Assalamu'alaikum, nderek perso...
Pak Amir berhutang kepada pak toni. Karena tidak bisa membayar pak Amir meminta pak toni agar uang pelunasan hutangnya dialihkan kepada pak andre yang sebelumnya telah berhutang pada pak Amir dengan nominal yang sama.
Semua pihak telah setuju, setelah sekian lama ternyata pak Andre tidak bisa melunasi hutangnya dan Dia semakin miskin/melarat sehingga tdk bisa melunasi hutangnya.
Bagaimana ulama' menyikapi masalah diatas?
Wassalam🙏🏻
Menu makan pagi
Pukul 08:00-10:00 WIB
Jum'at,10 Maret 2017
(DASI)
Niki masuk bab Hawalah ( Pemindahan Hutang ) kn ??
Sedangkan Syarat pemindahan hutang ada empat...
1. Kerelaan muhil (orng yg memindahkn hutang)
2. Penerimaan muhtal (orng yg menerima pemindahan)
3. Ada hak yg telah tetap dlam tanggungan.
4. Persesuaiannya apa yg ada pada tanggungannya muhil dengan mukhal alaih (orng yg berhutang kpda muhil) dalm jenis, macam, kontan dan temponya.
Dengan adanya akad Hawalah tanggungan muhil jadi bebas...
Klo sudah dari awal ada persetujuan...ya tetap hutang sudah jatuh kepada si penerima tanggungan to njih..wong sudah sepakat kok.
Iya..kecuali pihak yg diutangi sudah meniklaskam
Berarti tetap masih menjadi tanggungan pihak kedua... Klo jatuh miskin(tdk mampu membayar) di truskan/jadi tanggungan walinya. Kan sblm nya sudah ada persetujuan
Geh tanggung jawab ipun ahli waris pihak 3..niku tadi yg harus melunasi hutang ke pihak 1.....
(فصل) وشرا ءط الحوا لة اربعة اشياء : رضا المحيل، وقبو ل المحتا ل، و كو ن الحق مستقرا في الذمة، واتفا ق ما في ذمة المحيل وا لمحا ل عليه في الجنس والنو ع والحلو ل واتاءجيل. واتبراء بها ذمة المحيل.
Dr deskripsi termasuk dlm halam hiwalah almuqoyyadah .. jika tidak ada kemampuan membayar karna jatuh miskin maka ahli waris yg ketiban nyauri ..
مات وعليه دين فضمن بعض الورثة للمستحق جميع الدين المذكور صح الضمان إتفاقا كما في الروضة.غاية تلخيص المراد ص :١٤٢
Hutang tetep tanggungan pak andre bukan ahli waris
DEFINISI HAWALAH
Secara bahasa pengalihan hutang dalam hukum islam disebut sebagai hiwalah yang mempunyai arti lain yaitu Al-intiqal dan Al-tahwil , artinya adalah memindahkan dan mengalihkan.
Penjelasan yang dimaksud adalah memindahkan hutang dari tanggungan
muhil (orang yang berhutang) menjadi tanggungan muhal'alaih (orang yang melakukan pembayaran hutang).
ﻟﻐﺔ : ﺍﻟﻨﻘﻞ ﻣﻦ ﻣﺤﻞ ﺇﻟﻰ ﻣﺤﻞ
Sedangkan pengertian Hiwalah secara istilah, para Ulama’ berbeda-beda dalam mendefinisikannya, antara lain sebagai berikut:
Menurut Hanafi, yang dimaksud hiwalah
ﻧﻘﻞ ﺍﻟﻤﻄﺎ ﻟﺒﺔ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺍﻟﻤﺪﻳﻮﻥ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ ﺍﻟﻤﻠﺘﺰﻡ
“Memidahkan tagihan dari tanggung jawab yang berutang kepada yang lain yang punya tanggung jawab pula” .
2. Al-jaziri berpendapat bahwa yang dimaksud dengan Hiwalah adalah:
ﻧﻘﻞ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ
“Pemindahan utang dari tanggung jawab seseorang menjadi tanggung jawab orang lain”.
3. Syihab al-din al-qalyubi bahwa yang dimaksud dengan Hiwalah adalah:
ﻋﻘﺪ ﻳﻘﺘﻀﻰ ﺍﻧﺘﻘﺎﻝ ﺩﻳﻦ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ
“Akad yang menetapkan pemindahan beban utang dari seseorang kepada yang lain”.
4. Muhammad Syatha al-dimyati berpendapat bahwa yang dimaksud Hiwalah adalah:
ﻋﻘﺪ ﻳﻘﺘﻀﻰ ﺗﺤﻮﻳﻞ ﺩﻳﻦ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ
“Akad yang menetapkan pemindahan utang dari beban seseorang menjadi beban orang lain”.
5. Ibrahim al-bajuri berpendapat bahwa Hiwalah adalah:
ﻧﻘﻞ ﺍﻟﺤﻖ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺍﻟﻤﺤﻴﻞ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ ﺍﻟﻤﺤﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ
“Pemindahan kewajiban dari beban yang memindahkan menjadi beban yang menerima pemindahan” .
6. Menurut Taqiyuddin, yang dimaksud Hiwalah adalah:
ﺇﻧﺘﻘﺎﻝ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻣﻦ ذﻣﺔ ﺇﻟﻰ ذﻣﺔ
“ Pemindahan utang dari beban seseorang menjadi beban orang lain”.
7. Menurut Sayyid Sabiq, yang dimaksud dengan hawalah ialah pemindahan dari tanggungan muhil menjadi tanggunggan muhal ‘alaih.
8. Idris Ahmad, Hiwalah adalah “Semacam akad (ijab qobul) pemindahan utang dari tanggungan seseorang yang berutang kepada orang lain, dimana orang lain itu mempunyai utang pula kepada yang memindahkan.
DASAR HUKUM HAWALAH
Hiwalah dibolehkan berdasarkan Sunnah dan Ijma’:
1. Hadits
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairoh, bahwa Rasulullah saw, bersabda:
«مَطْلُ الغَنِيِّ ظُلْمٌ، وَمَنْ أُتْبِعَ عَلَى مَلِيٍّ فَلْيَتَّبِعْ»
“Memperlambat pembayaran hukum yang dilakukan oleh orang kaya merupakan perbuatan zalim. Jika salah seorang kamu dialihkan kepada orang yang mudah membayar hutang, maka hendaklah ia beralih (diterima pengalihan tersebut)”.(HR Jama’ah)
Pada hadits ini Rasulullah memerintahkan kepada orang yang menghutangkan, jika orang yang berhutang menghiwalahkan kepada orang yang kaya dan berkemampuan, hendaklah ia menerima hiwalah tersebut, dan hendaklah ia mengikuti (menagih) kepada orang yang dihiwalahkannya (muhal 'alaih ), dengan demikian hakknya dapat terpenuhi (dibayar).
2. Ijma’
Para ulama sepakat membolehkan hawalah. Hawalah dibolehkan pada hutang yang tidak berbentuk barang/ benda, karena hawalah adalah perpindahan utang, oleh sebab itu harus pada utang atau kewajiban finansial.
BEBAN MUHIL SETELAH HAWALAH
Apabila hawalah berjalan sah, dengan sendirinya tanggung jawab muhil gugur. Andaikata muhal ‘alaih mengalami kebangkrutan atau membantah hawalah atau meninggal dunia, maka muhal tidak boleh kemali lagi kepada muhil, hal ini adalah pendapat mayoritas ulama'.
KEDUDUKAN HUKUM HAWALAH
Pertama, jika hawalah telah disetujui oleh semua pihak maka tanggungan Muhil menjadi gugur dan ia kini bebas dari penagihan utang. Demikian menurut mayoritas ulama.
Kedua, dengan ditandatanganinya akad hawalah, maka hak penagihan Muhal ini telah dipindahkan kepada Muhal alaih. Dengan demikian ia memiliki wilayah penagihan kepadanya.
BERAKHIRNYA AKAD HAWALAH
Akad hawalah akan berakhir oleh hal-hal berikut ini.
1. Karena dibatalkan atau fasakh. Ini terjadi jika akad hawalah belum dilaksanakan sampai tahapan akhir lalu difasakh. Dalam keadaan ini hak penagihan dari Muhal akan kembali lagi kepada Muhil.
2. Hilangnya hak Muhal Alaih karena meninggal dunia atau bangkrut atau ia mengingkari adanya akad hawalah sementara Muhal tidak dapat menghadirkan bukti atau saksi.
3. Jika Muhal alaih telah melaksanakan kewajibannya kepada Muhal. Ini berarti akad hawalah benar-benar telah dipenuhi oleh semua pihak.
4. Meninggalnya Muhal sementara Muhal alaih mewarisi harta hawalah karena pewarisan merupakah salah satu sebab kepemilikan. Jika akad ini hawalah muqoyyadah, maka" berakhirlah sudah akad hawalah itu menurut madzhab Hanafi.
5. Jika Muhal menghibahkan atau menyedekahkan harta hawalah kepada Muhal Alaih dan ia menerimau hibah tersebut.
6. Jika Muhal menghapus- bukukan kewajiban membayar hutang kepada Muhal Alaih.
إذا أفلس المحال عليه أو مات فإن للمحال أن يرجع على المحيل حتى المحيل ولو شرط عليه البراءة ثم إذا دفع المحال عليه الدين بالفعل فهل له أن يرجع به على المحيل ليأخذه منه ؟ والجواب : أنه إذا مات قامت قرينه على متبرع به لم يكن له حق الرجوع وإلا فله حق الرجوع لجواز أن يكون قد دفعه بطريق قد دفعه بطريق القرض للمحيل
الفقه المنهجى على مذهب الإمام الشافعى ـ ج: ٦ ـ ص: ١٩٤
حكم الحوالة:
هو انتقال الحق من ذمة المحيل إلى ذمة المحال عليه، فإذا صحّت الحوالة باستكمال أركانها وتوفر شروطها ترتب عليه حكمها، وهو: براءة ذمة المحيل من دين المحال، وانتقال الحق من ذمته إلى ذمة المحال عليه. وبالتالي: يسقط دينه عن المحال عليه، مقابل نظيره الذي صار في ذمته وأصبح محالاً عليه، ليوفيه إلى المحتال.
انتهاء الحوالة:
علمنا أن حكم الحوالة انتقال الحق من ذمةالمحيل إلى ذمة المحال عليه بصورة تبرأ بها ذمةالمحيل من الدين.
وبهذا تنتهي الحوالة، ولا تبقى أية علاقة بين المحيل والمحال، وإنما تصبح العلاقة بين المحال والمحال عليه، وليس للمحال عودة على المحيل حتى ولو لم يستطع الحصول على الدَّيْن منالمحال عليه بسبب من الأسباب، كما لو وجده مُفْلساً، أو أنكر المحال عليه الدين
وذلك لأن الحق تحول بالحوالة من موضعه الأول إلى غيره، وما تحوّل من موضعه لا يعود إليه إلا بتجديد عودته.
وكذلك بالحوالة سقط الحق من ذمة المحيل، وهو سقط لا يعود بإعسار ولا بغيره، كما لو قبل عوضاًمن حقه لا تلف في يده، فإنه لا يعود عليه بشيء لسقوط الحق من ذمته، وتعذُّرُ الحصول على الحق كتلفه في يده.
. وأما من لا مال له ومات عازماً على القضاء، فقد ورد في الأحاديث ما يدل على أن الله تعالى يقضي عنه، بل ثبت أن مجرد محبة المديون عند موته للقضاء موجبة لتولي الله سبحانه لقضاء دينه
Klo tidak mmpu byar hutang dg uang krna bangkrut lbih baik di gnti dg tenaga.
لو مات ميت وعليه دين لم يجب على وليه قضاؤه من ماله فإن تطوع بذلك تأدى الدين عنه.
Intinya ini kan hutangnya Pak Amir kpd pak Toni sudah pindah kpd pak Andre.
Kita fokus pd masalah pak Andre hutang pd pak Toni.
Kesimpulannya Hutang wajib dibayar selama masih hidup.
Nah... klo pak Andre meninggal ya lain lg kasusnya...
Kewajibn bayar hutang trhdap orang lain
Jika mmpu tuk mmbyar hutang dg uang,,jika yg brhutang mninggl maka jtuh k ahli waris,,jika ahli waris tdk mmpu mmpu byar dg hutang maka dg tenaga,,,nmun jika masih tdk mmpu juga ya di ikhlaskn.
Ngapunten itu yg prnah saya dengr tntang cra mmbyar hutang.
إذا شرط اليسار ثم تبين أنه مفلس فعلى قولين عند الفقهاء:
الأول: أن له الرجوع لقوله *صلى الله عليه وسلم *:(الْمُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ)([12]).
الثاني: أنه لا يرجع، وهو قول في المذهب([13]) لأن الحق انتقل من ذمة المحيل إلى ذمة المحال عليه بالحوالة، ولأنها صدرت مستوفية لشروطها فلا يرجع ولا يعتبر الشرط.
والراجح عندي: أنه متى اشترط ذلك في الحوالة ثم تبين خلافه فله الرجوع لقوله *صلى الله عليه وسلم *(الْمُسْلِمُونَ عِنْدَ شُرُوطِهِمْ)([14]).
Biasanya dlm kasus orang yg berhutang dan tdk bs membayar krn bangkrut dlm hukum negara bisa dipenjarakan jika yg dihutangi menuntut untuk itu...
sumber by dasi on wa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar