DASI SANTRI JAGAT
one day one problems
one day one problems
Pertanyaan dari: kang limin
Tema : shalat
Judul : shalat jum'at
Tema : shalat
Judul : shalat jum'at
sahkah solatnya makmum sholat Jum'at yang diluar masjid. (rumah orang yang dekat masjid) tapi terhalang jalan dan jalan tersebutb jadi tempat parkir motor?
Menu ngopi malam
Pukul:21.00-23.00 WIB, Selasa, 03 Oktober 2017
Diskusi
👇
👇
👇
Pukul:21.00-23.00 WIB, Selasa, 03 Oktober 2017
Diskusi



Mbh Limin:
jarake sekitar 10 meteran. maaf dereng paham bahasa dirok
jarake sekitar 10 meteran. maaf dereng paham bahasa dirok
Kang Jurin:
تقريرات السديدة ٢٩٩
تقريرات السديدة ٢٩٩
ولايضر تخلل الشارع بين الإمام والمأمو، وكذلك النهر الكبير، ولاالبحر بين سفينتين.
Guss:
Batas jrak antra makmum dan imam nx tn sfinah niku 300dirok
Batas jrak antra makmum dan imam nx tn sfinah niku 300dirok
Yi Zaky :
Jika makmum dalam shalat didalam masjid dalam keadaan tahu shalatnya imam, maka shalatnya sah selama tidak mendahului posisi shaf imam. Jika makmum shalat diluar masjid namun masih dekat, maka dibolehkan selama ia mengetahui shalatnya imam dan tidak ada pembatas disana. Mengetahui shalat imam bisa jadi dengan mendengar suaranya, melihatnya, atau mendengar melalui pengeras suara, atau melihat sebagian shaf. Jika imam shalat didalam masjid sedangkan makmumnya diluar masjid, maka jarak makmum tersebut adalah 300 hasta ( 1 hasta diperkirakan 45 cm, maka 300 hasta mendekati 135 meter) dihitung dari bagian belakang masjid. Inilah yang dimaksud masih dekat. Sedangkan jika imam dan makmum sama didalam masjid, maka tidak memakai patokan jarak tersebut. Jika imam dan makmum sama-sama diluar masjid, maka memakai patokan 300 hasta ditambahkan tidak ada sesuatu yang menghalangi antara imam dan makmum.
Jika makmum dalam shalat didalam masjid dalam keadaan tahu shalatnya imam, maka shalatnya sah selama tidak mendahului posisi shaf imam. Jika makmum shalat diluar masjid namun masih dekat, maka dibolehkan selama ia mengetahui shalatnya imam dan tidak ada pembatas disana. Mengetahui shalat imam bisa jadi dengan mendengar suaranya, melihatnya, atau mendengar melalui pengeras suara, atau melihat sebagian shaf. Jika imam shalat didalam masjid sedangkan makmumnya diluar masjid, maka jarak makmum tersebut adalah 300 hasta ( 1 hasta diperkirakan 45 cm, maka 300 hasta mendekati 135 meter) dihitung dari bagian belakang masjid. Inilah yang dimaksud masih dekat. Sedangkan jika imam dan makmum sama didalam masjid, maka tidak memakai patokan jarak tersebut. Jika imam dan makmum sama-sama diluar masjid, maka memakai patokan 300 hasta ditambahkan tidak ada sesuatu yang menghalangi antara imam dan makmum.
Dan jika imam di dalam masjid sedangkan makmum di luar masjid, maka jarak makmum tersebut adalah 300 hasta (jika 1 hasta diperkirakan 45 cm, maka 300 hasta mendekati 135 meter) dihitung dari bagian belakang masjid. Inilah yang dimaksud masih dekat. Sedangkan jika imam dan makmum sama-sama di dalam masjid, maka tidak memakai patokan jarak tersebut. Jika imam dan makmum sama-sama di luar masjid, maka memakai patokan 300 hasta tadi dan ditambahkan tidak ada sesuatu yang menghalangi antara imam dan makmum. Lihat Fathul Qorib, 1: 160-161.
﴿ فصل ﴾ـ وصلاة الجماعة سنة مؤكدة وعلى المأموم أن ينوي الائتمام دون الإمام ويجوز أن يأتم الحر بالعبد والبالغ بالمراهق ولا تصح قدوة رجل بامرأة ولا قارئ بأمي وأي موضع صل في المسجد بصلاة الإمام فيه وهو عالم بصلاته أجزأه ما لم يتقدم عليه، وإن صلى في المسجد والمأموم خارج المسجد قريبا منه وهو عالم بصلاته ولا حائل هناك جاز۰
Artinya:
Shalat jamaah itu hukumnya sunnah mu'akkad. Makmum harus berniat jadi makmum sedang imam tidak wajib niat menjadi imam. Boleh orang yang merdeka bermakmum pada budak, orang baligh pada yang belum baligh. Tidak sah laki-laki bermakmum pada wanita, orang yang pintar membaca Quran kepada yang buta huruf. Makmum boldh shalat di tempat manapun dari posisi imam di masjid asal imam tahu shalatnya itu hukumnya sah selagi makmum tidak mendahului imam. Apabila imam shalat di masjid sedang makmum di luar masjid yang dekat, dan imam tahu atas halat makmum, dan tidak penghalang antara keduanya hukumnya boleh.
Shalat jamaah itu hukumnya sunnah mu'akkad. Makmum harus berniat jadi makmum sedang imam tidak wajib niat menjadi imam. Boleh orang yang merdeka bermakmum pada budak, orang baligh pada yang belum baligh. Tidak sah laki-laki bermakmum pada wanita, orang yang pintar membaca Quran kepada yang buta huruf. Makmum boldh shalat di tempat manapun dari posisi imam di masjid asal imam tahu shalatnya itu hukumnya sah selagi makmum tidak mendahului imam. Apabila imam shalat di masjid sedang makmum di luar masjid yang dekat, dan imam tahu atas halat makmum, dan tidak penghalang antara keduanya hukumnya boleh.
Kang Jurin :
Intinya. Tidak masalah antara imam dan makmum terhalang oleh jalan begitu juga terhalang oleh sungai yg besarnya sampai dua perahu.
Intinya. Tidak masalah antara imam dan makmum terhalang oleh jalan begitu juga terhalang oleh sungai yg besarnya sampai dua perahu.
Talkhis Ahmad:
1 - Makmum tidak boleh mendahalui imam di tempatnya
1 - Makmum tidak boleh mendahalui imam di tempatnya
أن لا يتقدم المأموم على الإمام في المكان
2 - Mengikuti imamam dalam gerakan dan rukun-rukun fi’li yang lainnya.
أن يتابعه في انتقالاته وسائر أركان الصلاة الفعلية
3 - Mengetahui pergerakan imam
العلم بانتقالات الإمام:
4 - Tidak ada pemisah yang jauh antara imam dan makmum.
أن لا يكون بين الإمام والمأموم فاصل مكاني كبير
5 - Makmum berniat jama’ahatau makmum ( sa’at takbirotul ikhrom ).
أن ينوي المقتدي الجماعة أو الاقتداء
Poro sepuh .. mungkin kalau di samakan dengan ini pripon
Saking bujairomi
Kasus di atas tetap sah akan tetapi harus ada jalur penghubung antara imam dan makmum
Saking bujairomi
Kasus di atas tetap sah akan tetapi harus ada jalur penghubung antara imam dan makmum
الْقَمُولِيُّ : وَلَوْ صَلَّى الْإِمَامُ بِصَحْنِ الْمَسْجِدِ وَالْمَأْمُومُ بِسَطْحِ دَارِهِ اُشْتُرِطَ لِصِحَّةِ الصَّلَاةِ مَكَانُ الِاسْتِطْرَاقِ بَيْنَهُمَا مِنْ غَيْرِ ازْوِرَارٍ وَانْعِطَافٍ ، وَلَا تَكْفِي الْمُشَاهَدَةُ
“Apabila imam sholat di loteng masjid dan makmum ada di loteng rumahnya maka untuk keabsahan sholat berjama’ah harus ada jalur yang menuju imam dengan tanpa berjalan menyamping dan memutar, dan tidak cukup hanya dengan melihat pada imam saja”. Keterangan serupa juga terdapat di dalam kitab Kifayah al-Akhyar
KESIMPULAN
Tetap sah walau terhalang parkir dan jalan,
Akan tetapi jarak antara ma'mum dan imam jg sampe melibihi 300 dziro'/_+144 meter Dan harus di beri jalan pnghubung antara ma'mum dan imam yg terpisah.
Tetap sah walau terhalang parkir dan jalan,
Akan tetapi jarak antara ma'mum dan imam jg sampe melibihi 300 dziro'/_+144 meter Dan harus di beri jalan pnghubung antara ma'mum dan imam yg terpisah.
Sumber by. Dasi on WA DASI SANTRI JAGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar