Deskripsi:
Saya baru saja menjadi TKL di LN, dan penduduk di sini mayoritas non muslim. Saya dan temen TKL saya bekerja di pedalaman jauh dari permukiman. Kami ingin mendirikan sholat jum'at . Tapi jumlah kami hanya 8 orang.
Pertanyaan:
Masih wajibkah bagi kami mendirikan sholat jum'at ??
Menu makan Malam
Pukul 20:00-22:00 WIB
Sabtu, 18 Maret 2017
(DASI)
MBAH BARIR
وثانيها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، وتصح منه، وهو المقيم غير المستوطن
niki hny gambaran.
bisakah di qiyas kan ?
pertanyaan tentang mendirikan shalat jum'at d kawasan perkantoran dan jumlah jamaah :
Musyawarah nasional alim ulama pada tahun 1997 di Lombok dengan keputusan bahwa Shalat Jum’at tanpa mustauthin dan muqimin atau dengan mustauthin dan muqimin, tetapi tidak memenuhi syarat, hukumnya tafshil atau dirinci sebagai berikut:
1. Tidak sah, menurut mayoritas ulama Syafi’iyyah. Sementara Imam Syafi’i sendiri dalam qaul qadim yang dikuatkan oleh al-Muzanni memandang sah bila jumlah jama’ah itu diikuti mustauthin minimal 4 orang.
2. Imam Abu Hanifah mengesahkan secara mutlak. Adapun rujukan yang digunakan antara lain: Risalah Bulugh al-Umniyah fi Fatawa al-Nawazil al-‘Ashriyah karya Muhammad Ali al-Maliki:
بَلْ قَالَ شَيْخُنَا فِيْ تَقْرِيْرِهِ عَلَى إِعَانَتِهِ أَنَّ لِلشَّافِعِيِّ قَوْلَيْنِ قَدِيْمَيْنِ فِيْ الْعَدَدِ أَيْضًا أَحَدُهُمَا أَقَلُّهُمْ أَرْبَعَةٌ. حَكَاهُ عَنْهُ صَاحِبُ التَّلْخِيْصِ وَحَكَاهُ فِيْ شَرْحِ الْمُهَذَّبِ
Artinya: Bahkan guruku, al-Bakri bin Muhammad Syaththa, dalam catatan atas kitab I’anah at-Thalibinnya berkata: “Sungguh Imam Syafi’i punya dua qaul qadim tentang jumlah jamaah shalat Jum’at pula. Salah satunya adalah minimal empat orang. Pendapat ini dikutip oleh pengarang kitab al-Talkhish dan dihikayatkan al-Nawawi dalam Syarh al-Muhadzdzab.
Dalam Al-Muhadzdzabyang disusun oleh Abu Ishaq al-Syairazi:
مِنْ شَرْطِ الْعَدَدِ أَنْ يَكُوْنُوْا رِجَالاً أَحْرَارًا مُقِيْمِيْنَ بِالْمَوْضِعِ فَأَمَّا النِّسَاءُ وَالْعَبِيْدُ وَالْمُسَافِرُ فَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِمْ الْجُمْعَةُ لِأَنَّهُ لاَ تَجِبُ عَلَيْهِمْ الْجُمْعَةُ فَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِمْ كَالصِّبْيَانِ وَهَلْ تَنْعَقِدُ بِمُقِيْمِيْنَ غَيْرَ مُسْتَوْطِنِيْنَ فِيْهِ وَجْهَانِ قَالَ أَبُوْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ تَنْعَقِدُ بِهِمْ لِأَنَّهُ تَلْزَمُهُمْ الْجُمْعَةُ فَانْعَقَدَتْ بِهِمْ كَالْمُسْتَوْطِنِيْنَ
Artinya: Di antara syarat jumlah jamaah tersebut adalah, mereka terdiri dari laki-laki, merdeka dan menetap di suatu tempat. Adapun perempuan, budak dan musafir, maka shalat Jum’at tidak menjadi sah dengan kehadiran mereka, karena mereka TIDAK BERKEWAJIBAN melaksanakan shalat Jum’at sehingga shalat itu pun tidak menjadi sah dengan kehadiran mereka, sama seperti anak-anak.
jika : mengikuti pendapat qaul qadim imam Syafi’i dengan konsekuensi harus ada atau kalau perlu mendatangkan minimal 4 orang penduduk di sekitar kantor untuk ikut shalat Jum’at di perkantoran.
SENGAJA pendapat dr Hanafiyyah tdk saya copas, karna syarat nya saya tdk paham.
bisakah,
ibarot ini di qiyaskan ke musafir ?
apalagi dg kondisi di atas ?
MBAH GEPENK
kalo bnr2 d luar negeri
niki hny pribadi kulo lho gus
pasti salah...
1. kewajiban jum'atan gugur, jk dimaknai musafir
2. kembali k arti n pengertian musafir, muqimin, mustautin
atau minimal brp lm seseorang dianggap jd musafir.
3. perkara jumlah jamaah. kalau mentok mau pakai qoul qodim yg d atas, brati masih ada kewajiban jum'at
mugi2 ada titik terang
monggo ibarot lain
Santri Mbelink:
ﻭَﺛَﺎﻟِﺜُﻬَﺎ ﻣُﺴْﺘَﻮْﻃِﻦٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻦْ ﻻَ ﻳَﻨْﻮِﻱ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉَ ﻣِﻦَ ﺍﻟّﺒَﻠَﺪِ ﺍَﻟَّﺘِﻲْ ﻫُﻮَ ﺑِﻬَﺎ ﻓَﺎﻟْﻘِﺴْﻢُ ﺍَْﻷَﻭَّﻝُ ﻭَﻫُﻮَﺍَﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮُ ﻻَ ﺗَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻭَﻻَ ﺗَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﺑِﻪِ
MBAH MATHORI
Shalat Jumat boleh diganti dg shalat Zhuhur dg syarat:
(a) kalau memang di kota tempat anda tinggal orang muslim yang mukim tetap (mustautin) tidak sampai 40 orang;
(b) tidak ada masjid di tempat di mana kita tinggal; atau
(c) ada masjid di luar kota yang dibuat Jumat namun kita tidak mendengar suara adzan muadzinnya kalau tanpa pengeras suara.
Ulama membagi tempat yang dipakai shalat Jumat menjadi dua:
Pertama, tempat shalat Jumat terdapat di luar kota, maka tidak wajib Jumat kecuali bagi yang mendengar suara adzannya menurut jumhur ulama.
Kedua, ada masjid di kota atau desa kita, maka wajib shalat Jumat baik mendengar suara adzannya atau tidak.
المهذب ـ ج: ٤ ـ ص: ٣٥٣
ﻭﻻ ﺗﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻘﻴﻢ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﻻ ﻳﺴﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺍﻟﺬﻱ ﺗﻘﺎﻡ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﺮﻳﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻘﺎﻡ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ } ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺳﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ
Tidak wajib shalat Jumat bagi seorang yang mukim di suatu tempat yang tidak mendengar adzan dari kota atau desa yang didirikan shalat Jum’at berdasarkan pada hadits Ibnu Amr Nabi bersabda: Jumat itu wajib bagi orang yang mendengar suara adzan.
MBAH NYOO
قوله أى غير الإمام الشافعي أى باعتبار مذهبه الجديد فلا ينافي أن له قولين قديمين في العدد أيضا أحدهما أقلهم أربعة حكاه عنه صاحب التلخيص وحكاه في شرح المهذب واختاره من أصحابه المزني كما نقله الأذرعي في القوت وكفى به سلفا في ترجيحه فإنه من كبار أصحاب الشافعي ورواة كتبه الجديدة وقد رجحه أيضا أبو بكر بن المنذر في الأشراف كما نقله النووي في شرح المهذب ثاني القولين اثنا عشر وهل يجوز تقليد أحد هذين القولين الجواب نعم فإنه قول للإمام نصره بعض أصحابه ورجحه وقولهم القديم لا يعمل به محله مالم يعضده الأصحاب ويرجحوه وإلا صار راجحا من هذه الحيثية وإن كان مرجوحا من حيث نسبته للإمام وقال السيوطي كثيرا ما يقول أصحابنا بتقليد أبي حنيفة في هذه المسئلة وهو إختياري إذ هو قول للشافعي قام الدليل على رجحانه إه وحينئذ تقليد أحد هذه القولين أولى من تقليد أبي حنيفة فتنبه وقد ألفت رسالة تتعلق بجواز العمل بالقول القديم للإمام الشافعي رضي الله عنه في صحة الجمعة بأربعة وبغير ذلك فانظرها إن شئت
Dalam qoul qodimnya Imam Syafi'i disebutkan boleh shalat jum'at dgn 4 orang 12 orang saja, dan qoul qodim tersebut boleh diikuti atau diamalkan karena qoul tersebut telah di kuatkan oleh ashhabus syafi'i yaitu Imam Al-Muzaniy, Imam Ibnu Al-Mundzir, dan Imam As Suyuthi. Hal itu lebih baik daripada dengan cara berpindah madzhab (taklid) kepada Imam Hanifah yang membolehkan jum’atan dengan 3 orang. (Kitab Ianatut Tholibin juz 2 hal 58-59 dan Kitab Bughyah Al-Mustarsyidin hal 81)
Nambahi ibarot dn penjelasan
ثم قال الشيخ سالم الحضري في كتابه المذكورة نمرة 21 ان للشافعي رحمهالله تعالى فب العدد الذي تنعقد به الجمعة اربعة اقوال قول معتمد وهو الجديد وهو كونهم اربعين بالشروط المذكورة , وثلاثة اقوال في المذهب القديم ضعيفة احدها اربعة احدهم الامام والثاني ثلاثة احدهم الامام والثالث اثنى عشر احدهم الامام , فعلى العاقل الطالب ما عند الله تعالى من ثوابه ورضاه ان لايترك الجمعة ما نأتي فعلها على واحد من هذه الاقوال الاربعة ولكن اذا لم تعلم الجمعة انها متوفرة فيها الشروط على القول الاول وهو القول الجديد فيسن اعادة الظهر بعدها احتياطا فرارا من خلاف من منعها بدون اربعين اهـ .
Imam as-Syaikh Salim al-Hudlori berkata dalam kitabnya: "Dalam madzhab Syafi’i mengenai jumlah yang menjadi ketentuan jum’at ada empat qoul, yang jadi pegangan (qoul mu’tamad) adalah qoul jadid yang mengharuskan jumlah jum’at harus 40 orang. Tiga qoul lain adalah qoul qodim dan hukumnya dlo’if yaitu :
- 4 orang salah satunya imam
- 3 orang salah satunya imam
- 12 orang salah satunya imam
Bagi orang ‘Aqil yg mencari ridlo Alloh hendaknya tidak meninggalkan jum’at dengan cara menjalankan salah satu dari empat qoul yang telah disebutkan.
Tetapi jika tidak tahu apakah jum’at nya memenuhi syarat qoul jadid maka di sunnahkan mengulang sholat jum’at dengan melakukan sholat dhuhur sesudah sholat jum’at. Hal ini untuk berhati-hati (ihtiyath) dan menghindar dari ulama yang melarang jum’at kurang dari 40 orang. (Risalah Jum’at hal 5)
jalur tengah tapi tergantung sing ngelakoni 😅😅
.وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين يصلون الجمعة أو الظهر فأجاب رحمه الله يصلون الظهر على مذهب الشافعي وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلون الجمعة وهو قوي فإذا قلدوا أى جميعهم من قال هذه المقالة فإنهم يصلون الجمعة وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا، والذي يظهر عدم اشتراط تقليد جميعهم إذا كان المقلد بفتح اللام يقول باكتفائه في الجمعة. وقال بعضهم إعلم أن أمر الجمعة عظيم وهي نعمة جسيمة إمتن الله بها على عباده فهي من خصائصنا جعلها الله محط رحمته ومطهرة لأثام الأسبوع ولشدة إعتناء السلف الصالح بها كانوا يبكرون لها على السرج فاحذر أن تتهاون بها مسافرا أومقيما ولو مع دون أربعين بتقليد والله يهدي من يشاء إلى صراط مستقيم
Dalam kasus di atas menurut imam Al Bulqiniy harus melakukan shalat dzuhur setelahnya, akan tetapi kalau shalat jum'at karen taklid pada imam yg memperboleh kurang dari 40 orang juga boleh dan lebih baik lagi bila shalat jum'at kemudian disertai dengan shalat dzuhur. Bahkan menurut sebagian Ulama, takutlah meninggalkan shalat jum'at walaupun kurang dari 40 orang karena shalat jum'at bagian dari rahmat Allah dan pelebur dosa dalam seminggu. (Ianatut Tholibin juz 2 hal 58-59)
Santri Mbelink:
1.Wajib menjalani jumah, bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga SAH, yaitu bagi mereka yang memenuhi syarat sholat jumah (laki-laki, merdeka, dan mustawthin/menetap)
2.Wajib menjalani jumah, sholat jumahnya juga SAH tapi tidak dapat menggugurkan hitungan 40 yaitu bagi orang mukim yang tidak menetap, dan orang yang mendengar panggilan jumah padahal dia tidak ditempatnya
Ianah juz 2 shohf 54
واعلم) أن الناس في الجمعة ستة أقسام: أولها: من تجب عليه، وتنعقد به، وتصح منه، وهو من توفرت فيه الشروط كلها.
وثانيها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، وتصح منه، وهو المقيم غير المستوطن، ومن سمع نداء الجمعة،
MBAH BARIR
Inti jawaban tidak wajib jum'atan karena tidak memenuhi syarat.. bila mengadakan jum'atan maka tidak sah.. karena yang mengesahkan sholat jum'at itu mustautin.. atau orang yang berdomisili disitu dan tidak ada niatan pindah.. dan ada dalam daerah yang berbangunan rumah permanen..
Ibaroh tambahan :
حاشية الجمل الجزء الأول صحـ : 385 مكتبة دار الفكر العربي وَخَامِسُهَا أَنْ تَقَعَ بِأَرْبَعِينَ وَلَوْ مَرْضَى أَوْ مِنْهُمُ اْلإِمَامُ مُكَلَّفًا حُرًّا ذَكَرًا اتِّبَاعًا لِلسَّلَفِ وَالْخَلَفِ مُتَوَطِّنًا بِمَحَلِّهَا أَيْ لاَ يَظْعَنُ عَنْهُ شِتَاءً وَلاَ صَيْفًا إِلاَّ لِحَاجَةٍ (قَوْلُهُ مُتَوَطِّنًا بِمَحَلِّهَا) فَلاَ تَنْعَقِدُ بِغَيْرِ الْمُسْتَوْطِنِ كَمَنْ أَقَامَ عَلَى عَزْمِ عَوْدِهِ إِلَى وَطَنِهِ بَعْدَ مُدَّةٍ وَلَوْ طَوِيلَةً كَالْمُتَفَقِّهَةِ وَالتُّجَّارِ لِعَدَمِ التَّوَطُّنِ وَلاَ بِالْمُتَوَطَّنِيْنَ خَارِجَ مَحَلِّ الْجُمُعَةِ وَإِنْ سَمِعُوْا نِدَاءَهَا لِفَقْدِ إقَامَتِهِمْ بِمَحَلِّهَا
MBAH NYOO
Nambahi keterangan dari jawaban saya diatas
Dari jumlah-jumlah di atas juga masih disyaratkan harus berjam'aah dan berjenis kelamin laki-laki, mukalaf, merdeka, serta mustautin (bertempat tinggal sebagai penduduk setempat).
Yang dimaksud Mustautin dalam hubunganya termasuk syarat mengesahkan sholat jum'at adalah orang-orang yang mempunyai tempat tinggal tetap di daerah tersebut (warga setempat) yang sekiranya tidak pergi dari tempatnya di musim hujan ataupun kemarau. (Hasyiah al Bajuri juz 1 hal 316)
Adapun orang-orang yang hanya bermukim di suatu tempat akan tetapi tidak memiliki rumah di daerah tersebut (bukan warga setempat) seperti santri di pesantren, maka itu belum bisa dikatakan mustautin. Akan tetapi dinamakan "muqim ghoiru mustautin". (Hasyiah al Bajuri juz 1 hal 312)
Dari uraian di atas disimpulkan bahwasanya jika dalam sholat jum'at jama'ahnya kurang dari 40 orang, ataupun lebih dari 40 orang akan tetapi yang mustautin (penduduk setempat) jumlahnya tidak sampai 40 orang seperti jum'atan yang dilakukan di sekolah-sekolah atau pabrik-pabrik, maka setelah selesai sholat jum'at melakukan sholat dzuhur baik secara berjamaah maupun sendiri-sendir.
Santri Mbelink:
Madzahib al arba'ah juz 1 shohf 346
فلونزل جماعة كثيرة بمكان ونووا فيه الإقامة شهراً مثلاً،وأرادوا أن يقيموا جمعة في ذلك المكان،فلاتجب عليهم ولاتصح
Jika sekelompok orang banyak singgah disuatu tempat kemudian meniatkan tinggal di situ selama sebulan misalnya maka bagi mereka tidak wajib(mendirikan sholat Jumat) dan tidak sah (jika mendirikan sholat Jumat
MBAH MATHORI
Shalat Jumat boleh diganti dg shalat Zhuhur dg syarat:
(a) kalau memang di kota tempat anda tinggal orang muslim yang mukim tetap (mustautin) tidak sampai 40 orang;
(b) tidak ada masjid di tempat di mana kita tinggal; atau
(c) ada masjid di luar kota yang dibuat Jumat namun kita tidak mendengar suara adzan muadzinnya kalau tanpa pengeras suara.
Ulama membagi tempat yang dipakai shalat Jumat menjadi dua:
Pertama, tempat shalat Jumat terdapat di luar kota, maka tidak wajib Jumat kecuali bagi yang mendengar suara adzannya menurut jumhur ulama.
Kedua, ada masjid di kota atau desa kita, maka wajib shalat Jumat baik mendengar suara adzannya atau tidak.
المهذب ـ ج: ٤ ـ ص: ٣٥٣
ﻭﻻ ﺗﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻘﻴﻢ ﻓﻲ ﻣﻮﺿﻊ ﻻ ﻳﺴﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺍﻟﺬﻱ ﺗﻘﺎﻡ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﺮﻳﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻘﺎﻡ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ } ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺳﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ
Tidak wajib shalat Jumat bagi seorang yang mukim di suatu tempat yang tidak mendengar adzan dari kota atau desa yang didirikan shalat Jum’at berdasarkan pada hadits Ibnu Amr Nabi bersabda: Jumat itu wajib bagi orang yang mendengar suara adzan.
Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Abi Syaibah dari Ali Nabi bersabda:
ﻻ ﺟﻤﻌﺔ ﻭﻻ ﺗﺸﺮﻳﻖ ﻭﻻ ﺻﻼﺓ ﻓﻄﺮ ﻭﻻ ﺃﺿﺤﻰ ﺇﻻ ﻓﻲ ﻣﺼﺮ ﺟﺎﻣﻊ ﺃﻭ ﻣﺪﻳﻨﺔ ﻋﻈﻴﻤﺔ
Artinya: Tidak ada shalat Jum’at, shalat tasyriq, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha kecuali di kota yang ada masjid jamiknya (yang dibuat Jumat) atau kota besar.
Bagi yang tidak ada masjid di daerahnya, tapi dia mendengar suara adzan dari masjid desa atau kota tetangga, maka tetap wajib Jum’at. Nabi bersabda dalam hadits sahih riwayat Ibnu Majah dari Ibnu Abbas:
ﻭﺭﻭﻯ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ( 793 ) ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ : ( ﻣَﻦْ ﺳَﻤِﻊَ ﺍﻟﻨِّﺪَﺍﺀَ ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﺄْﺗِﻪِ ﻓَﻠَﺎ ﺻَﻼﺓَ ﻟَﻪُ ﺇِﻻ ﻣِﻦْ ﻋُﺬْﺭٍ
Artinya: Barangsiapa yang mendengar suara adzan lalu tidak mendatangi (panggilan itu) maka tidak ada shalat baginya kecuali karena udzur.
Dalam menjelaskan maksud hadits di atas, Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 4/353 berkata:
ﺍﻻﻋﺘﺒﺎﺭ ﻓﻲ ﺳﻤﺎﻉ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ : ﺃﻥ ﻳﻘﻒ ﺍﻟﻤﺆﺫﻥ ﻓﻲ ﻃﺮﻑ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻭﺍﻷﺻﻮﺍﺕ ﻫﺎﺩﺋﺔ ﻭﺍﻟﺮﻳﺢ ﺳﺎﻛﻨﺔ ، ﻭﻫﻮ ﻣﺴﺘﻤﻊ ﻓﺈﺫﺍ ﺳﻤﻊ ﻟﺰﻣﻪ ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻟﻢ ﻳﻠﺰﻣﻪ
Artinya: Yang dianggap dalam mendengarkan adzan adalah muadzin berdiri di pinggir kota/desa, suara dalam keadaan tenang dan angin tidak berhembus sedangkan ia sedang mendengarkan, maka apabila mendengar wajib datang ke masjid, apabila tidak mendengar maka tidak wajib baginya.
Adapun syarat wajibnya Jum’at harus adanya 40 orang pemukim tetap, Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 4/353 menjelaskan:
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺍﻷﺻﺤﺎﺏ : ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﺃﺭﺑﻌﻮﻥ ﻓﺼﺎﻋﺪﺍ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻜﻤﺎﻝ ﻭﺟﺐ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻦ ﻓﻴﻪ ﻭﺇﻥ ﺍﺗﺴﻌﺖ ﺧﻄﺔ ﺍﻟﺒﻠﺪ ﻓﺮﺍﺳﺦ ، ﻭﺳﻮﺍﺀ ﺳﻤﻊ ﺍﻟﻨﺪﺍﺀ ﺃﻡ ﻻ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻣﺠﻤﻊ ﻋﻠﻴﻪ
Artinya: Imam Syafi’i dan ulama madzhab Syafi’iyah berkata, “Apabila di suatu kota terdapat 40 orang atau lebih dari ahlul kamal (pemukim tetap, laki-laki akil baligh), maka wajib shalat Jum’at bagi setiap orang yang ada di tempat tersebut walaupun luas daerahnya. Baik mendengar suara adzan atau tidak.
MBAH AJIB
Sarat" sah solat jum'ah, versi fasholatan
1. Di adakan di slh satu kota atau desa dan ada orang yang bermukim tetap pada daerah tsbt
2. Harus dg berjamaah sdikitnya 40orang (madhab syafii i)
3, dilaksanakan pda waktu msuk sholat dhuhur
4. Sblum solat di adakan 2 qutbah.
.. monggo lak wonten teruse..
MBAH GEPPENK
Tidak wajib mendirikan sholat Jum'at karena tidak memenuhi syarat.
Ibarat. Idem madzahibul arba'ah dan hasyiyah jamal
Majmu syarah lamuhadzab juz 4 shohf 419
ولا تصح الجمعة إلا في أبنية يستوطنها من تنعقد بهم الجمعة من بلد أو قرية لانه لم تقم الجمعة في عهد رسول الله صلي الله عليه وسلم ولا في أيام الخلفاء الا في بلد أو قرية ولم ينقل أنها أقيمت في بدو فان خرج أهل البلد إلي خارج البلد فصلوا الجمعة لم يجز
Shalat jum’at tidak sah kecuali dilaksanakan di beberapa bangunan yang di tempati oleh muqim mustauthin, baik itu di dalam satu balad atau desa, karena belum pernah jum’at didirikan pada masa Rasululloh saw, dan tidak pula pada masa khulafaurrosydin melainkan didirikan didalam satu balad atau desa, dan belum pernah didapat bahwa jum’at itu didirikan di padang sahara. Jika penduduk balad itu keluar, lalu mereka shalat jum’at, maka shalatnya tidak sah.
Santri Mbelink:
Tambahan dr majmu syarh muhadzab juz 4 shohf 421
فلا تصح الجمعة إلا باربعين رجلا بالغين عقلاء احرارا مستوطنين للقرية أو البلدة التى يصلي فيها الجمعة لا يظعنون عنها شتاء ولا صيفا الا سفر حاجة فان انتقلوا عنه شتاء وسكنوه صيفا أو عكسه فليسوا مستوطنين
Shalat jum’at tidak sah kecuali dengan adanya 40 orang laki-laki yang baligh, ber’akal, merdeka lagi yang tinggal menetap di desa atau dibalad tersebut yang melaksanakan jum’at di tempat itu, ,mereka tidak pergi keluar baik disaat musim panas atau dingin kecuali keluar karena ada keperluan, seandainya mereka berpindah tempat disaat musim panas dan tinggal kembali disaat musim dingin atau sebaliknya, maka mereka bukan penduduk yang tinggal menetap ditempat itu.
AL UMM Juz 1 shohf 219
قال الشافعي) وسمعت عددا من أصحابنا يقولون تجب الجمعة على أهل دار مقام إذا كانوا أربعين رجلا وكانوا أهل قرية
Berkata Imam Syafii: Aku mendengar sejumlah dari sahabatku mereka berkata: wajib jum’at atas penduduk tempat tersebut bila sudah mencapai 40 orang laki-laki, dan mereka adalah ahlu qoryah (penduduk tempat tersebut)
MBAH MUDZ
ﻗﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺑﻔﺘﺎﻭﻯ ﺇﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﺻﺤـ ٨١ *
ﺳُﺆَﺍﻝٌ ( ﻋَﻦْ ﻃَﺎﺋِﻔَﺔٍ ﻣُﻘِﻴْﻤِﻴْﻦَ ﺑِﺒَﻠَﺪَﺓٍ ﻓَﻬَﻞْ ﻟَﻬُﻢْ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻓِﻰ ﻣَﻘَﺮِّ ﻋَﻤَﻠِﻬِﻢْ ﻟِﻜَﻮْﻧِﻬِﻢْ ﺃَﺭْﺑَﻌِﻴْﻦَ ﻓَﺄَﻛْﺜَﺮَ؟
ﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺏُﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠَّﻪِ ﻣُﺴْﺘَﻤِﺪًّﺍ ﻣِﻨْﻪُ ﺍﻟْﻌَﻮْﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﺼَّﻮَﺍﺏِ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺏِ ﻭَﺍﻟﺼَّﻼَﺓُ ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺗَﺎﺑِﻌِﻴْﻬِﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﻤَﺂﺏِ ﺃَﻣَّﺎ ﺑَﻌْﺪُ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻻَ ﺑُﺪَّ ﻣِﻦْ ﻣَﻌْﺮِﻓَﺔِ ﻣُﻘَﺪِّﻣَﺔٍ ﺃَﻣﺎَﻡَ ﺍﻟْﺠَﻮَﺍﺏِ ﻭَﻫِﻰَ ﺃَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﺷَﺨْﺺٍ ﻓِﻰ ﺃَﻱِّ ﻣَﻜَﺎﻥٍ ﻻَﺑُﺪَّ ﺃَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺃَﺣَﺪُ ﺃَﻗْﺴَﺎﻡٍ ﺛَﻼَﺛَﺔٍ ﺃَﺣَﺪُﻫَﺎ ﻣُﺴَﺎﻓِﺮٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻦْ ﻻَﻳَﻨْﻮِﻱْ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔً ﻣُﺆَﺛِّﺮَﺓً ﻭَﻫِﻰَ ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔُ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ ﻓَﺄَﻛْﺜَﺮَ ﺑَﻞْ ﻳَﻘْﺼِﺪُ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔً ﺃَﻗَﻞَّ ﻣِﻦْ ﺫَﻟِﻚَ ﻭَﺛَﺎﻧِﻴْﻬَﺎ ﻣُﻘِﻴْﻢٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻦْ ﻳَﻨْﻮِﻱْ ﺇِﻗَﺎﻣَﺔً ﻣُﺆَﺛِّﺮَﺓً ﺃَﺭْﺑَﻌَﺔَ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ ﻓَﺄَﻛْﺜَﺮَ ﻭَﻟَﻮْ ﻣِﺌَﺎﺕِ ﺍﻟﺴِّﻨِﻴْﻦَ ﻟَﻜِﻨَّﻪُ ﻳَﻘْﺼِﺪُ ﺍَﻟﺮُّﺟُﻮْﻉَ ﺇِﻟَﻰ ﻭَﻃَﻨِﻪِ ﻓَﻬَﺬَﺍ ﻣُﻘِﻴْﻢٌ ﻭَﺛَﺎﻟِﺜُﻬَﺎ ﻣُﺴْﺘَﻮْﻃِﻦٌ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﻦْ ﻻَ ﻳَﻨْﻮِﻱ ﺍﻟﺮُّﺟُﻮْﻉَ ﻣِﻦَ ﺍﻟّﺒَﻠَﺪِ ﺍَﻟَّﺘِﻲْ ﻫُﻮَ ﺑِﻬَﺎ ﻓَﺎﻟْﻘِﺴْﻢُ ﺍَْﻷَﻭَّﻝُ ﻭَﻫُﻮَﺍَﻟْﻤُﺴَﺎﻓِﺮُ ﻻَ ﺗَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻭَﻻَ ﺗَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﺑِﻪِ ﺑَﻞْ ﺗَﺼِﺢُّ ﻣِﻨْﻪُ ﻟَﻮْ ﺻَﻼَّﻫَﺎ ﻣَﻊَ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ ﻭَﺗُﻐْﻨِﻴْﻪِ ﻋَﻦِ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﻭَﺍﻟْﻘِﺴْﻢُ ﺍَﻟﺜَّﺎﻧِﻲْ ﻭَﻫُﻮَ ﺍَﻟْﻤُﻘِﻴْﻢُ ﺗَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﻭَﻳَﺠِﺐُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺣُﻀُﻮْﺭُﻫَﺎ ﻣَﻊَ ﺃَﻫْﻠِﻬَﺎ ﺇِﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﻳَﺒْﻠُﻐُﻪُ ﻧِﺪَﺍﺅُﻫَﺎ ﻟَﻜِﻨَّﻬَﺎ ﻻَ ﺗَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﺑِﻪِ ﺑَﻞْ ﺗَﺼِﺢُّ ﻣِﻨْﻪُ ﺗَﺒْﻌٌﺎ ﻻَ ﺍﺳْﺘِﻘْﻼَﻻً ﻭَﺍﻟْﻘِﺴْﻢُ ﺍَﻟﺜَّﺎِﻟﺚُ ﻭَﻫُﻮَ ﺍَﻟْﻤُﺴْﺘَﻮْﻃِﻦُ ﺗَﻠْﺰَﻣُﻪُ ﻭَﺗَﻨْﻌَﻘِﺪُ ﺑِﻪِ ﻭَﻻَ ﺗَﺼِﺢُّ ﻣِﻨْﻪُ ﺍَﻟﻈُّﻬْﺮُ ﻣَﺎ ﺩَﺍﻣَﺖِ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﺗُﻤْﻜِﻨُﻪُ ﺍﻫـ
Apabila shalat Jumat tidak dilaksanakan karena tidak terpenuhi syarat-syaratnya, maka otomatis muslim yang ada di tempat tersebut wajib melakukan shalat Zhuhur. Namun sangat dianjurkan untuk melakukan shalat Zhuhur secara berjamaah. Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm. 4/360 menyatakan:
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺍﻷﺻﺤﺎﺏ : ﻭﻳﺴﺘﺤﺐ ﻟﻠﻤﻌﺬﻭﺭﻳﻦ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﻲ ﻇﻬﺮﻫﻢ ، ﻭﺣﻜﻰ ﺍﻟﻐﺰﺍﻟﻲ ﻭﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﻟﻬﻢ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ; ﻷﻥ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺍﻟﻤﺸﺮﻭﻋﺔ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ، ﻭﺑﻬﺬﺍ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﻭﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻭﺍﻟﺜﻮﺭﻱ ، ﻭﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻷﻭﻝ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﻠﺪ ، ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﺗﺴﺘﺤﺐ ﻓﻲ ﻇﻬﺮﻫﻢ ﺑﺎﻹﺟﻤﺎﻉ
Artinya: Imam Syafi’i dan ulama madzhab Syafi’iyah berkata “Sunnah bagi muslim yang tidak shalat Jum’at karena udzur untuk shalat berjamaah Zhuhur. Al-Ghazali dan Ar-Rofi’i meriwayatkan bahwa tidak sunnah berjamaah karena berjamaah yang sunnah pada waktu ini adalah shalat Jum’at. Ini pendapat Al-Hasan bin Shaleh, Abu Hanifah dan Tsauri. Pendapat yang dipilih adalah yang pertama (sunnah berjamaah) sebagaimana apabila mereka berada di luar kota di mana sunnah shalat berjamaah shalat Zhuhur menurut ijmak ulama.
Kesimpulan
1.tidak WAJIB dan tidak SAH mendirikan sholat Jum'at
2.Wajib sholat Jum'at ketika mendengar suara adzan
3.ketika tidak mendengar suara adzan Cukup mengerjakan sholat Dzuhur
SUMBER BY DASI ON WA
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
*_Asslamu'alaikum_* *DASI ZONA LAMPUNG* _*One Day One problem*_ Pertanyaa dari : anggota dazolam Tema. : Judul. : najasah ...
terimakasih ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih awam
BalasHapusalhamdulillah,,,semoga bisa bermanfaat,,,
Hapus
BalasHapusثم قال الشيخ سالم الحضري في كتابه المذكورة نمرة 21 ان للشافعي رحمهالله تعالى فب العدد الذي تنعقد به الجمعة اربعة اقوال قول معتمد وهو الجديد وهو كونهم اربعين بالشروط
Referensi kitab,risalah Jumat ini sulit di lacak..mungkin ada yg punya link pdf nya gan????
afwan ,,,untuk link kitabnya bisa di download yg versi pdf di maktabah syamilah,,,
Hapus