Minggu, 12 Maret 2017

FIQIH THOHAROH : HUKUM DARAH YG MENEMPEL BAJU

Adekku jarinya kena pisau trus gk disengaja darahnya netes di pakaian, setelah dicuci berulang kali tp ttp saja bekas darahnya tidak hilang
Pertanyaan nya msih sah kah pakaian tsb untuk sholat?



Menu makan pagi
Pukul 07:30-08:30 WIB
Kamis,02 Maret 2017
( DASI)

SANTRIMBELINK
Di antara tetesan darah yg slit dihilangkan bs masuk kategori najiis yg di ma'fu..

MAY RAGIEL
 فإذا طهرت فاغسلي موضع الدم ثم صلي فيه

“Jika kamu telah suci, cucilah bekas yang terkena darah, kemudian gunakan baju itu untuk shalat.”

Khoulah bertanya lagi: “Ya Rasulullah, bagaimana jika bekasnya tidak hilang?
يكفيك الماء ولا يضرك أثره

“Cukup kamu cuci dengan air, dan tidak usah pedulikan bekasnya.” (HR. Abu Daud dan Baihaqi)

SANTRI MBELINK
Darah termasuk dr najis ainiyah yg menempel pada baju atau lainnya yg mana cara
nyucine pake air n sikat untuk menghilang warna bau n rasanya...bilamana make air n sikat tak lupa pake deterjen diantara sifat2 ada yg masih ada maka lebih jelasnya dibawah ini :

1.jika yg tertinggal warnanya ssaa atau baunya saja maka sdh dihukumi suci n sah dipaai sholat

2.tergolong najis yg di ma'fu bilamana tertinggal kedua sifat diatas atau hanya tertinggal rasanya saja ..nmun ketika di sucikan dg air deterjen n disikat contohnya tetap saja tidak hilang dan hanya bisa dihilangkan dg cara potong kainnya maka dima'fu n boleh dipake sholat ..tp tetap diusahakn suatu waktu jika bisa dihilangkan tetap harus di upayakan..

Hasyiyah bajuri juz 2 shohf 197

قوله : ( وهي المسماة بالعينية ) وضابطها ك أن يكون لها جرم أو طعم أو لون أو طعم أو لون أو ريح كما مر. قوله : ( تكون بزوال عينها ) أي جرمها. وقوله : ( ومحاولة زوال أو صافها ) أي معالجة زوال أوصافها ولو بنحو أشان وصابون, فيجب إن توقف زوال الأثر عليه حيث كانن يسيرا, بشرط كونه فاضلا عما يعتبر في الفطرة. –إلى أن قال- قوله : ( أو لون أو ريح عسر زواله لم يضر ) فلا يجب زواله بل يطهر المحل, وضابط التعسر أن لايزول بالحت بالماء بالماء ثلاث مرات. فمتى حته بالماء ثلاث مرات فمتى حته بالماء ثلاثا ولم يزل طهر المحل, فإذا قدر على زواله بعد ذاك لم يجب لأن المحل طاهر. نعم, إن بقيا معا في محل واحد من نجاسة واحدة فيجب زوالهما إلا إن تعذر كما مر في بقاء الطعم لقوة دلالتهماعلى بقاء النجاسة, فإن بقيا متفرقين أو من نجاستين وعسر زوالهما لم يضر

Tambahan dr taqriros syadidah 136
الحكم في حالة التعسر, ننظر
إن بقي اللون فقط أو الريح فقط : حكمنا بطهارة المحل
إن بقي اللون والريح معاو أو الطعم وحده : وجب زيادة الغسلات حتى تزول, مع الإستعانة بنحو صابون
وإذا قال اهل الخبرة : إن هذه النجاسة لا تزول إلا بالقطع, فتسمى هذه الحالة : حالة تعذر
الحكم في حالة التعذر : يعفى عن هذه النجاسة, وتصح الصلاة بها, ولو تمكن فيما بعد من إزالتها وجب عليه إزالتها
Sedikit tambahan
Jika darah yg menempel pada baju trsbt dr awal terkena darah kemudiab dibiarkn menumpuk di gudang karna mgkn dh males nyuci sehingga satu ketika pingen di cuci tp tetep tdk bs hilang diantara ketiga sifat nya maka termasuk najis yg tidak dima'fu n tdk sah dipake sholat

Taqsim najasah
 : أن لا يتفاحش بالإهمال فإن للناس عادة في غسل الثياب ، فلو تركه سنة مثلا وهو متراكم لم يعف عنه

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...