One Day Three Problems
Pertanyaan dari =>
Keluarga Dasi: ning ningsih
Thema:
Judul:
Deskripsi masalah:
Ada seorang pedagang yg modalnya hutang dari bank.
Ketika sudah 1 tahun ditanya adiknya."kang. Sudah dizakati belum,zakat niaga..?"
Jawaban kakaknya," saya kan modalnya hutang dari bank,juga belum lunas,masa wajib zakat ?"
Pertanyaan:
1.bagaimana hukumnya meminjam uang dibank,mengingat buka usaha tdak ada modal
2. Wajib zakatkah pedagang tersebut,sedangkan modal hutang dan belum lunas.?
3. Kalau wajib,Bagaimana kalkulasinya(cara menghitungnya untuk mneluarkan zakat)sehubungan dia masih ada angsuran bank tiap bulanya?
Menu makan sore
Pukul 14:30-16:30 WIB
Jum'at, 12 mei 2017
(DASI)
NO NAME
Cara Menghitung Zakat Perdagangan (Perniagaan)
Kekayaan yang dimiliki badan usaha tidak akan lepas dari
salah satu atau lebih dari tiga bentuk di bawah ini :
Kekayaan dalam bentuk barang
Uang tunai
Piutang
Maka yang dimaksud dengan harta perniagaan yang wajib dizakati adalah yang harus dibayar (jatuh tempo) dan pajak.
Contoh :
Sebuah perusahaan meubel pada tutup buku per Januari tahun 1995 dengan keadaan sbb :
Mebel belum terjual 5 set: Rp 10.000.000
Uang tunai: Rp 15.000.000
Piutang: Rp 2.000.000
----------------------------
Jumlah Rp 27.000.000
Utang & Pajak Rp 7.000.000
----------------------------
Saldo Rp 20.000.000
Maka, zakat yang harus dibayar adalah: 2,5 % x Rp 20.000.000,- = Rp 500.000,-
Hitung2anya kurang lebihnya.
Monggo dikoreksi.
MBAH SINYOO
Tujuan utama bukan bunga... contoh.
Fulan. Pinjam uang dg Jaminan BPKB senilai 1jt.
Bank. Dengan tenor berapa bulan..???
Fulan. 10.bulan.
Bank. Kalo 1jt. Perbulan bayar 110.rb/bulan slama 10bulan jadi total 1.100.000.
Fulan. Oh. Maaf. Jadi bunganya 10rb/bulan yaa...??
Bank. Iya pak.
Fulan. Kalo gitu saya pinjam 1.100.000 aja agar dak ada riba' dg membayar secara cicil bulanan. Dan anda ngasih saya cukup 1jt. Sisanya buat administrasi.
Nb. Tpi rata2 tdk ada yg memakai cara akad di atas. Kebanyakan langsung menyetujuinya... ini yg harus berhati2..
KangMudz:
Selama itu dengan bank konvensional (BRI, BCA, mandiri, BNI dan sejenisnya) ketika sebatas dari kacamata hukum agama tetap tidak boleh.
MBAH SINYO
Akad diatas bisa di pakek jg saat pembelian sepda motor di daeler.. hal yang mngandung bunga riba. Gunakan akad yg di syreatkan islam.
KangMudz:
Yang perlu di garis bawahi, penyebab keharaman bank itu bukan bank itu sendiri tapi transaksinya.
MBAH SINYO
Apapun alasannya. Jika mlebihi dri nilai pinjaman itu haram. Jadi akadnya harus benar...
NO NAME
Berarti bisa ditarik kesimpulan
Kalo mau ngutang dan tidak terjebak riba
Itu adalah akad awalnya harus benar
KangMudz:
Hukum meminjam uang di bank secara agama memang bertentangan dengan syariat kecuali bila tidak disebutkan adanya bunga dalam aqad meskipun itu tidak ada ijab qabul antara pihak Bank dan peminjam.
Namun keberadaan Bank yang diperlakukan dalam rangka membangun taraf kehidupan masyarakat memang masih teramat diperlukan. Untuk menghindari terjadinya ribawi dalam perbankan terdapat beberapa solusi secara fiqh :
Hindari terjadi bunga dalam akad
Bila memungkinkan jalani akad dengan dua majlis
Bunga dijanjikan dengan cara nadzar atau hibah atau lainnya
( و ) جاز لمقرض ( نفع ) يصل له من مقترض كرد الزائد قدرا أو صفة والأجود في الرديء ( بلا شرط ) في العقد بل يسن ذلك لمقترض لقوله صلى الله عليه وسلم إن خياركم أحسنكم قضاء ولا يكره للمقرض أخذه كقبول هديته ولو في الربوي
والأوجه أن المقرض يملك الزائد من غير لفظ لأنه وقع تبعا وأيضا فهو يشبه الهدية وأن المقترض إذا دفع أكثر مما عليه وادعى أنه إنما دفع ذلك ظنا أنه الذي عليه حلف ورجع فيه ( قوله ولو في الربوي ) غاية لعدم الكراهة أي لا يكره أخذ الزائد ولو وقع القرض في الربوي كالنقد ( قوله والأوجه أن المقرض يملك الزائد إلخ ) أي ولو كان متميزا كأن اقترض دراهم فردها ومعها نحو سمن ( قوله من غير لفظ ) أي إيجاب وقبول ( قوله لأنه وقع تبعا ) علة لكون الزائد يملك من غير لفظ أي وإنما يملك كذلك لأنه تابع للشيء المقترض (قوله وأيضا فهو ) أي الزائد (وقوله يشبه الهدية ) أي وهي تملك من غير لفظ. إعانة الطالبين: ٣/٥٣
(مسئلة ب ) مذهب الشافعي ان مجرد الكتابة في سائر العقود والإخبارات والإنشائات ليس بحجة شرعية فقد ذكر الأئمة ان الكتابة كناية فتنعقد بها الوصية مع النية ولو من ناطق ولا بد من الإعتراف بها يعني النية منه أو من وارثه وحينئذ فمجرد خط الميت بنحو نذر وطلاق ووصية لا يترتب عليه حكم . اه بغية المسترشدين ص: ١٨٦ دار الفكر
Tulisan menurut madzhab Syafi'i tidak termasuk hujjah syar'i dalam sebuah akad dan berita. Dan ada beberapa imam menjelaskan kitab adalah sebuah kinayah dan di anggap sah, namun harus di sertai niat atau kesaksian dari ahli waris (meninggal).
Hukum meminjam uang di bank secara agama memang bertentangan dengan syariat kecuali bila tidak disebutkan adanya bunga dalam aqad meskipun itu tidak ada ijab qabul antara pihak Bank dan peminjam.
Namun keberadaan Bank yang diperlakukan dalam rangka membangun taraf kehidupan masyarakat memang masih teramat diperlukan.
Ini menjadi pertimbangan secara mendalam menurut saya pribadi.
KESIMPULAN
Boleh selama tidak ada unsur riba. Ketentuan riba itu yg menentukan adalah aqadnya, bukan bank atau bunganya. Pada intinya tidak ada kesepakatan untuk mengembalikan dengan adanya kelebihan dari uang yang dipinjam (padahal lebih).
Hukum meminjam uang di bank secara agama memang bertentangan dengan syariat kecuali bila tidak disebutkan adanya bunga dalam aqad meskipun itu tidak ada ijab qabul antara pihak Bank dan peminjam.
Namun dalam realita keberadaan Bank memang diperlakukan dalam rangka membangun taraf kehidupan masyarakat.
Untuk menghindari terjadinya ribawi dalam perbankan terdapat beberapa solusi secara fiqh :
1. Hindari terjadi bunga dalam akad
2. Bila memungkinkan jalani akad dengan dua majlis
3. Bunga dijanjikan dengan cara nadzar atau hibah atau lainnya.
MBH SINYO
Yang pasti jika sdah memnuhi syarat Zakat maka wajib zakat.
1. Harta Adalah Hak milik.
2. Mencapai Nisob Zakat.
3. Harta yg di kelola berkembang.
4. Nishobnya Sdah di ambil dri kebutuhan. (Dipotong kbutuhan sehari2nya dan cicilan/bulan).
5. Sdah mncapai nishob melebihi 1 th.
6. Tidak mnggugurkan harta yg sudah mencapai nishob. Cntoh (bulan ini harus bayar cicilan tpi tdk ada uang yg mau dibuat bayar. Kecuali mengambil uang yg disimpan yg sdah mncapai nishob.) Hal sperti ini brarti menggugurkan.
KANG MIF
Ngurun rembuk ah....
hutang tidak menghalangi kewajiban zakat.
(ولا يمنع الدين وجوبها ) سواء أكان حالا أم لا.
مغنى المحتاج الجزء الاول ص:٤١١
Sederhananya, tetep wajib zakat & pengeluaran zakatnya normal karena hutang tidak termasuk penghalang (pengurang) nishob zakat.
MBH SINYO
الدين هل يمنع وجوب الزكاة ؟ فيه ثلاثة أقوال ، أصحها عند الأصحاب , وهو نص الشافعي رضي الله عنه في معظم كتبه الجديدة : تجب … فالحاصل أن المذهب وجوب الزكاة سواء كان المال باطنا أو ظاهرا أم من جنس الدين أم غيره
Apakah utang menghalangi zakat? Di sana ada 3 pendapat. Yang paling benar, menurut ulama Syafiiyah, dan ini yang ditegaskan Imam Syafii radhiyallahu ‘anhu di mayoritas karyanya yang baru, bahwa tetap wajib zakat… kesimpulannya, syafiiyah berpendapat wajib zakat, baik itu harta bathin maupun dzahir, baik dari harta utang atau yang lainnya. (al-Majmu’, 5/344).
Utowo ngiten....
أن الدين يمنع وجوب الزكاة في الأموال الباطنة رواية واحدة وهي الأثمان وعروض التجارة وبه قال عطاء وسليمان بن يسار و ميمون بن مهران و الحسن و النخعي و الليث و مالك و الثوري و الأوزاعي و اسحق و أبو ثور وأصحاب الرأي
Utang bisa menghalangi wajibnya zakat untuk harta bathin, yaitu tabungan dan harta perdagangan, menurut salah satu riwayat dari Imam Ahmad. Dan ini merupakan pendapat Atha’, Sulaiman bin Yasar, Maimun bin Mihran, Hasan al-Bashri, an-Nakkha’i, al-Laits, Imam Malik, Sufyan at-Tsauri, al-Auza’i, Ishaq bin Rahuyah, Abu Tsaur, dan Ashabur ra’yi (ulama kufah). (al-Mughni, 2/633).
KANG MIF
Iki kalo menurut ku Jawaban Nomer 3. Diterima nggeh alhamdulillah gak diterima nggeh innalillahi
Dalam harta dagangan yg harus diakumulasi di akhir tahun adalah stok barang dagangan yg ada plus laba yg ada, bila laba tsb tidak menjadi emas ato perak, sedangkan bila laba tsb sudah menjadi emas ato perak maka harus di zakati secara tersendiri, bila stok barang yg ada beserta laba yg tdk menjadi emas ato perak omzetnya mencapai harganya nishabnya emas yaitu 77,5 gram maka wajib zakat yaitu 1/40/ 2,5 %nya, klo tdk mencapai kadar di atas maka tidak wajib zakat.
Santri Mbelink:
nak niki kepripon njeh,,saking fathul wahab
الواجب (فيما ملك بمعاوضة) مقرونة (بنية تجارة) وإن لم يجددها في كل تصرف (كشراء وإصداق) وهبة بثواب واكتراء لا كإقالة ورد بعيب وهبة بلا ثواب واحتطاب لانتفاء المعاوضة (ربع عشر قيمته)
KANG MIF
يجب ربع عشر قيمة العرض في مال تجارة بلغ النصاب في آخر الحول وإن ملكه بدون نصاب و يضم الربح الحاصل في أثناء الحول إلى الأصل في الحول إن لم ينض أما إذا نض بأن صار ذهبا أو فضة وأمسكه إلى آخر الحول فلا يضم إلى الأصل بل يزكى الأصل بحوله و يفرد الربح بحول. _
إعانة الطالبين ٢/١٥٢_
Santri Mbelink:
dalam tijaroh tidak terlepas tiga hal atau salah satunya di bawah ini :
Kekayaan dalam bentuk barang (persediaan barang).
Uang tunai (uang kas).
Piutang dapat tertagih.
Yang dimaksud dengan harta perniagaan yang wajib dizakati adalah ketiga bentuk harta di atas.
KANG IRENG
وَيضم ربح حَاصِل فِي أثْنَاء الْحول لأصل فِي الْحول إِن لم ينض بِمَا يقوم بِهِ فَلَو اشْترى عرضا بِمِائَتي دِرْهَم فَصَارَت قِيمَته فِي الْحول وَلَو قبل آخِره بلحظة ثَلَاثمِائَة زكاها آخِره أما إِذا نض دَرَاهِم أَو دَنَانِير بِمَا يقوم بِهِ وأمسكه إِلَى آخر الْحول فَلَا يضم إِلَى الأَصْل بل يُزكي الأَصْل بحوله ويفرد الرِّبْح بحول
Iqna' juz 1 hal224.
Kefahamane dalem ngeten.. jika di pertengahan tahun barang dagangan tidak sampai satu nishob tanpa juga menghitung labanya juga. Maka laba dan harta dagangan yg ada harus di kumpulkan.
Jika tidak demikian maka harta dagangan yg ada setelah satu tahun di zakati sendiri begitu pula dengan labanya.
Monggo pun koreksi lik kelintu🙏🏿🙏🏿
Umpama nishobnya adalah 30 jt. Total semua dagangan 20 jt laba 10 jt.
Niku kan dagangane belum mencapai satu nisob maka dagangan dan laba di hitung semua jd satu.
Jika dagangan 50 jt.
Laba 30 jt maka dagangan di zakati sendiri laba juga di zakati sendiri. Ngoten kirang langkingipun
Iwan Ampel:
Sak iling q zakat perdagangan kui stok barang Karo laba dijadikan satu jika sudah mencapai nisob seperti halnya nisobnya emas maka wajib zakat
KANG Mudzakkir:
.وتقوم عروض التجارة عند آخر الحول بما اشتريت سواء كان ثمن مال التجارة نصابا أم لا فإن بلغت قيمة العروض آخر الحول نصابا زكاها وإلا فلا. الباجوري ١/٧٧
Iki ibarot e yii
Itupun laba yang belum di belanjakan/di tashorrufkan. Tapi lek modal sudah mencapai 1 nisob. Yo melok duwur iku mau yi
KESIMPULAN
1.] Boleh selama tidak ada unsur riba. Ketentuan riba itu yg menentukan adalah aqadnya,
Hukum meminjam uang di bank secara agama memang bertentangan dengan syariat kecuali bila tidak disebutkan adanya bunga dalam aqad meskipun itu tidak ada ijab qabul antara pihak Bank dan peminjam.
Untuk menghindari terjadinya ribawi dalam perbankan terdapat beberapa solusi secara fiqh :
a. Hindari terjadi bunga dalam akad
b. Bila memungkinkan jalani akad dengan dua majlis
c. Bunga dijanjikan dengan cara nadzar atau hibah atau lainnya.
2.] tetap berkewajiban membayar zakat ,ini pendapat yg paling ashoh utamanya syafiiyah
3.] dalam tijaroh tidak terlepas tiga hal atau salah satunya di bawah ini :
Kekayaan dalam bentuk barang (persediaan barang).
Uang tunai (uang kas).
Piutang dapat tertagih.
Umpama nishobnya adalah 30 jt. Total semua dagangan 20 jt laba 10 jt.
Niku kan dagangane belum mencapai satu nisob maka dagangan dan laba di hitung semua jd satu.
Jika dagangan 50 jt.
Laba 30 jt maka dagangan di zakati sendiri laba juga di zakati sendiri
dg catatan sbb : jika di pertengahan tahun barang dagangan tidak sampai satu nishob tanpa juga menghitung labanya juga. Maka laba dan harta dagangan yg ada harus di kumpulkan.
Jika tidak demikian maka harta dagangan yg ada setelah satu tahun di zakati sendiri begitu pula dengan labanya.
SUMBER BY DASI ON WA
Niku kan dagangane belum mencapai satu nisob maka dagangan dan laba di hitung semua jd satu.
Jika dagangan 50 jt.
Laba 30 jt maka dagangan di zakati sendiri laba juga di zakati sendiri
dg catatan sbb : jika di pertengahan tahun barang dagangan tidak sampai satu nishob tanpa juga menghitung labanya juga. Maka laba dan harta dagangan yg ada harus di kumpulkan.
Jika tidak demikian maka harta dagangan yg ada setelah satu tahun di zakati sendiri begitu pula dengan labanya.
SUMBER BY DASI ON WA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar