Diskusi Santri Dasi
Bahan diskusi malam ini
One Day One Problems
Pertanyaan Dari =>
Keluarga Dasi : jaenal abidin
Pertanyaan :
N' kungkum kali utawi bluron wektu poso hukume pripun yuu.. ??
Soal Akan di bahas pada
Malam Minggu tgl 27 Mei 2017 M.
( Dasi Padepogan Raja Kumbang )
Kang Ireng:
Nambahi pendapat kemarin..
Jika dia punya kebiasaan kalo kungkum atau bluron nek banyu iki iso
ndadekne mlebu nek awakne lewat kuping hidung dll. Maka bluron iki hukume haram. Dan jika air masuk batal puasanya.
لَوْ عُرِفَ مِنْ عَادَتِهِ أَنَّهُ يَصِلُ الْمَاءُ مِنْهُ إلَى جَوْفِهِ أَوْ دِمَاغِهِ بِالِانْغِمَاسِ وَلَا يُمْكِنُهُ التَّحَرُّزُ عَنْهُ أَنَّهُ يَحْرُمُ الِانْغِمَاسُ وَيُفْطِرُ قَطْعًا نَعَمْ مَحَلُّهُ إذَا تَمَكَّنَ مِنْ الْغُسْلِ لَا عَلَى تِلْكَ الْحَالَةِ وَإِلَّا فَلَا يُفْطِرُ فِيمَا يَظْهَرُ اهـ
Tuhfatul muhtaj juz 3 hal 406 maktabah syamilah.
Terjemah bebas.
Ketika di ketahui dr kebiasaanya bahwa bisa masuknya air pada rongga tubuh sebab selulup ( red:jawa ) dan tidak mungkin mencegahnya maka haram baginya untuk selulup di air dan batal puasanya.
Hukum batal ini ketika masih mungkin untuk membasuh badanya dengan air. Jika tidak mungkin ( harus selulup ) maka tidak membatalkan.
Jika sebaliknya ini hukum kungkum / bluron sebatas makruh. Untuk puasanya jika ada air yg masuk pada ronggà tubuh maka batal.
إذا سبق الماء إلى الداخل للمبالغة في غسل الفم المتنجس لوجوبها: بخلاف ما إذا اغتسل منغمسا فسبق الماء إلى باطن الأذن أو الأنف فإنه يفطر ولو في الغسل الواجب لكراهة الانغماس: كسبق ماء المضمضة بالمبالغة إلى الجوف مع تذكره للصوم وعلمه بعدم مشروعيتها بخلافه بلا مبالغة.
وخرج بقولي عن نحو جنابة: الغسل المسنون١ وغسل التبرد فيفطر بسبق ماء فيه ولو بلا انغماس
Niki sing saking mu'in
Santrimbelink🙏🏾:
Senada kale seng teng tuhfah niki kang kados e..keharaman tsb sebatas kagem tiang seng kulino ados bluron tp mboten saget nyegah masuk e air
وخرج بما قررناه (سبق ماء الغسل من حيض أو نفاس أو جنابة أو من غسل مسنون) فلا يفطر به كما أفتى به الوالد - رحمه الله تعالى -، ومنه يؤخذ أنه لو غسل أذنيه في الجنابة ونحوها فسبق الماء إلى جوفه منهما لا يفطر ولا نظر إلى إمكان إمالة الرأس بحيث لا يدخل شيء لعسره، وينبغي كما قاله الأذرعي أنه لو عرف عادته أنه يصل الماء منه إلى جوفه أو دماغه بالانغماس ولا يمكنه التحرز عنه أنه يحرم الانغماس ويفطر قطعا نعم محله إذا تمكن من الغسل لا على تلك الحالة وإلا فلا يفطر فيما يظهر،
Nihayatul muhtaj juz 3 shohf 170
KESIMPULAN
Hukum mandi kungkum tsb makruh karna dikhawatirkan masuknya air yg bs membatalkan pada puasanya.
Disini sebatas kemakruhan bagi ors yg kungkum tsb bs mencegah masuknya air.
jika air masuk ke lobang tlinga hidung atau anus pas kentut maka batal puasanya.(fathul mu'in)
Dlm tuhfah keharaman tsb jika memang org yg kungkum tsb sdh kebiasaan mandi kungkum ketika tdk puasa dan org tsb tau N yakin betul jika dia tdk bs mencegah masuknya air maka kungkumnya menjadi haram..kecuali tdk ada cara lain mandinya kecuali dg kungkum seperti org yg tidak punya tangan contohnya maka masuknya air tsb tdk batal sebab rukhsoh tsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar