DASI
one day three problem
Pertanyaan dari =>
keluarga dasi:kang putu
Tema:
Judul:
Nderek tanglet mbah yai, bunyai, ustadz, ustadzh, gus, neng, kang, mbak
(فصل) وشرائط وجوب الجمعة سبعة أشياء: الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورية والصحة والاستيطان.
وشرائط فعلها ثلاثة: أن تكون البلد مصرا أو قرية. وأن يكون العدد أربعين من أهل الجمعة. وأن يكون الوقت باقيا فإن خرج الوقت أو عدمت الشروط صليت ظهرا
🤔 Mbah semisal pas Mau jum'atan hujan jadi jama'ah yg datang hanya 36,,,
Lalu datanglah 8 orang yg masih dlm safar mengunakan mobil utuk ikut sholat jama'ah sekalian nunggu hujan reda,,,🤔
1. Apakah 8 orang tsb bisa mengesahkan shalat Jum'at d masjid tersebut???
2. Apa batasan pendatang bisa d katakan penduduk tetap???
3. bila ada 4 orang yg nginep d hotel 9 hari,,, apakah itu bisa d katakan orang mukim???
4. Apakah orang dari pertanya'an no 3 bisa mengesahkan shalat jum'at pabila dengan kehadiranya menjadi 42 jama'ah???
Menu makan malam
Pukul : 20:00-22:00 WIB
Selasa,30 mei 2017
(DASI)
Santri Mbelink:
Tidak harus buat perbandingan ..bisa mengambil dr imam 4 madzhab ..tp
recomendasi tetap syafiiyah
Muhajirin: Numpang copas yi..
Mohon dikoreksi.
0481. SAHKAH SHOLAT JUM`AT TANPA PENDUDUK ASLI ( MUQIM MUSTAUTHIIN )
PERTANYAAN :
Santri EraDigital
Assalaamu'alaykum jika ada 40 santri menyelenggarakan sholat jum'at sendiri tanpa melibatkan penduduk kampung sahkah ? Apa definisi mukim itu ? Lalu bagaimana dengan masjid yang ada di daerah kos-kosan atau masjid kampus yang rata rata bukan penduduk asli ? Sahkah sholat jum'atnya ? Matur nuwun.
JAWABAN :
Mbah jenggot
Wa'alaikumussalaam. Jika sama sekali tidak ada yang muqim maka tidak sah. Muqim Mustauthin : ialah penduduk yang tetap tinggal di perumahan tempat berdirinya shalat Jum’at, dan tidak berpindah ke tempat lain ketika musim hujan atau kemarau datang, kecuali karena kesukaran. Tidak benar shalat Jum’at bilangannya kurang dari 40 orang (misalnya) tercampur dengan anak-anak, orang yang hilang akalnya, orang wanita atau orang musafir.
Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam wr wb. Bagi anak pesantren, anak kost-kostan tetap berkewajiban menjalani Shalat Jum'ah. Bila tidak ada mustauthin (penduduk domisili tetap) sama sekali, maka menurut pendapat yang lebih shahih di kalangan syafi'iyyah hukum Shalat Jum'ahnya tidak IN'IQAAD (terhitung bilangan yang menggugurkan kewajiban Jumah), namun menurut Muqabil al-Ashah hukumnya IN'IQAAD bagi MUQIIMIIN (orang-orang mukim meskipun tidak berdomisili tetap) dan pendapat ini dikuatkan oleh Ibnu Abi Hurairah dan Imam Subki. Sedang kalangan Hanafiyyah mengesahkannya secara muthlak (baik yang menjalaninya penduduk domisili tetap, mukim menetap, ataupun orang musafir)
Dalam sholat jumat manusia terbagi atas 6 bagian :
1.Wajib menjalani jumah, bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga SAH, yaitu bagi mereka yang memenuhi syarat sholat jumah (laki-laki, merdeka, dan mustawthin/menetap)
2.Wajib menjalani jumah, sholat jumahnya juga SAH tapi tidak dapat menggugurkan hitungan 40 yaitu bagi orang mukim yang tidak menetap, dan orang yang mendengar panggilan jumah padahal dia tidak ditempatnya
3.Wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga TIDAK SAH yaitu bagi orang murtad
4.Tidak wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga TIDAK SAH yaitu bagi orang kafir asli
5.Tidak wajib menjalani jumah, tidak bisa menggugurkan hitungan 40, tapi sholat jumahnya SAH yaitu bagi anak kecil yang sudah tamyiz, budak dan wanita
6.Tidak wajib menjalani jumah, bisa menggugurkan hitungan 40, sholat jumahnya juga SAH yaitu bagi semacam orang sakit dan orang-orang yang ada udzur untuk meninggalkan sholat jumat. [ Iaanah Atthoolibiin II/54 ].
واعلم) أن الناس في الجمعة ستة أقسام: أولها: من تجب عليه، وتنعقد به، وتصح منه، وهو من توفرت فيه الشروط كلها.
وثانيها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، وتصح منه، وهو المقيم غير المستوطن، ومن سمع نداء الجمعة، وهو ليس بمحلها.
وثالثها: من تجب عليه، ولا تنعقد به، ولا تصح منه، وهو المرتد، فتجب عليه، بمعنى أننا نقول له أسلم وصل الجمعة، وإلا فلا تصح منه، ولا تنعقد به، وهو باق بحاله.
ورابعها: من لا تجب عليه، ولا تنعقد به، ولا تصح منه، وهو الكافر الاصلي، وغير المميز من صغير، ومجنون ومغمى عليه، وسكران عند عدم التعدي.
وخامسها: من لا تجب عليه، ولا تنعقد به وتصح منه، وهو الصبي المميز، والرقيق، وغير الذكر من نساء
وخناثى، والمسافر.
وسادسها: من لا تجب عليه وتنعقد به، وتصح منه، وهو المريض ونحوه ممن له عذر من الاعذار المرخصة في ترك الجماعة.
.إثمد العينين هامش بغية ص 36 ط. الحرمين
قال الإمام السبكى لم يقم عندى دليل على عدم انعقاد الجمعة بالمقيم غير السمتوطن
المجموع شرح المهذب - (ج 4 / ص 503) المكتبة الشاملة اصدار الثانى
وأما قول المصنف هل تنعقد بمقيمين غير مستوطنين فيه وجهان مشهوران (أصحهما) لا تنعقد اتفقوا على تصحيحه ممن صححه المحاملى وامام الحرمين والبغوى والمتولي وآخرون
المهذب - (ج 1 / ص 110) المكتبة الشاملة اصدار الثانى
وهل تنعقد بمقيمين غير مستوطنين فيه وجهان قال أبو علي بن أبي هريرة تنعقد بهم لانه تلزمهم الجمعة فانعقدت بهم كالمستوطنين وقال أبو إسحاق لا تنعقد بهم لان النبي صلى الله عليه وسلم خرج إلى عرفات وكان معه أهل مكة وهم في ذلك الموضع مقيمون غير مستوطنين فلو انعقدت بهم الجمعة لا قامها
المجموع شرح المهذب - (4 / 503)
(السادس) من تلزمه وتصح منه وفى انعقادها به خلاف وهو المقيم غير المستوطن ففيه الوجهان المذكوران في الكتاب (اصحهما) لا تنعقد به ثم أطلق جماعة الوجهين في كل مقيم لا يترخص وصرح جماعة بأن الوجهين جاريان في المسافر الذى نوى اقامة اربعة ايام وهو ظاهر كلام المصنف وغيره قال الرافعي هما جاريان فيمن نوى اقامة يخرج بها عن كونه مسافرا قصيرة كانت أو طويلة وشذ البغوي فقال الوجهان فيمن طال مقامه وفى عزمه الرجوع إلى وطنه كالمتفقه والتاجر قال فان نوى اقامة اربعة ايام يعني ونحوها من الاقامة القليلة لم تنعقد به وجها واحدا والمشهور طرد الخلاف في الجميع واما اهل الخيام والقرى الذين يبلغهم نداء البلد وينقصون عن اربعين فقطع البغوي بانها لا تنعقد بهم لانهم ليسوا مقيمين في بلد الجمعة بخلاف المقيم بنية الرجوع الي وطنه وطرد المتولي فيهم الوجهين والاول اظهر
فتح المعين مع حاشية اعانة الطالبين - (ج 2 / ص 58-59)
ولا تنعقد الجمعة بأقل من أربعين، خلافا لابي حنيفة - رحمه الله تعالى - فتنعقد عنده بأربعة، ولو عبيدا أو مسافرين. ولا يشترط عندنا إذن السلطان لا قامتها ولا كون محلها مصرا، خلافا له فيهما. وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين، هل يصلون الجمعة أو الظهر ؟ فأجاب - رحمه الله -: يصلون الظهر على مذهب الشافعي. وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلوا الجمعة، وهو قوي، فإذا قلدوا - أي جميعهم - من قال هذه المقالة، فإنهم يصلون الجمعة. وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا. (قوله اي غير الامام الشافعي) اي باعتبار مذهبه الجديد فلا ينافي ان له قولين قديمين فى العدد ايضا احدهما اقلهم اربعة حكاه عنه صاحب التلخيص وحكاه فى شرح المهذب واختاره من اصحابه المزني كما قاله الاذرعي وكفى به سلفا في ترجيحه فإنه من كبار اصحاب الشافعي ورواة كتبه الجديدة وقد رجحه ايضا ابو بكر بن المنذر فى الاشراف كما نقله النووي فى شرح المهذب ثاني القولين اثنا عشر وهل يجوز تقليد هذين القولين ؟ الجواب نعم فإنه قول للامام نصره بعض اصحابه ورجحه
قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين صحـ : 81
( سُؤَالٌ ) عَنْ طَائِفَةٍ مُقِيْمِيْنَ بِبَلَدَةٍ فَهَلْ لَهُمْ إِقَامَةُ الْجُمُعَةِ فِى مَقَرِّ عَمَلِهِمْ لِكَوْنِهِمْ أَرْبَعِيْنَ فَأَكْثَرَ؟ الْجَوَابُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ مُسْتَمِدًّا مِنْهُ الْعَوْنَ عَلَى الصَّوَابِ فِى الْجَوَابِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الْمَآبِ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لاَ بُدَّ مِنْ مَعْرِفَةِ مُقَدِّمَةٍ أَماَمَ الْجَوَابِ وَهِىَ أَنَّ كُلَّ شَخْصٍ فِى أَيِّ مَكَانٍ لاَبُدَّ أَنْ يَكُوْنَ أَحَدُ أَقْسَامٍ ثَلاَثَةٍ أَحَدُهَا مُسَافِرٌ وَهُوَ مَنْ لاَيَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً وَهِىَ أَرْبَعَةُ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ بَلْ يَقْصِدُ إِقَامَةً
أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ وَثَانِيْهَا مُقِيْمٌ وَهُوَ مَنْ يَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً أَرْبَعَةَ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ وَلَوْ مِئَاتِ السِّنِيْنَ لَكِنَّهُ يَقْصِدُ اَلرُّجُوْعَ إِلَى وَطَنِهِ فَهَذَا مُقِيْمٌ وَثَالِثُهَا مُسْتَوْطِنٌ وَهُوَ مَنْ لاَ يَنْوِي الرُّجُوْعَ مِنَ الّبَلَدِ اَلَّتِيْ
هُوَ بِهَا فَالْقِسْمُ اَْلأَوَّلُ وَهُوَاَلْمُسَافِرُ لاَ تَلْزَمُهُ الْجُمُعَةِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ بَلْ تَصِحُّ مِنْهُ لَوْ صَلاَّهَا مَعَ أَهْلِهَا وَتُغْنِيْهِ عَنِ الظُّهْرِ وَالْقِسْمُ اَلثَّانِيْ وَهُوَ اَلْمُقِيْمُ تَلْزَمُهُ وَيَجِبُ عَلَيْهِ حُضُوْرُهَا مَعَ أَهْلِهَا إِنْ
كَانَ يَبْلُغُهُ نِدَاؤُهَا لَكِنَّهَا لاَ تَنْعَقِدُ بِهِ بَلْ تَصِحُّ مِنْهُ تَبْعٌا لاَ اسْتِقْلاَلاً وَالْقِسْمُ اَلثَّاِلثُ وَهُوَ اَلْمُسْتَوْطِنُ تَلْزَمُهُ وَتَنْعَقِدُ بِهِ وَلاَ تَصِحُّ مِنْهُ اَلظُّهْرُ مَا دَامَتِ الْجُمُعَةِ تُمْكِنُهُ اهـ
حاشية الجمل الجزء الأول صحـ : 385 مكتبة دار الفكر العربي
وَخَامِسُهَا أَنْ تَقَعَ بِأَرْبَعِينَ وَلَوْ مَرْضَى أَوْ مِنْهُمُ اْلإِمَامُ مُكَلَّفًا حُرًّا ذَكَرًا اتِّبَاعًا لِلسَّلَفِ وَالْخَلَفِ مُتَوَطِّنًا بِمَحَلِّهَا أَيْ لاَ يَظْعَنُ عَنْهُ شِتَاءً وَلاَ صَيْفًا إِلاَّ لِحَاجَةٍ (قَوْلُهُ مُتَوَطِّنًا بِمَحَلِّهَا) فَلاَ تَنْعَقِدُ بِغَيْرِ الْمُسْتَوْطِنِ كَمَنْ أَقَامَ عَلَى عَزْمِ عَوْدِهِ إِلَى وَطَنِهِ بَعْدَ مُدَّةٍ وَلَوْ طَوِيلَةً كَالْمُتَفَقِّهَةِ وَالتُّجَّارِ لِعَدَمِ التَّوَطُّنِ وَلاَ بِالْمُتَوَطَّنِيْنَ خَارِجَ مَحَلِّ الْجُمُعَةِ وَإِنْ سَمِعُوْا نِدَاءَهَا لِفَقْدِ إقَامَتِهِمْ بِمَحَلِّهَا اهـ ش م ر وَقَوْلُهُ كَمَنْ أَقَامَ عَلَى عَزْمِ عَوْدِهِ إلَى وَطَنِهِ وَمِنْهُ مَا لَوْ سَكَنَ بِبَلَدٍ بِأَهْلِهِ عَازِمًا عَلَى أَنَّهُ إِنِ احْتِيجَ إلَيْهِ فِي بَلَدِهِ كَمَوْتِ خَطِيْبِهَا أَوْ إمَامِهَا مَثَلاً رَجَعَ إلَى بَلَدِهِ فَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ الْجُمُعَةُ وَقَوْلُهُ لاَ بِالْمُتَوَطِّنِيْنَ خَارِجَ مَحَلِّ الْجُمُعَةِ وَعَلَيْهِ فَالسَّاكِنُ خَارِجَ السُّورِ لاَ تَنْعَقِدُ بِهِ دَاخِلَهُ وَلاَ عَكْسُهُ ِلأَنَّ خَارِجَ السُّوْرِ وَدَاخِلَهُ كَقَرْيَتَيْنِ اهـ
قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين صحـ : 84
هَلْ يَصِحُّ لِشَخْصٍ أَنْ يُصَلِّيَ الْجُمُعَةَ فِي مَسْجِدٍ آخَرَ أَوْلاَ ( اَلْجَوَابُ ) وَاللهُ اَلْمُوَفِّقُ لِلصَّوَابِ - إلى أن قال - وَلاَ يَجُوْزُ ِلأَحَدٍ أَنْ يَتْرُكَ مَسْجِدَ جُمُعَتِهِ وِيُجَمِّعُ فِي مَسْجِدٍ آخَرَ إِلاَّ إِذَا كَانَ اَلْعَدَُدُ تَامًّا فِي مَسْجِدِ جُمُعَتِهِ فَيَجُوْزُ حِيْنَئِذٍ فَإِنْ كَانَ اَلْعَدَدُ لاَيَتِمُّ إِلاَّ بِهِ فَيَحْرُمُ عَلَيْهِ أَنْ يَذْهَبَ إِلَى مَسْجِدٍ آخَرَ .وَاللهُ أَعْلَمُ اه
Raden Surya Kencana
Menurut ashabus syafi'iyyah hukum shalat jum'at kurang dari 40 itu tidak sah tapi menurut imam abu hanifah sah. [ ianatut tholibin juz 2 hal 58-59 ].
ولا تنعقد الجمعة بأقل من أربعين، خلافا لابي حنيفة - رحمه الله تعالى - فتنعقد عنده بأربعة، ولو ع...بيدا أو مسافرين. ولا يشترط عندنا إذن السلطان لا قامتها ولا كون محلها مصرا، خلافا له فيهما. وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين، هل يصلون الجمعة أو الظهر ؟ فأجاب - رحمه الله -: يصلون الظهر على مذهب الشافعي. وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلوا الجمعة، وهو قوي، فإذا قلدوا - أي جميعهم - من قال هذه المقالة، فإنهم يصلون الجمعة. وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا. (قوله اي غير الامام الشافعي) اي باعتبار مذهبه الجديد فلا ينافي ان له قولين قديمين فى العدد ايضا احدهما اقلهم اربعة حكاه عنه صاحب التلخيص وحكاه فى شرح المهذب واختاره من اصحابه المزني كما قاله الاذرعي وكفى به سلفا في ترجيحه فإنه من كبار اصحاب الشافعي ورواة كتبه الجديدة وقد رجحه ايضا ابو بكر بن المنذر فى الاشراف كما نقله النووي فى شرح المهذب ثاني القولين اثنا عشر وهل يجوز تقليد هذين القولين ؟ الجواب نعم فإنه قول للامام نصره بعض اصحابه ورجحه
Kang As'ad
Para ulama berbeda pendapat mengenai jumlah orang yang menjadi syarat sah jum'ahan... Menurut imam al-Bajuri terdapat 15 qoul dalam madzahib mengenai jumlah ini :
- ibnu Hazm menganggap sah meski hanya seorang diri.
- imam an-Nakhoi ==> cukup dengan 2 orang
- menurut imam Abi yusuf, Muhammad, dan imam Liats ==> 2 orang beserta imam
- menurut imam Abu Hanifah dan imam ats-Tsauri ==> 3 orang beserta imam.
- menurut imam Ikrimah ==> 7orang
- menurut imam Rabiah ==> sembilan orang
- menurut imam malik ==> 12 orang
- menurt imam Ishak ==> 12 orang selain imam
- menurut satu riwayat dari imam malik yang diriwayatkan oleh imam Ibnu Habib ==> 20 orang
- menurut riwayat lain dari beliau (imam malik) ==> 30 orang
- menurut imam asy-Syafi'i ==> 40 orang qoul ini juga disampekan oleh khalifah umar bin abdul aziz dan sekelompok ulama yang lain.
- menurut satu riwayat dari imam Ahmad ==> 50 orang
- menurut riwayat lain dari imam ahmad yang diriwayatkn oleh imam al-Mazary ==> 80 orang
- dan menurut pendapat terakhir, sholat jum'at dianggap sah apabila dilakukan oleh banyak orang laki-laki yang dengan tanpa hitungan
[ Hasyiah al-Bajuri juz 1 hlm 317 ].
MBAH BARIR
وَثَالِثُهَا مُسْتَوْطِنٌ وَهُوَ مَنْ لاَ يَنْوِي الرُّجُوْعَ مِنَ الّبَلَدِ اَلَّتِيْ
هُوَ بِهَا
Santri Mbelink:
kalo ikut pada qoul qodim sah sholat jumat tsb.tp dlm keterangan lain imam bulqini mengatakan harus sholat tp jika mengikut/taqlid pada qoul yg memperbolehkan sholat jumat kurang dr 40 diperboleh kan n sah dan yg lebih baiknya tetap melaksanakan sholat jumat dilanjutkan dg sholat dhuhur.kenapa begitu meskipun krg dr 40 jamaah jgn sampai meninggalkan sholat jumat karna begitu besar fadhilahnya.
Ianah juz 2 shohf 58
وسئل البلقيني عن أهل قرية لا يبلغ عددهم أربعين يصلون الجمعة أو الظهر فأجاب رحمه الله يصلون الظهر على مذهب الشافعي وقد أجاز جمع من العلماء أن يصلون الجمعة وهو قوي فإذا قلدوا أى جميعهم من قال هذه المقالة فإنهم يصلون الجمعة وإن احتاطوا فصلوا الجمعة ثم الظهر كان حسنا، والذي يظهر عدم اشتراط تقليد جميعهم إذا كان المقلد بفتح اللام يقول باكتفائه في الجمعة. وقال بعضهم إعلم أن أمر الجمعة عظيم وهي نعمة جسيمة إمتن الله بها على عباده فهي من خصائصنا جعلها الله محط رحمته ومطهرة لأثام الأسبوع
MBAH BARIR
قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين صحـ : 81
( سُؤَالٌ ) عَنْ طَائِفَةٍ مُقِيْمِيْنَ بِبَلَدَةٍ فَهَلْ لَهُمْ إِقَامَةُ الْجُمُعَةِ فِى مَقَرِّ عَمَلِهِمْ لِكَوْنِهِمْ أَرْبَعِيْنَ فَأَكْثَرَ؟ الْجَوَابُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ مُسْتَمِدًّا مِنْهُ الْعَوْنَ عَلَى الصَّوَابِ فِى الْجَوَابِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الْمَآبِ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لاَ بُدَّ مِنْ مَعْرِفَةِ مُقَدِّمَةٍ أَماَمَ الْجَوَابِ وَهِىَ أَنَّ كُلَّ شَخْصٍ فِى أَيِّ مَكَانٍ لاَبُدَّ أَنْ يَكُوْنَ أَحَدُ أَقْسَامٍ ثَلاَثَةٍ أَحَدُهَا مُسَافِرٌ وَهُوَ مَنْ لاَيَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً وَهِىَ أَرْبَعَةُ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ بَلْ يَقْصِدُ إِقَامَةً
أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ وَثَانِيْهَا مُقِيْمٌ وَهُوَ مَنْ يَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً أَرْبَعَةَ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ وَلَوْ مِئَاتِ السِّنِيْنَ لَكِنَّهُ يَقْصِدُ اَلرُّجُوْعَ إِلَى وَطَنِهِ فَهَذَا مُقِيْمٌ وَثَالِثُهَا مُسْتَوْطِنٌ وَهُوَ مَنْ لاَ يَنْوِي الرُّجُوْعَ مِنَ الّبَلَدِ اَلَّتِيْ
هُوَ بِهَا
Santri Mbelink:
mirsaani ibarot niki jika mengikut qoul jadid jamaah yg krg td digenapi dgn musafir yg baru datang dlm ibaroh ini tidak sah sholat jumat karna tdk memewnuhi syarat
وَالمُسْتَوطِنُ مَنْ لاَيُسَافِرُ مِنْ مَحَلِّ فَغَيْرُ المُسْتَوطِنِ إنْ كَانَ مُسَافِرًا لَمْ تَجِبْ عَلَيْهِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ وَتَصِحُّ مِنْهُ وَإنْ كَانَ مُقِيْمًا وَلَوْ أربَعَةَ أيَّامِ صِحَاحٍ وَجَبَتْ عَلَيْهِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ وَتَصِحُّ مِنْهُ
tak jadikan satu ibarohnya monggo dipahami sareng"
tausyeh ala ibn qosim shohf 78
وَ) السَّابِعُ (الإسْتِيْطَانُ) بِمَحَلِّ إِقَامَةِ الجُمُعَةِ فَلاَ تَنْعَقِدُ بِمَنْ يَلْزَمُهُ حُضُورُهَا مِنْ غَيْرِ المُسْتَوْطِنش وَهُوَ المُقِيْمُ بِمَحَلِّهَا أرْبَعَةَ أيَّامِ صِحَاحٍ أو بِمضا يُسْمَعُ مِنْهُالنِّدَاءُ. وَلاَ تَنْعَقِدُ بِمُسافِرٍ وَمُقِيْمٍ عَزَمَ عَلَى عَوْدِهِ لِوَطَنِهِ وَلَو بَعْدَ مُدَّةٍ طَوِيْلَةٍ. وَالمُسْتَوطِنُ مَنْ لاَيُسَافِرُ مِنْ مَحَلِّ فَغَيْرُ المُسْتَوطِنِ إنْ كَانَ مُسَافِرًا لَمْ تَجِبْ عَلَيْهِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ وَتَصِحُّ مِنْهُ وَإنْ كَانَ مُقِيْمًا وَلَوْ أربَعَةَ أيَّامِ صِحَاحٍ وَجَبَتْ عَلَيْهِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ وَتَصِحُّ مِنْهُ
Dan yang ketujuh (dari syarat-syarat mendirikan sholat Jumat) adalah istitan (bertempat tinggal menetap) di tempat mendirikan salat Jumat. Sehingga salat Jumat itu tidak sah (apabila ahli Jumatnya paling sedikit 40 orang itu digenapi jumlahnya) dengan orang yang wajib menghadiri sholat Jumat dan ia bukan mustautin, yaitu orang yang bertempat tinggal ditempat mendirikan sholat Jumat selama empat hari penuh, atau digenapi dengan orang yang mendengar adzan melalui pengeras suara atau radio tetapi rumahnya sangat jauh dari tempat mendirikan sholat Jumat.
Sholat Jumat tidak sah dengan ahli Jumat (jamaah tetap) orang musafir atau orang mukim yang bercita-cita kembali kenegerinya meskipun sesudah jangka waktu yang lama. Mustautin itu adalah orang yang tidak bepergian dari tempat tinggalnya pada musim hujan atau musim lainnya, kecuali karena ada keperluan. Orang yang ghoiri mustautin, jika dia bepergian, maka dia tidak wajib melakukan sholat Jumat dan sholat Jumat itupun tidak sah jika ahli Jumatnya digenapi dengan dia, dan jika musafir tsb melakukan sholat Jumat, maka sholat Jumatnya sah. Jika musafir itu tinggal di suatu tempat, meskipun selama empat hari penuh, maka dia wajib melakukan sholat Jumat dan sholat Jumat tidak sah jika ahli Jumatnya digenapi hitungannya dengan dia, dan akan tetapi sholat Jumat yang dilakukan olehnya sah
qurrotu ain bifatawi ismail zain shohf 81
(سؤال) عَنْ طَائِفَةٍ مُقِيْمِيْنَ بِبَلَدَةٍ فَهَلْ لَهُمْ إِقَامَةُ الْجُمُعَةِ فِى مَقَرِّ عَمَلِهِمْ لِكَوْنِهِمْ أَرْبَعِيْنَ فَأَكْثَرَ؟ الْجَوَابُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ مُسْتَمِدًّا مِنْهُ الْعَوْنَ عَلَى الصَّوَابِ فِى الْجَوَابِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الْمَآبِ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّهُ لاَ بُدَّ مِنْ مَعْرِفَةِ مُقَدِّمَةٍ أَماَمَ الْجَوَابِ وَهِىَ أَنَّ كُلَّ شَخْصٍ فِى أَيِّ مَكَانٍ لاَبُدَّ أَنْ يَكُوْنَ أَحَدُ أَقْسَامٍ ثَلاَثَةٍ أَحَدُهَا مُسَافِرٌ وَهُوَ مَنْ لاَيَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً وَهِىَ أَرْبَعَةُ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ بَلْ يَقْصِدُ إِقَامَةً أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ وَثَانِيْهَا مُقِيْمٌ وَهُوَ مَنْ يَنْوِيْ إِقَامَةً مُؤَثِّرَةً أَرْبَعَةَ أَيَّامٍ فَأَكْثَرَ وَلَوْ مِئَاتِ السِّنِيْنَ لَكِنَّهُ يَقْصِدُ اَلرُّجُوْعَ إِلَى وَطَنِهِ فَهَذَا مُقِيْمٌ وَثَالِثُهَا مُسْتَوْطِنٌ وَهُوَ مَنْ لاَ يَنْوِي الرُّجُوْعَ مِنَ الّبَلَدِ اَلَّتِيْ هُوَ بِهَا فَالْقِسْمُ اَْلأَوَّلُ وَهُوَاَلْمُسَافِرُ لاَ تَلْزَمُهُ الْجُمُعَةِ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِهِ بَلْ تَصِحُّ مِنْهُ لَوْ صَلاَّهَا مَعَ أَهْلِهَا وَتُغْنِيْهِ عَنِ الظُّهْرِ وَالْقِسْمُ اَلثَّانِيْ وَهُوَ اَلْمُقِيْمُ تَلْزَمُهُ وَيَجِبُ عَلَيْهِ حُضُوْرُهَا مَعَ أَهْلِهَا إِنْ كَانَ يَبْلُغُهُ نِدَاؤُهَا لَكِنَّهَا لاَ تَنْعَقِدُ بِهِ بَلْ تَصِحُّ مِنْهُ تَبْعٌا لاَ اسْتِقْلاَلاً وَالْقِسْمُ اَلثَّاِلثُ وَهُوَ اَلْمُسْتَوْطِنُ تَلْزَمُهُ وَتَنْعَقِدُ بِهِ وَلاَ تَصِحُّ مِنْهُ اَلظُّهْرُ مَا دَامَتِ الْجُمُعَةِ تُمْكِنُهُ اهـ.
terjemah bebas e insya Allah nek ndak salah ,,nak salah dikoreksi monggo,,,
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang, segala puji bagi Allah yang selalu memberi pertolongan atas kebenaran dalam jawaban. Shalat dan salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat, dan orang-orang yang mengikuti mereka hingga hari kiamat. ‘Amma ba’du’, ada pendahuluan jawaban yang harus diketahui, yaitu sesungguhnya setiap orang di setiap tempat tidak lepas dari salah satu dari tiga kondisi:
1. Orang yang sedang bepergian (musafir), yaitu orang yang tidak bermaksud untuk tinggal lebih dari 4 hari.
2. Orang yang tinggal (mukim), yaitu orang yang berniat tinggal selama 4 hari atau lebih bahkan ratusan tahun, hanya saja ia bermaksud untuk kembali.
3. Orang yang bertempat tinggal (mustauthin), yaitu orang yang tinggal di tanah kelahiran atau ditempat lain (transmigran), dan ia tidak berkeinginan untuk kembali.
-Kelompok yang pertama (musafir) tidak berkewajiban melaksanakan shalat Jum’at juga tidak dapat mengesahkannya (tidak menjadi syarat sah), hanya saja sah bagi mereka melaksanakan shalat Jum’at bersama orang-orang yang berkewajiban (ahli Jum’at, penduduk setempat) serta mencukupinya dari shalat dhuhur.
-Kelompok kedua (mukim) berkewajiban melaksanakannya bersama penduduk setempat (ahli Jum’at) jika mendengar adzan, hanya saja mereka tidak dapat mengesahkannya, karena keafsahan shalat Jum’at yang mereka laksanakan bersifat mengikuti, tidak bersifat independen.
-Kelompok yang ketiga (mustauthin) berkewajiban melaksanakan shalat Jum’at serta mengesahkannya. Dan tidak sah bagi mereka melaksanakan shalat dhuhur selama dimungkinkan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
Kesimpulan
1.tidak bs mengesahkan jamaah jumat yg kurang td karna 8orang tsb trmsk kategori musafir yg tdk berkewajiban jumat tp tdk bs menggenapi jamaah yg krg tsb
2.termasuk kategori mustautin yg mana dia transmigran yg menetap n tidak keinginan untuk kembali ke daerah asal
3. bs disebut mukim yg masih ada keinginan kembali ke daerah asal
4.dlm arti berkewajiban jumat tp tdk bs mengesahkan jamaah jumat yg krg dr 40
NB: sholat jumatnya bs sah dg tambahan 8 org musafir tsb karena besarnya fadhilah sholat jumat akan tetapi dg syarat dilanjutkan dg sholat dhuhur
Melayani dengan SAKINAH Solutif Amanah Komitmen Informatif Netral Aman Handal
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Kewajiban Qodlo sholat dalam perjalanan / sholat lihurmatil wakti
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh. Deskripsi Masalah : Pada suatu ketika saya dari surabaya berangkat jam 19:00 dan sampai ke J...
-
*_Asslamu'alaikum_* *DASI ZONA LAMPUNG* _*One Day One problem*_ Pertanyaa dari : anggota dazolam Tema. : Judul. : najasah ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar