Selasa, 30 Mei 2017

TENTANG LAFAD NIAT PUASA YG BENAR

One Day One Problems

Pertanyaan Dari =>
Keluarga Dasi : kang wahid


Pertanyaan :

Tak terasa bntar lg masuk bulan ramadhan. Yg jd pertanyaan . bgaimana niat puasa ramadhan yg benar ? Dlm klimat romadhon ini d baca romadhooni/ romadhoona?
Teks sbb :

نويت صوم غد عن اداء فرض شهر رمضان هذه السنة لله تعالى


Soal Akan di bahas pada
Malam Sabtu tgl 26 Mei  2017 M.

( Dasi Padepogan Raja Kumbang )

 Kg Wakhid:
Menurut kulo kesimpulan sking group utama tseh kirang menusuk niku, karna walau trjd khilaf akan ttpi ada yg lebih unggul dlm pemakaian. Cubi jika ada
yg gdah i'anah kulo d bntu copaske. Ten mriku mngke akan d bhas dgn teliti... Soale kitabku namah ☺☺☺

Santrimbelink🙏🏾:
 Niki cuplikan saking ianah kang gus..monggo dibedel i

(قوله: نويت إلـخ) خبر عن أكملها: أي أكملها هذا اللفظ. (قوله: صوم غد) هو الـيوم الذي يـلـي اللـيـلة التـي نوى فـيها. (قوله: عن أداء فرض رمضان) قال فـي النهاية: يغنـي عن ذكر الأداء أن يقول عن هذا الرمضان. اهــــ. (قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده) أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة. قال فـي التـحفة: واحتـيج لإِضافة رمضان إلـى ما بعده لأن قطعه عنها يصير هذه السنة مـحتـملاً لكونه ظرفاً لنويت، فلا يبقـى له معنى، فتأمله، فإنه مـما يخفـى. اهــــ. ووجهه: أن النـية زمنها يسير، فلا معنى لـجعل هذه السنة ظرفاً لها. (قوله: هذه السنة) .

(إن قلت) : إن ذكر الأداء يغنـي عنه. (قلت) لا يغنـي، لأن الأداء يطلق علـى مطلق الفعل، فـيصدق بصوم غير هذه السنة.

وعبـارة النهاية: واحتـيج لذكره ــــ أي الأداء ــــ مع هذه السنة، وإن اتـحد مـحترزهما، إذ فرض غير هذه السنة لا يكون إلا قضاء، لأن لفظ الأداء يطلق ويراد به الفعل. اهــــ.

وفـي البرماوي: ويسن أن يزيد: إيـماناً واحتساباً لوجه الله الكريـم عزّ وجلّ. اهــــ.

 Romadhoni dibaca jer dengan tanda kasroh, karena dimudhofkan pada lafadz setelahnya yaitu isim isyaroh (هذه)

-Isim ghoiru munsharif itu tidak ditanwin dan tidak dikasroh karena punya illat yang menyebabkan sifat keisimannya lemah, lebih cenderung mirip fi'il..Namun isim ghoiru munshorif ketika dimudhofkan maka sifat keisimannya menjadi kuat, sehingga tanda jer nya pakai kasroh.

Niki sekilas pemahaman dalem nyuwon dikoreksi kang gus🙏🏾🙏🏾🙏🏾🙏🏾
[26/5 21:28] Kg Wakhid: Fokus

 (قوله: عن أداء فرض رمضان)
١.  قال فـي النهاية: .... (قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده) أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة.

٢. قال فـي التـحفة: واحتـيج لإِضافة رمضان إلـى ما بعده لأن قطعه عنها يصير هذه السنة مـحتـملاً لكونه ظرفاً لنويت، فلا يبقـى له معنى، فتأمله، فإنه مـما يخفـى. اهــــ.

٣. ووجهه: أن النـية زمنها يسير، فلا معنى لـجعل هذه السنة ظرفاً لها. (قوله: هذه السنة) .

NO NAME
 Keduanya boleh.
Sbnrnya yg lbh utama "romadlhoni" krna idzofah dg lfd hadzihissanati.
Dan dlm mslh ini memang ada prbdaan antr ulama bsroh dan kufah, tp dua2nya benar.
Kalau di ktb i'anatuttholibin lbh utama "romadlhoni"

 Kg Wakhid:
 Iya buk itu mmng bnar tp husus utk niat romadhon dlm kajian fiqih d sini tdk berhnti dlm perbdaan ulama' kufah dan basroh saja. Butuh pendalaman lg. Cb fokus d ibarot i'anah d atas

 Fokus
Tak tarjim bebas wae ben cepet:

 (قوله: عن أداء فرض رمضان)
١.  قال فـي النهاية: .... (قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده)
1. Dlm kitab nihayah : ..... ( ungkapan ; dgn i'rob jer yaitu mengidhofahkan pd klmt sesudahnya )
 أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة.

Mksdnya mmbc lafad " Romadhon" dengan i'rob jer yaitu dgn harokat kasroh, krn kedudukan lafadz romadhon mnjd mudhof yg butuh pd klmt ssdahnya (mudhof ilaih ) dlm hal ini mudhof ilaih berupa isim isyaroh " هذه السنة"

٢. قال فـي التـحفة: واحتـيج لإِضافة رمضان إلـى ما بعده
2. Dlm kitab at tuhfah : dan d butuhkan utk mngidhofahkan lafadz "romadhon" pd klmt sesudahnya .

 لأن قطعه عنها يصير هذه السنة مـحتـملاً لكونه ظرفاً لنويت،
Krn ssngguhny msmutuskan lafadz romadhon dg klmt ssdhnya ( isim isyaroh), dgn mnjdikan isim isyaroh berkedudukan mjd dhorof bg lafadz "نويت"

فلا يبقـى له معنى،
Maka tdk akan tetap/ tdk akan utuh makna baginya

Pd lafadz Ini d kritisi ;
فتأمله، فإنه مـما يخفـى. اهــــ.

"Maka telitilah" atau dlm kontek saya mngartikan bgini "maka berfikir kritislah pd niat tersbt, krena sungguh ada mkna yg tersembunyi yg msih samar d dlm niat itu.

Makna yg samar yg bgmn ?
Perhtikan !
٣. ووجهه: أن النـية زمنها يسير، فلا معنى لـجعل هذه السنة ظرفاً لها. (قوله: هذه السنة) .
3. Dr arah ini dijelaskan : bhwa sesungguhnya niat itu zaman/ masa nya sngt sbntr, mk jika lafadz "هذه السنة" ini d jadikan sbg dhorof dlm arti mmbc lafadz romadhon mnjd "Romadhona" mk tdk akan bisa d fahami maknanya. Krna jarak masa/ zamannya akan terputus dan akan mjd jauh.
[26/5 22:18] Kg Wakhid: Nb : knp saya lbih cnderung mmilih yg kasroh. Krn alasan yg d smpaikan oleh mushonf kitab lbih jelas dan detail. Tdk berhnti dlm kajian nhwu saja. Melainkan dr ranah ilmu yg lain semisal cth :
فتأمله،  فإنه مما يخفى..
Klo mnurut saya cuplikn klmt d ats ini saking samarnya itu hny mmpu d ungkapkan oleh ahli semisal ahli ilmu tashowwuf dan fan ilmu lain yg setingkat dgn tashowuf

Santrimbelink🙏🏾:
 وكمال النية في رمضان نويت الصوم غد عن اداء فرض شهر رٙمٙضٙانِ هذه السنة بجر رمضان بالكسرة لاضافته لاسم الاشارة فهي واجبة
Is'adurrofiq juz 2 shohf 115

Jadi secara kesimpulan dr ibaroh2 yg ada diatas pendapat yg paling kuat dlm bacaan niat tsb dibaca jar kasroh "ROMADLONI" karna adanya makna tersembunyi dr pelafadan tsb
akan tetapi jika dibaca jar fathah jg tidak manjdi masalah sama2 bolehnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...