Waktu sholat, Imam lupa tidak melakukan Tasyahud awal(tahiyat awal),
Makmum sudah mengingatkan. Tapi tetap langsung berdiri, yang jadi masalah...ada sebagian makmum yg tetap mengikuti gerakan imam (lngsung berdiri), yg sebagian lagi tasyahud awal.
Pertanyaan :
1. Sah kh sholatnya makmum yang tetap melakukan tasyahud awal tersebut ??
2. Apa yang seharusnya di lakukan oleh makmum, jika deskripsinya seperti di atas..
Menu makan Siang
Pukul 13:30-15:30 WIB
Kamis,16 Maret 2017
(DASI)
MBAH NYOO
Makmum tetap wajib mengikuti gerakan imam.
Apabila Nanti si Imam sadae atas perbuatannya yg salah dl sholat maka harus sujud Syahwi sbelum Salam.
Sah tetap sah. Tapi Selama imam masih memimpin Sholat makmum wajib mngikutinya. Kecuali. Jika imam mnambahkan rakaat mnjadi 5 rakaat. Maka makmum wajib diam tdk mngikuti gerakan imam.
Kalo masalah tasyahut awal niku hukume sunnah ada pula
ulama yg mnyatakan wajib..
Jok takok ibaroh. Ebarohe keri ng pasar 😅😅😅😅
KangFikri:
Ttp manut Imam. Mkanya milih Imam ingkang temenan.kanjeng nabi paring petunjuk pilih yg paling fasih bacaannya
presiden ludrok
mengikuti imam
Apabila imam tidak melakukan sujud shwi sebelum salam. Harap mengulang kembali sholat tersebut.-_-
SANTRIMBELINK
Ianatut tholibin
. فإن ترك الامام التشهد وانتصب قائما يجب على المأموم أن ينتصب معه وإلا بطلت صلاته لفحش المخالفة، فإن عاد الامام بعد انتصابه لم تجز
[ 233 ]موافقته لانه إما عامد فصلاته باطلة، أو ساه وهو لا يجوز موافقته. بل يقوم المأموم إن لم يكن قد قام فورا وينتظره قائما حملا لعوده على السهو أو الجهل، أو يفارقه وهي أولى
SANTRIMBELINK
Nihayatuzzain shohf 83
ﻭﻛﺬا ﻟﻮ ﻗﺎﻡ اﻹﻣﺎﻡ ﻭﺗﺮﻙ اﻟﺘﺸﻬﺪ اﻷﻭﻝ ﻭﻗﺎﺭﺏ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺛﻢ ﻋﺎﺩ ﻗﺒﻞ ﻗﻴﺎﻡ اﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺄﻣﻮﻡ اﺳﺘﻤﺮاﺭ اﻟﻘﻌﻮﺩ ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﻤﺠﺮﺩ اﻧﺘﺼﺎﺏ اﻹﻣﺎﻡ ﺛﻢ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻨﺘﻈﺮﻩ ﻓﻲ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺣﻤﻼ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻣﻌﺬﻭﺭ ﻓﻲ اﻟﻌﻮﺩ ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻔﺎﺭﻗﻪ ﺑﺎﻟﻨﻴﺔ.
SANTRIMBELINK
Batal bagi makmum yg tdk mengikuti gerakan imam kecuali makmum td mufaroh
NengAtuns:
Makmum ki nggeh nderek imame tah...nek mnawi imam lupa tasyahud awal mka bagi mkmum tetep nderek imam
MBAH NYOO
Kalo mau tetap bersama imam maka ya wajib mengikuti imam. Tapi klo tidak batal sholate. Saya bilang sah sholatnya kalo ada kejadian imam yg lupa trus makmume tdak mngikuti gerakan imam dg niat memisahlan diri dari imam iku boleh dan sholatnya sah dan melengkapi kekurangannya.
KANG MIFTAH
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِهِمْ الظَّهْرَ فَقَامَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ لَمْ يَجْلِسْ فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ حَتَّى إِذَا قَضَى الصَّلَاةَ وَانْتَظَرَ النَّاسُ تَسْلِيمَهُ كَبَّرَ وَهُوَ جَالِسٌ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ ثُمَّ سَلَّمَ
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat zuhur bersama mereka, lalu beliau berdiri pada dua rakaat yang pertama dan tidak duduk (untuk tasyahud), maka orang-orang juga ikut berdiri bersama beliau. Hingga ketika shalat akan selesai, dan orang-orang sudah menanti salamnya, beliau bertakbir dalam posisi duduk, lalu sujud dua kali sebelum salam, setelah itu baru beliau salam.” (HR. Al-Bukhari no. 786 dan Muslim no. 885)
SANTRIMBELINK
Alfiqhul islami juz 2 shohf 1114
مذهب الشافعية: يسجد للسهو عند ترك مأمور به في الصلاة، أوفعل منهي عنه فيها. والسنة إن تركها المصلي لا يعود إليها بعد التلبس بالفرض، فمن ترك التشهد الأول مثلاً، فتذكره بعد قيامه مستوياً، لم يعد له، فإن عاد إليه عالماً بتحريمه عامداً، بطلت صلاته، وإن عاد إليه ناسياً لم تبطل، وكذا إن عاد إليه جاهلاً في الأصح، ويسجد للسهو عنها. ودليل عدم العود للتشهد: حديث ابن بحينة: «أن النبي صلّى الله عليه وسلم صلى، فقام في الركعتين فسبَّحوا به، فمضى، فلما فرغ من صلاته، سجد سجدتين ثم سلم».
CAK MOET
نهاية الزين ص ٨٣
ﻭﻛﺬا ﻟﻮ ﻗﺎﻡ اﻹﻣﺎﻡ ﻭﺗﺮﻙ اﻟﺘﺸﻬﺪ اﻷﻭﻝ ﻭﻗﺎﺭﺏ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺛﻢ ﻋﺎﺩ ﻗﺒﻞ ﻗﻴﺎﻡ اﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺄﻣﻮﻡ اﺳﺘﻤﺮاﺭ اﻟﻘﻌﻮﺩ ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﻤﺠﺮﺩ اﻧﺘﺼﺎﺏ اﻹﻣﺎﻡ ﺛﻢ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻨﺘﻈﺮﻩ ﻓﻲ اﻟﻘﻴﺎﻡ ﺣﻤﻼ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻣﻌﺬﻭﺭ ﻓﻲ اﻟﻌﻮﺩ ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﻔﺎﺭﻗﻪ ﺑﺎﻟﻨﻴﺔ.
SANTRIMBELINK
Nihayatul muhtaj syarh alminhaj juz 2 shohf 74
وَلَوْ) (نَسِيَ) الْإِمَامُ أَوْ الْمُنْفَرِدُ (التَّشَهُّدَ الْأَوَّلَ) وَحْدَهُ أَوْ مَعَهَا قُعُودَهُ (فَذَكَرَهُ بَعْدَ انْتِصَابِهِ) أَيْ وُصُولِهِ لِحَدٍّ يُجْزِئُهُ فِي قِيَامِهِ (لَمْ يَعُدْ لَهُ) أَيْ يَحْرُمُ عَلَيْهِ الْعَوْدُ؛ لِمَا صَحَّ مِنْ الْأَخْبَارِ؛ وَلِتَلَبُّسِهِ بِفَرْضٍ فِعْلِيٍّ فَلَا يَقْطَعُهُ لِسُنَّةٍ (فَإِنْ عَادَ) عَامِدًا (عَالِمًا بِتَحْرِيمِهِ بَطَلَتْ) صَلَاتُهُ؛ لِأَنَّهُ زَادَ قُعُودًا مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ، وَهُوَ مُخِلٌّ بِهَيْئَةِ الصَّلَاةِ، بِخِلَافِ قَطْعِ الْقَوْلِيِّ لِنَفْلٍ كَالْفَاتِحَةِ لِلتَّعَوُّذِ أَوْ الِافْتِتَاحِ فَلَا يَحْرُمُ (أَوْ) عَادَ لَهُ (نَاسِيًا) كَوْنُهُ فِي صَلَاةٍ أَوْ حُرْمَةِ عَوْدِهِ (فَلَا) تَبْطُلُ لِعُذْرِهِ؛ وَرَفْعِ الْقَلَمِ عَنْهُ. نَعَمْ يَجِبُ عَلَيْهِ عِنْدَ تَذَكُّرِهِ النُّهُوضُ فَوْرًا وَلَا يُنَافِي مَا تَقَرَّرَ هُنَا مِنْ عَدَمِ بُطْلَانِهَا بِعَوْدِهِ نَاسِيًا حُرْمَتَهُ مَا مَرَّ مِنْ أَنَّهُ لَوْ تَكَلَّمَ بِكَلَامٍ يَسِيرٍ نَاسِيًا حُرْمَةَ الْكَلَامِ ضَرَّ؛ لِأَنَّ الْعَوْدَ مِنْ جِنْسِ الصَّلَاةِ فَكَانَ بَابُهُ أَوْسَعَ، بِخِلَافِ الْكَلَامِ فَإِنَّهُ لَيْسَ مِنْ جِنْسِهَا وَلَا مِنْهَا (وَيَسْجُدُ لِلسَّهْوِ) لِإِبْطَالِ تَعَمُّدِ ذَلِكَ (أَوْ) عَادَ لَهُ (جَاهِلًا) تَحْرِيمَهُ، وَإِنْ كَانَ مُخَالِطًا لَنَا؛ لِأَنَّ هَذَا مِمَّا لَا يَخْفَى عَلَى الْعَوَامّ (فَكَذَا) لَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ (فِي الْأَصَحِّ) لِمَا ذُكِرَ، وَيَقُومُ فَوْرًا عِنْدَ تَعَلُّمِهِ وَيَسْجُدُ لِلسَّهْوِ. وَالثَّانِي تَبْطُلُ لِتَقْصِيرِهِ بِتَرْكِ التَّعَلُّمِ، أَمَّا الْمَأْمُومُ فَيَمْتَنِعُ عَلَيْهِ التَّخَلُّفُ عَنْ إمَامِهِ لِلتَّشَهُّدِ، فَإِنْ تَخَلَّفَ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ لِفُحْشِ الْمُخَالَفَةِ.
CAK MOET
1. shalatnya imam bila sudah berdiri atau lebih dekat pada berdiri bila kembali duduk unt tasyahud awal maka shalatnya batal.
الباجوري :
والسنة إن تركها المصلي لا يعود اليها بعد التلبس بالفرض فمن ترك التشهد الأول مثلا فذكره بعد اعتداله مستويا لا يعود اليه فإن عاد اليه عامدا عالما بتحريمه بطلت صلاته أو ناسيا أنه في الصلاة أو جاهلا فلا تبطل صلاته ويلزمه القيام عند تذكره .
2. bila ma'mum melakukan tasyahud awal sedangkan imamnya meninggalkan tasyahud awal maka shalatnya ma'mum batal
: اعانة الطالبين :
. فإن ترك الامام التشهد وانتصب قائما يجب على المأموم أن ينتصب معه وإلا بطلت صلاته لفحش المخالفة، فإن عاد الامام بعد انتصابه لم تجز
[ 233 ]موافقته لانه إما عامد فصلاته باطلة، أو ساه وهو لا يجوز موافقته. بل يقوم المأموم إن لم يكن قد قام فورا وينتظره قائما حملا لعوده على السهو أو الجهل، أو يفارقه وهي أولى
اعانة الطالبين :
(و) منها (موافقة في سنن تفحش مخالفة فيها) فعلا أو تركا، فتبطل صلاة من وقعت بينه وبين الامام مخالفة في سنة، كسجدة تلاوة فعلها الامام وتركها المأموم عامدا عالما بالتحريم، وتشهد أول فعله الامام وتركه المأموم، أو تركه الامام، وفعله المأموم عامدا عالما، وإن لحقه على القرب، حيث لم يجلس الامام للاستراحة لعدوله عن فرض المتابعة إلى سنة.
KANG MIFTAH
Hadits itu jelas menunjukkan bahwa kewajiban bagi imam yang lupa duduk tasyahud awal sementara dia telah berdiri tegak adalah tetap melanjutkan shalatnya dan tidak perlu dia duduk kembali untuk tasyahud awal, akan tetapi sebelum salam dia disyariatkan untuk sujud sahwi. Adapun bagi makmum, mereka tidak perlu mengingatkan imam ketika imam sudah berdiri tegak, akan tetapi mereka tetap mengikuti semua gerakan imam. Jika di akhir shalat imam sujud sahwi maka mereka juga sujud sahwi. Wallahua'lam.
SANTRIMBELINK
Sebagai pertimbangan yg nanti jd imam jika lupa tahiyyat awal ketika sdh sempurna berdiri tp di ingatkan makmum trs kembali duduk tahiyyat maka batholat sholatuhu
MBAH NYOO
kesimpulannya :
1.Jika imam terus langsung berdiri karna lupa sedangkan makmum tidak mengikuti gerakan imam dlm arti tetap tasyahud awal maka sholatnya makmum tsb batal jd wajib tetap mengikuti imam
2. Kecuali makmum bermufaroqoh (memisahkan diri dari imam) maka sah sholatnya. Dg catatam apabila imam selalu lalai lupa atau membacanya suratnya terlalu panjang. Sehingga makmum kurang yakin dengan imam.
3.sebelum salam imam n makmum yg masih meneruskan td melakukan sujud sahwi
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar