Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Rabu, 11 Oktober 2017
TALAK SHORIH DAN KINAYAH
DASI ZONA LAMPUNG
One Day One Problem
Pertanyaan :
Apakah 3 kalimat yang diucapkan oleh suami terhadap istrinya berikut ini adalah talaq?
1. Suami :"Dek, sepertinya kita sudah tidak cocok lagi, mungkin lebih baik kita berpisah saja."
Istri : (diam tidak memberi jawaban)
2. Suami :"kita berpisah saja, kalau mau pulang kerumah orang tuamu pulanglah..."
3. Setelah suami istri ribut, suami mendatangi sang istri yang sedang menangis di dalam kamar setelah sebelumnya sang suami marah membabi buta kepada sang istri.
kemudian bertanyalah sanh suami kepd istri *"apa yg kmu inginkan akan aku turuti"* .. sang istri mnjwb..
*"aku minta kita berpisah karna aku sudah tidak bisa bertahan."*
*"Baiklah aku turuti"* jawab sang suami.
2 Oktober 2017, Pukul 21:00 WIB.
Semoga menambah wawasan kita semua. Aamin.
Diskusi 👇👇👇
Yuli :
1. Talak kinayah.
Karna dikatakan dg sadar dan dg niat berarti talaqnya sah.
Fatoni Anwar :
2. Perkataan suami seperti di atas termasuk thalaq kinayah / sindiran, bisa jatuh thalaq bila si suami niat menjatuh thalaq dengan kata-kata tersebut di atas, bila tidak niat menjatuhkan thalaq maka tidak jatuh thalaq, dalam hal ini presepsi dan keyakinan si istri tidak dipertimbangkan, istri yakin itu talak tapi si suami tidak niat, maka talak tetap tidak jatuh.
I'anatut Tholibin
.ويقع بكناية وهي ما يحتمل الطلاق وغيره إن كانت مع نية لإيقاع الطلاق مقترنة بأولها أى الكناية وتعبيري بمقترنة بأولها هو ما رجحه كثيرون واعتمده الأسنوى والشيخ زكريا تبعا لجمع محققين ورجح في أصل الروضة الإكتفاء بالمقارنة لبعض اللفظ ولو لآخره، أى يقع الطلاق بالكناية إن كانت مع نية لإيقاع الطلاق زاد في التحفة ومع قصد حروفه أيضا ثم قال فإن لم ينو ذلك لم يقع إجماعا.( إعانة الطالبين ٤/١٢)
3. dalam hukum islam, istri bisa menggugat minta cerai yang diistilahkan dengan nama KHULU` atau suami telah memasrahkan thalaknya kepada isteri supaya mentalak sendiri diperbolehkan menurut ijma’, dengan beberapa syarat dan konsekuensinya.
Nomer 3
فصل فى جواز تفويض الطلاق للزوجة وهو جائز بالاجماع الى ان قال ... له تفويض طلاقها اليها وهو تمليك فى الجديد فيشترط لوقوعه تطليقها على الفور لان التطليق هنا جواب للتمليك فكان كقبوله وقبوله فور فان أخرت بقدرما ينقطع به القبول عن الايجاب او تخلل اجنبى كثير بين تفويضها وتطليقها ثم طلقت انفسها لم تطلق وفى قول توكيل فلا يشترط فور فى الاصح (مغنى المحتاج ص285ج3).
Wiro Sableng:
Nmer 3
فصل فى جواز تفويض الطلاق للزوجة وهو جائز بالاجماع الى ان قال ... له تفويض طلاقها اليها وهو تمليك فى الجديد *فيشترط لوقوعه تطليقها على الفور لان التطليق هنا جواب للتمليك فكان كقبوله وقبوله فور فان أخرت بقدرما ينقطع به القبول عن الايجاب او تخلل اجنبى كثير بين تفويضها وتطليقها ثم طلقت انفسها لم تطلق* وفى قول توكيل فلا يشترط فور فى الاصح (مغنى المحتاج ص285ج3).
Caba yg ditebalkan kang.
الكتاب: حاشية إعانة الطالبين ج4 ص11-13
(قوله: بصريح) متعلق بيقع: أي إنما يقع الطلاق بصريح الخ، وهو شروع في بيان الصيغة التي هي أحد أركانه وهي لفظ *يدل على فراق* إما صريحا وهو ما لا يحتمل ظاهره غير الطلاق وألفاظه خمسة: *طلاق، وفراق، وسراح، وخلع، ومفاداة*، كما قال ابن رسلان في زبده: *صريحه سرحت أو طلقت خالعت أو فاديت أو فارقت وإنما كانت صريحا لاشتهارها في معنى الطلاق و ورودها* في القرآن مع تكرر بعضها فيه وإلحاق ما لم يتكرر منها بما تكرر. -إلى أن قال-
وإما كناية وهي كل لفظ احتمل ظاهره غير الطلاق، ولا تنحصر ألفاظها. -إلى أن قال-
(قوله: فترجمة الطلاق صريح) *أي لشهرة استعمالها عندهم في معناها شهرة العربية عند أهلها، ولا ينافي تأثير الشهرة هنا عدمه في أنت علي حرام لأن ما هنا موضوع للطلاق بخصوصه بخلاف ذاك، وإن اشتهر فيه.*
وفي البجيرمي: وترجمة الطلاق بالعجمية: سن بوش فسن أنت، وبوش طالق.
Lafadz lafadz talaq shorih
1. Tholaq: cerai
2. Firoq: pisah/bubaran
3. Saroh: membebaskan/pergilah
4. Khul'.1.melepaskan; mencabut,membebaskan.
5. Mafadah.
Definisi thalaq sharih secara sederhana dalam Ianah dan beberapa kitab lain adalah ‘ma la yahtamilu ghairu thalaq’. Contoh pastinya adalah lafadz thalaq itu sendiri.
Definisi lebih lengkap disebutkan di Mughni Mujhtaj, yakni lafadz yang tidak mengandung selain thalaq baik dari segi lughat maupun urf. Sebab bila lughat saja maka akan ambigu sekali, sebab hampir tidak ada kata yang berdefinisi tunggal. Contohnya saja thalaq, secara bahasa bisa berarti lepasnya tali pernikahan, menembak, memanggil, dll. Akhirnya tidak terjadi kodifikasi sharih-kinayah.
Dari segi urf artinya setiap lafadz yang masyhur oleh masyarakat digunakan sebagai kalimat thalaq maka disebut sharih.
Definisi ini lebih memahamkan. Namun problem muncul ketika lafadz ‘thalaq’ yang tadinya sharih ketika diterjemahkan ke bahasa lain terjadi perselisihan pendapat, ada yang menyatakan hal itu termasuk kinayah hanya dengan alasan terjemah lafadz thalaq tidak dijumpai di dalam al-Qur’an maupun hadits.
Mari kita Pahami jawaban/ibaroh yang ada.
Dalam pertanyaan.
No.1&2 menggunakan kata BERPISAH dalam bahasa arabnya FIROQ. Firoq ini adalah bagian/tergolong talaq shorih sesuai dalam kitab I'anatut-Tholibin diatas.
Juga masih dalam kitab I'anatut-Tholibin,
Jika terjemah talaq sudah mashur dipakai orang/orang2, biasa menggunakan kata " kita pisahan,kita bubaran dan kamu pulang kerumahmu" sebagai kata perceraian, maka termasuk tholaq shorih..
Nmer 3
فصل فى جواز تفويض الطلاق للزوجة وهو جائز بالاجماع الى ان قال ... له تفويض طلاقها اليها وهو تمليك فى الجديد فيشترط لوقوعه تطليقها على الفور لان التطليق هنا جواب للتمليك فكان كقبوله وقبوله فور فان أخرت بقدرما ينقطع به القبول عن الايجاب او تخلل اجنبى كثير بين تفويضها وتطليقها ثم طلقت انفسها لم تطلق وفى قول توكيل فلا يشترط فور فى الاصح (مغنى المحتاج ص285ج3).
Fasal.
Dalam kebolehan memasrahkan/menyerahkan kepada istri hukumnya boleh menurt kesepakatan ulama,...
Mnyerahkan talaqnya istri pada istrinya yaitu pemberian hak baru,maka disyaratkan,penerimaanya harus seketika,tidak boleh ditunda,jika ditunda talaqnya maka menjadi tidak tertalak.
Ibaroh kitab mughni diatas bukan masalah khulu' (gugatan cerai oleh istri) tapi penyerahan talaqnya suami pada istri(istri diberihak oleh suami untuk mentalak suami)
No. Tiga .
belum jatuh talaq jika tidak ada niat pada suami atau penyebutan pengganti mahar istri.
(فلو جرى) اي خلع مع الزوجة ( بلا عوض بنية التماس قبول فمهر مثل) والحاصل انه إن وقع الخلع ولم يذكر المال ولم ينو كان كناية ان لم ينو به الطلاق لم يقع شيء، وان نواه به فان لم يضمر التماس قبولها وقع رجعيا وان أضمره، فان قبلت بانت ، بمهر المثل والا فلا وقع. والحاصل ان المعتمد انه ان صرح بالعوض او نواه وقبلت بانت. (نهاية الزين ص ٣١٩)..
Bisa sah khulu(permintaan cerai istri) jika suami menerima khulu'nya dengan penyebutan pengganti mahar.
Jika suami menerima khulu' tanpa niat juga tidak sah.
KESIMPULAN
No 1 dan no 2 talaq shorih.
No.3.
Belum jatuh talaq jika tida ada niat suami atau penyebutan pengganti mahar istri.
Wallohu 'alam.
Sumber by. Dasi on WA Zona Lampung
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
*_Asslamu'alaikum_* *DASI ZONA LAMPUNG* _*One Day One problem*_ Pertanyaa dari : anggota dazolam Tema. : Judul. : najasah ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar