Minggu, 12 Maret 2017

FIQIH : KHOTBAH SHOLAT JUMAT

Assalamu'alaikum Gus.
Nderek Tanglet.

Deskripsi :
Seorang Bilal sebelum khutbah biasa mengumandangkan "Anshitu wasma'u ..."
Juga ada kalimat "faqod laghouta"

Pertanyaan saya :
1. Apa yang dimaksud dengan Laghouta ? Apakah dosa, haram atau tidak sah sholat Jum'atnya ?
2. Ketika khutbah terkadang ada yang tertidur dan ada juga yang sibuk dengan tasbihnya (dzikir), bagaimana hukumnya kedua orang tsb ?
3. Pernah saya jumpai di masjid daerah industri / pabrik, khotibnya para Mubaligh yang kadang ketika khotbah ada ndagelnya, trus hukumnya bgmn ?

Terima kasih.




Menu makan Pagi
Pukul 07:30-08:30 WIB
 Sabtu,04  Maret 2017
( DASI)


 البجيرمي على الخطيب : ، أما من لا يسمعهما فيسكت أو يشتغل بالذكر أو القراءة وذلك أولى من السكوت ،

Bagi jama'ah jum'at yang tidak mendengar
khotbah maka diam atau dzikir


اعانة الطالبين : (و) سن (إنصات) أي سكوت مع إصغاء (لخطبة)، ويسن ذلك، وإن لم يسمع الخطبة، نعم، الاولى - لغير السامع - أن يشتغل بالتلاوة والذكر سرا

(قوله: وسن إنصات) أي على الجديد، والقديم يوجبه، ويحرم الكلام.ومحل الخلاف: في كلام لا يتعلق به غرض مهدم ناجز، فإن تعلق به ذلك - كما لو رأى أعمى يقع في بئر - لم يكن حراما قطعا، بل قد يجب عليه ذلك، لكن يستحب أن يقتصر على الإشارة إن أغنت عن الكلام.(قوله: أي سكوت مع إصغاء) تفسير للإنصات، والإصغاء هو إلقاء السمع إلى الخطيب، فإذا انفك السكوت عن الإصغاء فلا يسمى إنصاتا.(قوله: الخطبة) متعلق بإنصات، أي وسن إنصات لخطبة، لقوله تعالى: (وإذا قرئ القرآن) أي الخطبة (فاستمعوا له وأنصتوا)

Menurut qoul Jadid imam Syafi'i
Sunah diam saat khotbah bagi yg tidak mendengar. Adapun menurut qoul qodim Bagi yang mendengar khotbah maka wajib mendengarkan dan haram berbicara.

Untuk yg nomer 2
Bilamana bagi jamaah yg tdk mendengarkan khutbah boleh berdzikir atau membaca alquran dg pelan


Roudlotut tholibin

إذا قلنا بالقديم ، فينبغي للداخل في أثناء الخطبة ، أن لا يسلم ، فإن سلم ، حرمت إجابته باللفظ ، ويستحب بالإشارة كما في الصلاة . وفي تشميت [ ص: 29 ] العاطس ثلاثة أوجه ، الصحيح المنصوص : تحريمه ، كرد السلام . والثاني : استحبابه . والثالث : يجوز ولا يستحب . ولنا وجه : أنه يرد السلام ؛ لأنه واجب ، ولا يشمت العاطس ؛ لأنه سنة . فلا يترك لها الإنصات الواجب . وفي وجوبالإنصات على من لا يسمع الخطبة ، وجهان . أحدهما : لا يجب . ويستحب أن يشتغل بالذكر ، والتلاوة . وأصحهما : يجب ، نص عليه وقطع به كثيرون . وقالوا : البعيد بالخيار بين الإنصات ، وبين الذكر والتلاوة . ويحرم عليه كلام الآدميين ، كما يحرم على القريب . هذا تفريع على القديم . فأما إذا قلنا بالجديد ، فيجوز رد السلام ، والتشميت بلا خلاف . ثم في رد السلام ثلاثة أوجه . أصحها عند صاحب ( التهذيب ) : وجوبه . والثاني : استحبابه . والثالث : جوازه بلا استحباب . وقطع إمام الحرمين ، بأنه لا يجب الرد . والأصح : استحباب التشميت . وحيث حرمنا الكلام فتكلم ، أثم ، ولا تبطل جمعته بلا خلاف .

Bahasa laghout istilahnya tidak mendapatkan fadhilah sholat jumat tp sholat jumatnya tetap dihukumi sah..

 Ada sbgian ulama mngatakn lbih afdol mndengarkn khutbah jum'at drpd sibuk mlakukn dzikr sndri,,,sbab khutbah jum'at adlh rukun sholat jum'at...


Maksd dri kata laghout itu di tjukn kpda jama'ah sholt jum'at agr mndengrkn khutbah jum'at,td sbuk ngobrol ato brbcra yg tdk brmnfaat.

Pertnyaan nomer 3
Niku khotbah jum'at nopo tausyiah pengajian kok ndagel ngoten,,,
Khotbh jum'at niku slah satu syarat sahnya sholt jum'at, sbagai pngganti rokaat dri sholat dhuhur.

Dimna pun tmptnya ato klangn sholt jum'at,,,lbih baik bca'an khotbah e di persingkt/di prcept,,

Klo khotib e ndri brinisiatf ndagel ya wallahu a'lam..

Dua khotbah sbgai pengganti dua rokaat,lbih cpet lbih baik,mlah mudah masuk,
Nek khotbah Smpe 30menit,trus sholat sunat opo 2rokaat smpe 30menit😬😬
Gk nyambung😣😣😣

Sbagian ulama mnyarankn agr pnjang baca'an khotbah ni setara dg panjang baca'an surat yg di bca ktika sholt jum'at, tp klo lbih pnjang dri bca'an surat lbik afdol

1. Sholat Jum' atnya tetap sah tpi tak dapat pahala alias tdak sempurna ibadah. Ini terjadi biasanya saat khotbah berlangsung tpi masih bercanda atau berdizikir dg suara yg keras shingga mngganggu orang lain yg saat itu menyimak Khotbah jum' at.

2. Tidur ketika mendengarkan khutbah Jumat iki asline wong sing rugi jare mbah Anwar Zahid "La Ya mutu wala yahya."

Lhaaa soalw rasululloh pas khotbah beliau serius kog. Yo mboten ngrtos nek jaman saiki enek seng ndagel hahaha...

Trus ng kalangan kampung kulo sing moco khutbah njih serius. Kdang woten yai sing sampek nangis harang kog.
 Khutbah sampaikan dengan serius...nabi mnerangkan hingga otot leher keluar/terlihat.
 Krn khutbh brisi pesan untuk diri sendiri dn orang lain

Niat hati seseorang tdk ada yg tau kcuali allah dn orng itu sendiri. Nek niate untuk meminimalisir mnghindari dr trjadinya sprti no 2. Niku njih wallohu alam. Soale Knjeng Nabi ra tau guyon sedikitpun nek bab khotbah.

Nggeh nuwon sewu gus,,klo khotib ktika khotbah ndagel dg alsan agr tdk tidur,,apakh bjak sikap yg di lkukn sang khotib,,,sdangkn sseorang yg di tunjuk sbgai khotib itu punya syart2 trsndri (tdk smbarangn mnunjuk sseorang tuk di jdikn khotib jum'at)

Untuk  hukum intine aq pribadi tdak berani. Sdah say katakan di atas niat hati seseorang tdk ada yg tau kcuali allah dan org itu sendiri maka kembalikan kpd allah lagi. Allah yg HAK memutuskan. Sbagai pedoman yg kuat lihat cara rasulullah yg saat berkhotbah. Beliau penuh serius semangat yg tinggi seakan2 memberi pengarahan saat perang.


Nambahi dr majmu syarh al muhadzab juz 4 shohf 528

يستحب كون الخطبة فصيحة بليغة مرتبة مبينة من غير تمطيط ولا تقعير ولا تكون الفاظا مبتذلة ملففة فانها لا تقع في النفوس


“Khutbah disunahkan dengan kata-kata yang fasih dan lancar, tersusun dan teratur rapi, mudah dimengerti jangan terlalu tinggi, dan bertele-tele, atau melantur sebab hal itu tidak  berbekas dihati. Seharusnya Khathib memilih kata-kata yang mudah, singkat dan berisi.”
Referensi arroudlohtun nahdhiyah juz 1 shohf 37

ثم اعلم أن الخطبة المشروعة هي ما كان يعتاده صلى الله تعالى عليه وآله وسلم من ترغيب الناس وترهيبهم فهذا في الحقيقة روح الخطبة الذي لأجله شرعت


“Ketahuilah, bahwa khutbah yang disyariatkan adalah yang biasa dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam, yaitu memberikan kabar gembira dan menakut-nakuti manusia. Inilah hakikat yang menjadi jiwa sebuah khutbah yang karenanya khutbah menjadi disyariatkan.
                                                                     

SUMBER BY DASI ON WA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...