺎﺻﻠﻪ ﺃﻥ ﻣﺤﺾ ﺍﻹﻋﻼﻡ ﺑﺬﻟﻚ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﺈﻥ ﺯﺍﺩ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻓﻼ ﻭ ﻗﺪ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻳﺸﺪﺩ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﻛﺎﻥ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺇﺫﺍ ﻣﺎﺕ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻳﻘﻮﻝ ﻻ ﺗﺆﺫﻧﻮﺍ ﺑﻪ ﺃﺣﺪﺍ ﺇﻧﻲ ﺃﺧﺎﻑ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻧﻌﻴﺎ ﺇﻧﻲ ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﺑﺄﺫﻧﻲ ﻫﺎﺗﻴﻦ ﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﺔ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺣﺴﻦ.
ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻌﺮﺑﻲ ﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ ﻣﺠﻤﻮﻉ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺛﻼﺙ ﺣﺎﻻﺕ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺃﻋﻼﻡ ﺍﻷﻫﻞ ﻭ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻓﻬﺬﺍ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺩﻋﻮﺓ ﺍﻟﺤﻔﻞ ﻟﻠﻤﻔﺎﺧﺮﺓ ﻓﻬﺬﻩ ﺗﻜﺮﻩ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺍﻻﻋﻼﻡ ﺑﻨﻮﻉ ﺁﺧﺮ ﻛﺎﻟﻨﻴﺎﺣﺔ ﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺤﺮﻡ.
Yang dilarang itu pengumuman acara kematian ala Jahiliyah seperti kebiasaan mereka jika ada orang yang terpandang meninggal, mereka mengirim seorang penunggang untuk pergi ke qabilah2 dan dia memberitahukan pada mereka : FULAN TELAH MENINGGAL, FULAN TELAH TIADA; HANCURLAH BANGSA ARAB dengan KEMATIAN SI FULAN. Dan pengumuman itu disertai dengan jerit tangis.
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar